uefau17.com

Migrasi adalah Perpindahan Penduduk, Ketahui Jenis-Jenisnya - Hot

, Jakarta Migrasi adalah salah satu pergerakan penduduk di suatu daerah atau negara. Biasanya migrasi adalah langkah suatu kelompok masyarakat untuk mencari kesejahteraan dan keamanan. Sebutan untuk orang yang melakukan migrasi adalah migran.

Menurut PBB, pada 2019, jumlah migran internasional di seluruh dunia mencapai hampir 272 juta. Migrasi adalah kegiatan yang sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu. Migrasi adalah tantangan tersendiri bagi sejumlah negara. 

Migrasi adalah aktivitas yang bisa terjadi karena berbagai alasan. Faktor seperti ekonomi, sosial, politik atau lingkungan, bisa mendorong terjadinya migrasi. Migrasi sering terjadi dalam jarak yang jauh dan dari satu negara ke negara lain.

Memahami migrasi adalah salah satu cara mengenal fenomena kependudukan yang ada. Berikut pengertian migrasi, jenis, dan istilah terkaitnya, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis(23/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian migrasi

Menurut KBBI, migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain untuk menetap. Menurut PBB, migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain untuk menetap. Ensiklopedia Britanica mendefinisikan migrasi sebagai perubahan tempat tinggal permanen oleh individu atau kelompok.

Secara singkat, migrasi berarti perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain. Migrasi dapat bersifat permanen, sementara atau musiman. Migrasi bisa terjadi dalam satu negara atau antar negara. Migrasi bisa berdampak pada tempat yang ditinggalkan maupun pada tempat di mana para migran menetap.

3 dari 6 halaman

Pengertian migran

Orang yang melakukan migrasi disebut dengan migran. Migran adalah setiap orang yang pindah dari tempat tinggalnya, baik di dalam suatu negara maupun antar negara. Ini adalah istilah luas yang mencakup orang-orang yang memilih untuk pergi dan orang-orang, seperti pengungsi, yang terpaksa pergi.

Orang dapat bermigrasi sebagai individu, dalam unit keluarga atau dalam kelompok besar. Orang atau kelompok memutuskan untuk bermigrasi karena banyak alasan. Ini bisa karena untuk meningkatkan karier, kesejahteraan, mencari keamanan, atau mengungsi. Beberapa orang terpaksa bermigrasi, misalnya seseorang yang pindah karena kelaparan atau perang.

4 dari 6 halaman

Jenis migrasi menurut sifatnya

Migrasi permanen

Migrasi permanen adalah gerak penduduk yang melintas batas wilayah asal menuju ke wilayah lain dengan niatan menetap di daerah tujuan. Orang yang melakukan migrasi ini bertujuan menetap pada daerah yang dituju.

Migrasi sirkuler

Migrasi Sirkuler yaitu migrasi yang terjadi jika seseorang berpindah tempat, tetapi tidak bermaksud menetap di tempat tujuan, mungkin hanya mendekati tempat pekerjaan. Migrasi penduduk sirkuler dapat didefinisikan sebagai gerak penduduk yang melintas batas administrasi suatu daerah menuju ke daerah lain dalam jangka waktu kurang enam bulan.

Migrasi Ulang-alik

Migrasi ulang-alik yaitu orang yang setiap hari meninggalkan tempat tinggalnya pergi ke kota lain untuk bekerja atau berdagang dan sebagainya, tetapi pulang pada sore harinya.

Migrasi Semasa Hidup (Life Time Migration)

Migrasi semasa hidup yaitu jenis migrasi yang bedasarkan tempat kelahiran. Migrasi semasa hidup adalah mereka yang pada waktu pencacahan sensus bertempat tinggal di daerah yang berbeda dengan tempat kelahirannya.

5 dari 6 halaman

Jenis migrasi lokal

Sirkulasi

Sirkulasi merupakan perpindahan penduduk yang tidak menetap, namun ada juga yang menetap atau tinggal sementara waktu di daerah tujuan. Aktivitas sirkulasi dapat berlangsung harian, mingguan, atau bulanan.

Urbanisasi

Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota dalam satu pulau. Biasanya, urbanisasi sifatnya menetap jadi jumlah penduduk suatu kota yang dituju ataupun jumlah penduduk di desa yang tinggalkan.

Ruralisasi

Ruralisasi yaitu perpindahan penduduk dari kota ke desa. Jadi, ruralisasi merupakan kebalikan dari urbanisasi. Umumnya, ruralisasi dilakukan oleh masyarakat yang dulunya pernah melakukan urbanisasi.

Transmigrasi

Transmigrasi merupakan perpindahan penduduk antar pulau. Misalnya, dari Jawa ke Kalimantan atau ke Sumatera. Jadi transmigrasi dilakukan oleh orang yang tinggal di pulau padat penduduk ke pulau yang masih jarang penduduknya. Orang yang melakukan transmigrasi disebut transmigran.

6 dari 6 halaman

Jenis migrasi internasional

Imigrasi

Imigrasi ialah datangnya penduduk dari sebuah Negara lain ke sebuah Negara, misalnya wisatawan negara luar datang ke Indonesia.

Emigrasi

Emigrasi ialah perpindahan penduduk yang berpindah sebuah Negara ke Negara yang lain, misalnya tenaga kerja indonesia (TKI) dari Indonesia bertempat di Malaysia untuk bekerja.

Repatriasi

Repatriasi ialah perpindahan penduduk dari Negara yang di tinggalinya dalam waktu sementara dan kembali ke Negara asalnya setelah sekian lama tidak kekampung halamannya. Contohnya, orang asal Indonesia yang sudah lama menetap di negara luar kembali pulang ke kampung halamannya di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat