uefau17.com

5 Doa di Hari Jumat dan Amalan Lain yang Dianjurkan - Hot

, Jakarta Dalam ajaran agama Islam, hari Jumat dianggap sebagai hari yang penuh dengan keutamaan. Bahkan, hari Jumat merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Segala macam bentuk doa di hari Jumat memiliki peluang yang lebih besar untuk diijabah oleh Allah SWT.

Sebagaimana dalah sebuah hadis disebutkan,

"Pada hari jumat ada 12 jam. Diantaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar." (HR. Abu Dawud).

Ada sejumlah doa di hari Jumat yang bisa kita baca untuk memohon keberkahan kepada Allah SWT. Menurut Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah at-Thalibin dalam kitab Dar Al-Fikr, dijelaskan doa hari Jumat akan dikabulkan secara mutlak.

Lalu bagaimana bacaan doa di hari Jumat yang bisa kita baca? Berikut uraian selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Doa di Hari Jumat untuk Memohon Keberkahan

Salah satu doa di hari Jumat yang bis akita baca adalah doa untuk memohon keberkahan. Dengan doa ini, diharapkan apa yang kita lakukan, baik itu ucapan atau perbuatan dapat menghadirkan manfaat. Adapun bacaan doa di hari Jumat ini adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ لَكُمْ بَرَكَةُ الْجُمُعَةِ ضُهْرًا، وَالْبَسَّكُمْ مِنْ تَقْوَاهُ نُورًا، جُمْعَةٍ مُبَارَكَةٍ

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.

Artinya: "Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

2. Doa di Hari Jumat untuk Memohon Pertolongan

Selain memohon keberkahan, ada do di hari Jumat yang bisa kita panjatkan untuk memohon pertolongan dari Allah SWT. Dengan membaca di hari Jumat ini, diharapkan Allah SWt dapat memberikan kita pertolongan, agar kita selalu diberi kekuatan dan kelacaran dalam berbagai macam upaya.

Adapun bacaan doa di hari Jumat untuk memohon pertolongan Allah adalah sebagai berikut,

أسعدكَ اللهُ بصعيد هَذَا اليومِ المُبَارَكِ، ووَسَعَ عَلَيْكَ رِزْقَكَ وَأَلْهَمَكَ ذِكْرَهُ، وَأَجَابَ دَعْوَتَكَ، وَزَادَكَ مِنْ فَضْلِهِ، وَحَفِظَ دِينَكَ وَأَيَّدَكَ بِنَصْرِهِ، وَرَضِيَ عَنْكَ وَأَرْضَاكَ عَنْ حُبِّهِ، وَعَنِ النَّارِ أَبْعَدَكَ وَأَدْخَلَكَ جَنَّتَهُ، وَلِلْخَيْرِ أَرْشَدَكَ وَكَفَاكَ نِعْمَتِهِ.

As’adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu.

Artinya: "Semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari Jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, ridha atasmu, dan meridhaimu dengan cinta-Nya dan menjauhkanmu dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjukmu kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya.”

3 dari 5 halaman

3. Doa di Hari Jumat untuk Memohon Perlindungan dari Musibah

Selain pertolongan, kita juga bisa memanjatkan doa di hari Jumat untuk memohon kepada Allah SWT agar diberi perlindungan dan dihindarkan dari berbagai macam kesulitan dan musibah. Adapun bacaan doa di hari Jumat untuk memohon perlindungan adalah sebagai berikut,

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khairin.

Artinya: “Semoga Allah memberi berkah untukmu dalam kebaikan. Semoga Allah memberi berkah dalam musibahmu. Dan semoga Allah mengampuni kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan.”

4. Doa di Hari Jumat untuk Memohon Kelancaran Rezeki

Kita diperbolehkan untuk meminta apa pun kepada Allah SWT, termasuk meminta kelancaran rezeki. Untuk itu, ada sebuah doa di hari Jumat yang bisa kita panjatkan agar diberi kelancaran dalam mencari rezeki. Tidak hanya itu, doa di hari Jumat ini juga dapat menghindarkan kita dari siksa api neraka. Adapun bacaan doa di hari Jumat untuk memohon kelancaran rezeki adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma barik lana fi ma razaqtana wa qina adza bannar.

Artinya: "Ya Allah, berikan kami berkah pada rezeki yang telah Engkau berikan dan peliharalah kamu dari siksa neraka."

4 dari 5 halaman

5. Doa di Hari Jumat untuk Memohon Kebaikan untuk Seluruh Keluarga

Doa di hari Jumat ini  berisi permohonan kepada Allah untuk memberkahi keluarga kita dan memberkahi kita di dalam keluarga kita, memberikan rezeki kepada mereka dari kita dan kepada kita dari mereka, serta menjadikan pertemuan kita dalam kebaikan dan pemisahan kita dalam kebaikan.

Doa ini juga mengandung permohonan agar Allah melindungi kita dan keturunan kita dari keburukan, serta menghindarkan kita dari gangguan setan yang terkutuk. Adapun bacaan doa di hari Jumat untuk memohon agar diberikan kebaikan untuk seluruh keluarga adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِي وَبَارِكْ لِأَهْلِي فِيَّ وَرْزُقْهُم مِّنِّي وَرْزُقْنِي مِنْهُمْ وَجَمَعْ بَيْنَنَا مَجَمَعًا فِي خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا مَفَرَّقًا فِي خَيْرٍ. بَارَكَ اللَّهُ لِكُلِّنَا فِي شَهِيبِهِ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ. اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ.

Allahumma barik li fi ahli wa barik li ahli fiyya warzuqhum minni warzuqni minhum wajma’bainana majama’ta fi khairin wa farriq bainana ma farraqta fi khairin. Barakallahu li kullin minna fi shahibihi. Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi. Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha min al-syaithan al-rajim.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku dalam keluarga dan berkailah keluarga dalam diriku. Anugerahkan rezeki kepada mereka lantaran aku anugerahkanlah rezeki kepadaku lantaran mereka. Satukanlah kami selama engkau satukan dalam kebaikan, dan pisahkanlah kami selama Engkau memisahkan dalam kebaikan. Semoga Allah memberkahi masing-masing dari kami dalam pergaulannya (suami istri). Ya Allah, sungguh aku memohon kepadamu kebaikan istriku dan kebaikan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Dan aku berlindung kepadamu dari keburukan istriku dan keburukan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Ya Allah, sungguh aku memohon perlindungan untuknya dan keturunannya dengan keagungan Zat-Mu dari setan yang terkutuk.”

5 dari 5 halaman

Amalan Lain di Hari Jumat

Selain membaca doa di hari Jumat tersebut, ada juga beberapa bacaan surat pendek yang bisa dibaca dan diamalkan. Menurut Imam Al Ghazali dalam Bidayatul Hidayah, selepas salat, sebelum mulutnya mengucapkan apa pun, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mengamalkan bacaan-bacaan Surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali, Surah Al-Ikhlas sebanyak 7 kali, Surah Al-Falaq sebanyak 7 kali, dan Surah An-Nas sebanyak 7 kali.

Masih ada amalan lain yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat. Adapun amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di hari Jumat antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membaca Shalawat

Amalan pada hari Jumat yang pertama ialah membaca shalawat. Shalawat tersebut dapat dikerjakan mulai dari Kamis menjelang petang hari hingga Jumat lewat tengah malam.

Rasulullah SAW bersabda,

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi)

2. Sedekah

Amalan lain yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat adalah sedekah. Bersedekah pada hari Jumat disebut menjadi amalan luar biasa daripada dikerjakan di waktu lain.

"Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya". Hadits dari Ka'ab menjelaskan: "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya." (Mauquf Shahih).

3. Mandi dan Bersih-Bersih

Membersihkan diri dan lingkungan sekitar ternyata juga termasuk amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat. Hal ini didasarkan pada sebuah hadis berikut,

"Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun." (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat