uefau17.com

5 Cara Mengetahui Jenis Kulit, Tentukan Perawatan Tepat - Hot

, Jakarta Cara mengetahui jenis kulit sangat penting dalam perawatan kulit. Tiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Perbedaan jenis kulit ini menentukan tipe perawatan kulit yang tepat.

Melakukan cara mengetahui jenis kulit bisa membantu menentukan perawatan yang tepat untuk kulit. Cara mengetahui jenis kulit bisa dilakukan dengan tes sederhana. Cara mengetahui jenis kulit akan membantumu mengenali apakah kulitmu termasuk kering, berminyak, normal, kombinasi, atau sensitif. 

Cara mengetahui jenis kulit wajah bisa diamati dari intensitas produksi minyak oleh kulit. Tes sederhana dari cara mengetahui jenis kulit wajah sangat mudah dilakukan. Berikut cara mengetahui jenis kulit wajah dan merawatnya, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa(21/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara mengetahui jenis kulit: tes seharian

Cara mengetahui jenis kulit yang pertama adalah dengan mengamatinya seharian. Ini dilakukan dengan melihat bagaimana kinerjanya dari pagi hingga sore hari pada hari-hari biasa. Kamu bisa mengetahui jenis kulit dari penampilan kulit pada akhir hari. Melansir Healthline, berikut indikatornya:

Kulit berminyak: wajah terasa berminyak dan terlihat berkilau

Kulit kombinasi: zona-T Anda berkilauan, tetapi bagian wajah lainnya sebagian besar matte

Kulit normal: memiliki sedikit minyak, serpihan, atau kemerahan, atau tidak ada sama sekali

Kulit kering: kulit bersisik atau kencang

Kulit sensitif: kult gatal, merah, atau meradang

 

3 dari 6 halaman

Cara mengetahui jenis kulit: tes cuci

Jika tak punya waktu untuk mengamati kulit seharian, kamu bisa menggunakan cara mengetahui jenis kulit dari tes cuci. Beriku cara mengetesnya:

1. Cuci wajah dengan pembersih yang lembut.

2. Keringkan dengan handuk bersih dan jangan gunakan skincare atau makeup apapun.

3. Amati bagaimana kulit terlihat dan terasa segera setelah mencucinya. Perhatikan bagaimana kulit berubah selama beberapa jam ke depan.

Kulit kering akan terasa kering atau kencang segera setelah dicuci. Ia mungkin juga terlihat kusam, kasar, atau bersisik. Kulit berminyak mungkin terlihat kusam setelah dicuci, tetapi akan menjadi berkilau atau berminyak selama beberapa jam ke depan. Minyak akan terlihat jika kamu menempelkan tisu ke hidung.

Kulit kombinasi biasanya pada zona T akan terilhat berminyak dan bagian pipi normal atau kering. Zona-T meliputi dahi, hidung, dan dagu. Setelah beberapa lama, area ini akan terlihat mengkilap atau berminyak. Kulit normal akan terlihat bersih, bahkan dalam warna dan teksturnya, dan tidak akan terasa kencang atau iritasi setelah dicuci. Itu tidak akan banyak berubah sepanjang hari. Kulit sensitif bisa perih, terbakar, atau gatal setelah mencuci muka.

 

4 dari 6 halaman

Cara mengetahui jenis kulit: tes kertas minyak

Kertas minyak bisa berguna untuk mengetahui jenis kulit. Kertas minyak yang digunakan untuk menyerap kelebihan minyak di wajah. Berikut cara mengetahui jenis kulit dengan kertas minyak.

1. Setelah mencuci muka dengan pembersih ringan, biarkan wajah selama kurang lebih tiga jam dan jangan gunakan produk apapun.

2. Letakkan selembar kertas minyak di berbagai area wajah selama beberapa menit untuk menentukan tingkat minyak.

Jika kertas menempel dan kamu melihat bercak minyak saat diangkat, kemungkinan besar kamu memiliki kulit berminyak. Jika kertas menempel tetapi tidak ada bintik berminyak yang terlihat, jenis kulitmu normal. Jika kertas tidak menempel sama sekali, kemungkinan besar kamu memiliki kulit kering.

Sementara kulit kombinasi menghasilkan bintik-bintik berminyak pada kertas yang bersentuhan dengan zona-T. Sayangnya, tes ini tidak dapat membantu menentukan apakah kamu memiliki kulit sensitif.

5 dari 6 halaman

Cara mengetahui jenis kulit: tes selotip

Kamu juga bisa mencoba cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tes selotip. Gunakan selotip bening yang bersih. Berikut caranya:

1. Cuci wajah dengan pembersih yang lembut.

2. Keringkan sedikit dengan handuk dan jangan gunakan pelembap atau produk apa pun. Tunggu 20 menit.

3. Ambil selotip dan tempelkan di wajah dari daun telinga kiri ke daun telinga kanan melewati atas batang hidung.

4. Tunggu selama tiga menit. Lepaskan selotip dan lihat sisi lengketnya.

Jika memiliki kulit normal, selotip kemungkinan besar akan menempel dan lepas dengan mudah. Jika memiliki kulit berminyak, selotip mungkin akan bergeser karena minyak mencegahnya menempel langsung ke kulit.

Jika memiliki kulit kering, selotip mungkin terlihat keruh karena serpihan kulit kering yang dilepaskan dengan selotip. Jika kulit berjenis kombinasi, bagian selotip yang menempel pada hidung akan terlihat berminyak sementara bagian pipi akan nampak kering. Sementara untuk kulit sensitif, kulit akan terasa perih atau gatal setelah selotip dilepas.

6 dari 6 halaman

Cara merawat kulit sesuai jenis kulit

Kulit kering

Bersihkan dengan pembersih hydrating yang tidak mengganggu lapisan kulit luar. Gunakan toner bebas alkohol untuk memulihkan pH kulit. Lembapkan dengan pelembap benutrisi dan nonkomedogenik untuk mengunci hidrasi. Lindungi dari sinar UV yang berbahaya untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Kulit berminyak

Langkah paling penting dari setiap rutinitas perawatan kulit adalah membersihkan kulit. Sangat penting bagi pemilik kulit berminyak untuk membersihkan wajah saat pagi dan malam hari. Kamu bisa menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat. Gunakan juga toner exfoliat yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat.

Kulit kombinasi

Sangat penting untuk menghilangkan penumpukan kotoran dengan pembersih yang lembut. Gunakan toner untuk menghilangkan minyak dan menyeimbangkan tingkat pH kulit. Pastikan memilih toner bebas alkohol. Gunakan serum sebagai perawatan, menghidrasi dan melindungi kulit. Pada kulit kombinasi gunakan dua jenis pelembap. Untuk area kering, pilih formula krim. Untuk bagian yang berminyak, pilih formula berbahan dasar air yang ringan.

Kulit sensitif

Pelembap dan losion hypoallergenic dapat mengurangi kekeringan tanpa mengiritasi kulit sensitif. Pada kulit sensitif, lakukan tes tempel terlebih dahulu sebelum menggunakan produk baru. Ini dilakukan dengan cara mengoleskan sedikit pada garis rahang sebagai uji tempel dan menunggu beberapa jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat