uefau17.com

7 Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh, Ketahui Sumber Terbaiknya - Hot

, Jakarta Fungsi vitamin A bagi tubuh sangat penting untuk menunjang kesehatan. Vitamin A merupakan vitamin yang dapat dengan mudah ditemukan pada sayur, buah, dan daging. Retinol adalah bentuk aktif vitamin A dominan yang ditemukan dalam darah.

Fungsi vitamin A bagi tubuh yang paling terkenal adalah mendukung kesehatan mata. Terlepas dari perannya terhadap penglihatan, fungsi vitamin A bagi tubuh punya peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan.

Fungsi vitamin A bagi tubuh penting untuk kekebalan dan pertumbuhan. Fungsi vitamin A bagi tubuh juga merupakan antioksidan kuat dan bertindak sebagai hormon dalam tubuh.

Dianjurkan, pria mendapatkan 900 mcg, wanita 700 mcg dan anak-anak dan remaja 300-600 mcg vitamin A per hari. Pentingnya fungsi vitamin A bagi tubuh membuat kekurangan vitamin ini bisa menimbulkan sejumlah masalah.

Berikut 6 fungsi vitamin A bagi tubuh dan sumber terbaiknya, dirangkum Liputan.com dari berbagai sumber, Selasa(24/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Antioksidan kuat

Provitamin A karotenoid seperti beta-karoten, alpha-karoten dan beta-cryptoxanthin adalah prekursor vitamin A dan memiliki sifat antioksidan. Konsumsi makanan tinggi karoten dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari banyak penyakit kronis.

Karotenoid dapat melawan radikal bebas. Stres oksidatif akibat radikal bebas dikaitkan denan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kanker, penyakit jantung dan penurunan kognitif.

3 dari 10 halaman

Lindungi mata

Vitamin A adalah nutrisi penting yang dibutuhkan mata. Vitamin A dibutuhkan untuk mengubah cahaya yang mengenai mata menjadi sinyal yang dapat dikirim ke otak. Asupan vitamin A yang cukup membantu melindungi terhadap penyakit mata tertentu, seperti degenerasi makula terkait usia.

Studi menunjukkan bahwa kadar beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin dalam darah yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia hingga 25%.

Selain itu, salah satu gejala kekurangan vitamin A adalah kebutaan malam yang dikenal sebagai nyctalopia.

4 dari 10 halaman

Turunkan risiko kanker

Asupan karotenoid yang memadai dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan risiko kanker paru-paru yang lebih rendah. Vitamin A memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel. Ini berpengaruh pada risiko kanker yang lebih rendah.

Mendapatkan vitamin A yang cukup, terutama dari tanaman, penting untuk pembelahan sel yang sehat dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

5 dari 10 halaman

Dukung kekebalan tubuh

Vitamin A juga sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin A membantu melindungi mata, paru-paru, dan organ lainnya dengan membantu menjebak bakteri dan agen infeksi.

Vitamin A juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih. Ini dapat membantu menangkap dan membersihkan bakteri dan patogen lain dari aliran darah.

Vitamin A terlibat dalam pembuatan sel-sel tertentu, termasuk sel B dan T, yang memainkan peran sentral dalam respon imun yang menjaga terhadap penyakit. Kekurangan vitamin A sering dikaitikan dengan kerentanan tubuh terhadap infeksi dan membuat sakit menjadi sulit pulih.

6 dari 10 halaman

Sehatkan kulit

Vitamin A penting dalam pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Vitamin A membantu mengatur produksi sebum, minyak yang membantu menjaga tingkat kelembaban di kulit dan rambut.

Vitamin A mampu mencegah timbulnya jerawat. Jerawat disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum tersumbat dengan kulit dan minyak mati.

Kekurangan vitamin A bisa menyebakan jerawat, karena adanya kelebihan protein keratin dalam folikel rambut.

7 dari 10 halaman

Dukung kesehatan tulang

Vitamin A juga sangat penting bagi kesehatan tulang. Nutrisi utama yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang seiring bertambahnya usia adalah protein, kalsium dan vitamin D.

Namun, vitamin A yang cukup juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang tepat. Kekurangan vitamin A dapat menurunkan kesehatan tulang.

Faktanya, orang-orang dengan tingkat vitamin A dalam darah yang lebih rendah berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang.

8 dari 10 halaman

Sehatkan reproduksi

Vitamin A sangat penting untuk reproduksi pria dan wanita karena berperan dalam perkembangan sperma dan sel telur. Vitamin A juga penting untuk perkembangan embrio yang normal selama kehamilan.

Kekurangan vitamin A pada wanita dapat memengaruhi reproduksi dengan mengurangi kualitas telur. Pada wanita hamil, vitamin A juga terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan banyak organ dan struktur utama bayi yang belum lahir, termasuk kerangka, sistem saraf, jantung, ginjal, mata, paru-paru dan pankreas.

Namun, konsumsi vitamin A selama kehamilan juga perlu diperhatikan. Terlalu banyak vitamin A selama kehamilan dapat berbahaya bagi bayi yang sedang tumbuh dan dapat menyebabkan cacat lahir. Konsultasikan pada dokter konsumsi vitamin ini selama kehamilan.

9 dari 10 halaman

Sumber vitamin A terbaik: Hewani

Hati Sapi

Hati hewan adalah salah satu sumber terkaya vitamin A. Ini karena, seperti manusia, hewan menyimpan vitamin A di hati. 100 gram hati sapi mengandung 9,442 mikrogram vitamin A yang setara dengan 444 persen kebutuhan vitamin A.

Minyak hati ikan cod

Hati ikan juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. dengan 1 sendok makan minyak ikan cod menyediakan 4.080 mcg, atau 272 persen dari kebutuhan harian.

Salmon

100 gram salmon mengandung 149 mcg atau setara dengan 17% kebutuhan harian vitamin A.

Keju

1 ons keju cheddar bisa mengandung 400 unit internasional (IU) vitamin A.

10 dari 10 halaman

Sumber vitamin A terbaik: Sayur dan buah

Wortel

Wortel mengandung 16,706 IU vitamin A atau setara 334% dari kebutuhan harian.

Bayam

Bayam mengandung 2.813 unit internasional (IU) Vitamin A. Bayam kaya akan karoten, yang bisa diubah tubuh menjadi vitamin A.

Brokoli

Brokoli mengandung 11% kebutuhan harian vitamin A.

Paprika merah

100 gram paprika merah mengandung 3,131 IU atau setara 62% kebutuhan harian vitamin A.

Tomat

Tomat mengandung 1499 unit internasional (IU) vitamin A.

Mangga

Mangga mengandung 1,082 IU vitamin A tiap 100 gram.

Pepaya

Pepaya mengandung 950 IU per 100 gram.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat