uefau17.com

Jenis Metode Penelitian dan Penjelasannya yang Harus Dipahami - Hot

, Jakarta Jenis metode penelitian ada beragam dan dibagi ke dalam beberapa pengelompokan. Penelitian sendiri adalah suatu cara untuk mendapatkan kebenaran data atas gejala alam, masyarakat, atau kemanusiaan. Dengan tujuan, melalui sebuah cara tersebut dapat memperoleh sesuatu yang diharapkan.

Metode penelitian merupakan cara ilmiah agar bisa memperoleh dan mengumpulkan data-data dengan fungsi dan tujuan tertentu. Langkah ilmiah tersebut harus berpedoman pada suatu ilmu pengetahuan untuk suatu tujuan dan kegunaan tertentu.

Jenis metode penelitian sangat beragam macamnya, disesuaikan dengan cara pandang dan dasar untuk memberikan klasifikasi akan jenis penelitian tersebut. Secara umum jenis penelitian didasarkan pada cara pandang etika penelitian dan pola pikir yang melandasi suatu model konseptual.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/10/2020) tentang jenis metode penelitian.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis metode penelitian menurut paradigma yang digunakan

Jenis Metode Penelitian Kuantitatif

Jenis metode penelitian kuantitatif dilakukan berdasarkan paradigma positivisme, menggunakan metode kuantitatif dan analisis kuantitatif, serta hasil akhirnya berupa generalisasi. Metode ini bersifat sistematis dan menggunakan model-model yang bersifat matematis. Penelitian kuantitatif dapat bersifat deskriptif, korelasi, dan asosiatif berdasarkan hubungan antarvariabelnya.

Penelitian kuantitatif deskriptif biasanya hanya mengukur tingkat suatu variabel pada populasi atau sampel. Sedangkan kuantitatif korelasi dan asosiatif melihat hubungan antara dua variabel atau lebih. Jika kuantitatif korelasi hanya menunjukkan hubungan, asosiatif berusaha mencari hubungan sebab-akibat antara variabel-variabel terkait.

Jenis Metode Penelitian Kualititatif

Jenis metode penelitian kualitatif dilakukan berdasarkan paradigma fenomenologi/natural inquiry, menggunakan metode kualitatif dan analisis kualitatif, dengan hasil akhir berupa deskripsi/penjelasan. Metode penelitian ini berfokus pada pemahaman terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat.

Peneliti menggunakan perspektif dari partisipan sebagai gambaran dalam memperoleh hasil penelitian. Contoh penelitian kualitatif antara lain metode naratif, fenomenologi, grounded, etnografi, serta studi kasus.

Perbedaan Jenis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

-  Metode penelitian kualitatif menggunakan desain secara umum, sedangkan metode penelitian kuantitatif menggunakan desain yang lebih jelas dan spesifik.

- Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik penelitian berupa observasi, eksperimen atau juga dengan wawancara terbuka. Sedangkan metode penelitian kuantitatif dilakukan dengan tes, pengujian dan juga wawancara terstruktur.

- Metode penelitian kualitatif mendapatkan data berupa deskripsi pendapat dari responden ataupun hasil catatan lapangan. Sedangkan metode kuantitatif mendapatkan data yang berupa angka, skala maupun grafik yang bisa dihitung.

3 dari 5 halaman

Jenis metode penelitian berdasarkan pada tujuan

Jenis metode penelitian eksploratoris, ialah penelitian yang dilaksanakan karena ada masalah yang memang sangat jarang untuk diteliti. Hal yang diteliti adalah suatu yang baru, yang mana belum banyak dilakukan penelitian.

Jenis metode penelitian deskriptif, menunjukkan jika tujuan penelitian ialah agar bisa memberikan sebuah penjelasan yang lebih rinci serta lebih mendalam tentang suatu masalah sosial yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Kekuatan dari penelitian deskriptif ini ada dalam kualitas dan kuantitas kalimat yang nantinya akan dipaparkan di dalam bab hasil sebuah penelitian. Semakin banyak data di dalam bentuk kalimat yang dapat disuguhkan dalam sebuah penelitian akan semakin bagus.

Jenis metode penelitian eksplanatoris, mempunyai sebuah tujuan agar bisa menguji suatu teori maupun hipotesa agar dapat memperkuat maupun menolak sebuah teori dari penelitian yang sudah diteliti.

4 dari 5 halaman

Jenis metode penelitian berdasarkan pada manfaat

Jenis metode penelitian murni, penelitian ini pada umumnya disebut juga dengan penelitian dasar. Di mana penelitian murni ini memiliki tujuan agar dapat mengembangkan sebuah teori serta tidak melihat bagaimana manfaat yang langsung memiliki sifat praktis.

Jenis metode penelitian terapan, penelitian terapan memilki tujuan untuk dapat memecahkan masalah-masalah dari kehidupan yang praktis. Jadi, penelitian terapan ini memiliki sifat praktis dan juga aplikatif karena penelitian yang berangkat dari sebuah masalah nyata dan bukan masalah yang memiliki sifat mendasar.

Jenis metode penelitian aksi, penelitian ini biasanya disebut dengan action research yang memiliki tujuan agar dapat menyelesaikan masalah dengan cara melaksanakan beberapa tindakan khusus yang juga sudah melalui teoritis sebelumnya. Hal ini diharapkan untuk bisa memperoleh solusi yang terbaik sehingga masalah dalam penelitian bisa teratasi.

Jenis metode penelitian kebijakan, ialah sebuah penelitian yang memiliki tujuan yang dapat menentukan sesuatu hal kebijakan yang berdasarkan dengan data dan fakta sesuai di lapangan. Hasil dari sebuah penelitian ini adalah peraturan, keputusan undang- undang dan semua hal yang berhubungan dengan hukum.

Jenis metode penelitian evaluasi, merupakan sebuah penelitian yang memiliki tujuan agar dapat memberikan sebuah penelitian pada program tertentu, kegiatan dan juga sebuah kebijakan yang bisa ditujukan supaya bisa mengintervensi masyarakat.

5 dari 5 halaman

Jenis metode penelitian menurut siapa penelitinya

Jenis metode penelitian akademis, metode ini melibatkan peneliti profesional yang dijamin oleh lembaga penelitian.

Jenis metode penelitian evaluasi/kebijakan, metode ini dilakukan atas pesanan pihak birokrat untuk menunjang kebutuhan administratif/kebijakan tertentu, dilaksanakan oleh peneliti profesional.

Jenis metode penelitian partisipatoris, metode ini biasanya menggunakan pendekatan interaktif, pelaku turut memengaruhi hasil, bertujuan untuk membangun kesadaran dan perubahan sosial pelaku.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat