uefau17.com

9 Cara Mencegah Maag Kambuh, Sederhana dan Ampuh - Hot

, Jakarta Cara mencegah maag kambuh bisa dilakukan dengan memahami kerja lambung yang sesungguhnya. Lambung bekerja mencerna makanan dengan bantuan asam lambung, enzim pepsin, dan renin. Saat asam lambung mengalami masalah, risiko maag kambuh bisa terjadi.

Asam lambung yang naik akan menyentuh lapisan mukosa dan merusaknya. Ketika kerusakan terjadi, maka rasa sakit, nyeri, dan panas akan muncul. Hal inilah yang membuat cara mencegah maag kambuh harus menekankan pada kontrol asam lambung. 

Pada dasarnya, masalah maag bukan karena penyakit tetapi karena luka terbuka di lapisan lambung. Selain luka, maag bisa dipicu oleh infeksi bakteri, efek obat, dan pikiran. Jadi, cara mencegah maag kambuh juga perlu dilakukan dengan memperhatikan gaya hidup.

Berikut ulas cara mencegah maag kambuh dari berbagai sumber, Rabu (20/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Perhatikan Pola Makan

Memperhatikan pola makan sangat diperlukan untuk menjaga kerja sistem pencernaan, terutama lambung. Asam lambung dapat meningkat saat terlalu banyak makanan yang dikonsumsi. Begitu juga berisiko naik saat lambung terlambat mendapat asupan makanan untuk dicerna.

Cara mencegah maag kambuh bisa dengan menjaga pola makan agar asam lambung tidak naik. Asam lambung yang naik bisa dipicu dengan kondisi kerongkongan saat makan. Ketika proses makan terjadi, kerongkongan akan terbuka hingga ke perut. Ada otot berbentuk cincin yang bertugas sebagai katup untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Nah, ketika asam lambung naik, otot ini akan melemah ketika proses makan terjadi. Untuk itu, hindari makan dalam jumlah yang banyak. Asam lambung seringkali meningkat setelah makan dan makan dengan jumlah yang banyak bisa memperburuk keadaan. Mulailah konsumsi makanan dalam porsi sedikit dan tekstur yang lembut serta tidak bersifat iritatif, setelah asam lambung dimulai.

3 dari 7 halaman

Perhatikan Posisi Tubuh

Penderita yang sudah memiliki riwayat maag perlu memperhatikan posisi tubuhnya setelah makan. Perlu memberikan waktu agar makanan yang telah dikonsumsi tetap berada di dalam lambung, tidak keluar kembali melalui tenggorokan.

Oleh karena itu cara mencegah maag kambuh, coba biasakan untuk tidak langsung tidur setelah makan. Pastikan untuk tetap pada posisi tegak atau berdiri untuk mengontrol keberadaan makanan pada lambung dan jumlah produksi asam lambung agar tidak memicu maag.

Pastikan untuk menunggu paling tidak dua atau tiga jam setelah makan. Setelah itu, baru boleh tiduran. Hal ini berhubungan dengan efek gravitasi, di mana dapat membantu menghindari risiko asam lambung meningkat dan menyebabkan luka di lambung.

4 dari 7 halaman

Hindari Protein dan Lemak

Cara mencegah maag kambuh adalah dengan menghindari konsumsi protein dan lemak. Konsumsi keduanya dapat memicu asam lambung memecah mukas dan menyebabkan iritasi serta peradangan sebagai pemicu utama maag.

Makanan yang mengandung tinggi protein dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bawah untuk menekan asam lambung, sehingga tidak terjadi refluks ke tenggorokan. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berlemak, karena dapat  bekerja sebaliknya.

5 dari 7 halaman

Minum Air Putih dan Hindari Stres

Minum Air Putih

Cara mencegah maag kambuh bisa dengan lebih banyak mengonsumsi air putih. Minum air putih bisa membantu mencegah asam lambung naik yang menyebabkan maag kambuh.

Mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh mampu menyeimbangkan kadar pH di saluran cerna. Selain mencegah gangguan di lambung, usus juga bisa lebih maksimal bekerja.

Mencukupi jumlah air putih di dalam tubuh dengan baik, maka pH akan seimbang dan bisa membantu usus bekerja lebih cepat. Minum air putih jauh lebih baik dibandingkan susu untuk mencegah potensi naiknya asam lambung.

Hindari Stres

Menurut sebuah penelitian, tingkat stres dapat secara signifikan meningkatkan sekresi asam lambung. Jika stres adalah penyebab naiknya asam lambung, coba cari tahu apa sumber stres dan lakukan sesuatu untuk menguranginya.

Saat bernapas, cobalah menarik oksigen dalam-dalam. Kadar udara yang masuk dapat dikontrol dengan menarik napas panjang atau secara dalam. Kadar udara ini dapat menguatkan otot-otot yang berada di bawah tenggorokan, sehingga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung.

Menghindari asam lambung naik adalah cara mencegah maag kambuh, terutama yang akut. Umumnya timbulnya rasa nyeri karena maag akut terjadi saat asam lambung bersentuhan dengan lapisan mukosa sampai ujung sarafnya lebih peka dengan nyeri.

6 dari 7 halaman

Batasi Obat dan Kafein

Menghindari penyebab asam lambung naik merupakan cara mencegah maag kambuh yang sangat direkomendasikan. Hindari juga konsumsi produk yang mengiritasi lambung, yaitu produk yang mengandung obat antiinflamasi.

Obat pereda nyeri atau produk lain (seperti beberapa obat flu) yang mengandung aspirin, ibuprofen, naproxen, atau apa yang disebut NSAID bisa memperburuk keadaan lambung.

Berhentilah konsumsi kafein (teh dan kopi), alkohol, dan rokok selama kamu memiliki gejala asam lambung. Jika sangat bergantung pada kafein, coba kurangi porsi harian yang dikonsumsi. Hindari juga minum kopi dalam keadaan perut kosong, karena akan memperparah keadaan lambung.

7 dari 7 halaman

Perbaiki Gaya Hidup

Mulai perbaiki gaya hidup sebagai cara mencegah maag kambuh. Gaya hidup yang dimaksud adalah tidak melakukan kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra setelah atau sebelum makan.

Misalnya pada jenis olahraga keras yang membutuhkan energi ekstra. Pada olahraga yang cenderung berat, terutama jika melibatkan tubuh membungkuk, maka dapat dipastikan asam lambung menjadi naik ke kerongkongan.

Selain itu, hentikan atau kurangi kebiasaan merokok. Kandungan nikotin pada rokok dapat membuat sfingter esofagus menjadi relaks. Kondisi ini sangatlah merugikan, karena dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

Jika perlu, kunyah saja permen karet untuk mencegah kenaikan asam lambung pemicu maag. Mengunyah permen karet dapat pula mengatasi asam lambung.

Dalam sebuah penelitian, mengunyah permen karet ternyata dapat merangsang laju pelepasan air liur yang mengakibatkan zat asam yang terakumulasi pada lambung akan dinetralisasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat