uefau17.com

SSD adalah Solid State Drive, Kenali Keunggulannya Dibanding HDD - Hot

, Jakarta SSD adalah generasi baru perangkat penyimpanan yang digunakan di komputer. SSD umumnya jauh lebih cepat daripada HDD. SSD adalah jenis penyimpanan komputer yang punya banyak keunggulan.

Dalam beberapa tahun terakhir, SSD adalah penyimpanan yang mulai menggantikan hard drive tradisional, terutama pada laptop. SSD adalah drive boot utama pada laptop keluaran terbaru. SSD adalah versi lebih canggih dari HDD.

Upgrade ke SSD adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat laptop atau komputer. Jika kamu mencari laptop baru, SSD adalah spesifikasi yang patut dipertimbangkan. Berikut pengertian tentang SSD, bedanya dengan HDD, dan cara kerjanya, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal SSD

SSD adalah singkatan dari solid state drive. Dinamai solid state karena ia menggunakan perangkat solidstate. SSD adalah bentuk hard drive yang lebih baru dan canggih yang berfungsi sebagai perangkat penyimpanan di komputer.

Tanpa bagian yang bergerak, SSD mengakses dan mengirimkan data lebih cepat daripada hard disk tradisional. SSD adalah perangkat penyimpanan dengan memori non-volatile yang bekerja lebih cepat daripada HDD. Tidak seperti hard-disk drive (HDD) yang lebih lama, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, seperti disk yang berputar atau lengan akses yang bergerak di sekitar disk.

3 dari 7 halaman

Beda SSD dan HDD

Hard disk drive (HDD) adalah perangkat penyimpanan data yang hidup di dalam komputer. HDD memiliki disk berputar di dalam tempat data disimpan secara magnetis. HDD memiliki lengan dengan beberapa "kepala" (transduser) yang membaca dan menulis data pada disk.

HDD dianggap sebagai teknologi lama, artinya sudah ada lebih lama daripada SSD. Melansir Pcmag, SSD melakukan fungsi dasar yang sama seperti HDD. Keunggulan SSD adalah data disimpan pada chip flash memory yang saling berhubungan yang menyimpan data bahkan ketika tidak ada listrik yang mengalir melalui mereka.

SSD menggunakan memori berbasis flash, yang jauh lebih cepat daripada hard disk mekanis tradisional. Dalam SSD, semua data disimpan dalam sirkuit terintegrasi. Biasanya, SSD lebih mahal daripada HDD per jumlah penyimpanan.

SSD seringkali jauh lebih kecil daripada HDD dan oleh karena itu menawarkan lebih banyak fleksibilitas kepada produsen dalam mendesain PC. Tanpa memerlukan disk yang berputar, SSD dapat mengecil menjadi seukuran permen karet atau bahkan perangko. Kapasitasnya yang bervariasi menjadikannya fleksibel untuk perangkat yang lebih kecil.

4 dari 7 halaman

Cara kerja SSD

Selama bertahun-tahun, mekanisme fisik hard-disk drive adalah satu-satunya hal yang menghalangi kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat. Dengan membayangkan kembali cara kerja penyimpanan dan akses data, SSD menghilangkan masalah lambatnya pemrosesan, dan sekarang file besar dimuat jauh lebih cepat dengan SSD daripada dengan HDD.

SSD adalah driver yang menyimpan data pada chip memori flash, seperti smartphone, drive USB, atau tablet ramping. Karena drive tidak harus menunggu piringan apa pun berputar ke tempat data berada, semua chip memori dapat diakses pada saat yang bersamaan. Hal ini membuat lebih mudah bagi pengguna untuk mengakses informasi mereka dengan kecepatan tinggi.

5 dari 7 halaman

Komponen

SSD terlihat seperti papan sirkuit dengan chip komputer. Chip utama adalah pengontrol flash dan chip memori. Kontroler flash mengirimkan tegangan melalui kabel ke sekelompok sel dalam chip memori, mengumpulkan elektron ke gerbang yang benar.

Chip memori dalam SSD adalah perpustakaan sel yang sangat besar yang menampung jutaan elektron dalam urutan tertentu. Pengontrol flash membaca perintah itu dengan memeriksa muatan setiap sel. Kemudian memproses informasi untuk dibaca oleh komputer host.

6 dari 7 halaman

Kelebihan SSD

Melansir Digitaltrends, kelebihan SSD adalah:

Tidak ada bagian yang bergerak

Masalah besar dengan bagian yang bergerak di hard drive adalah bahwa mereka adalah titik kegagalan yang signifikan. Jika salah satu bagian yang bergerak rusak, seluruh drive menjadi tidak dapat digunakan. SSD tidak memilik bagian yang bergerak. Keandalan ini membuat SSD bagus untuk hard disk eksternal portabel. SSD memiliki batasan masa pakai, tetapi umumnya lebih tahan lama dan andal.

Kecepatan

SSD adalah driver yang dapat menulis atau membaca data dengan kecepatan luar biasa dibandingkan dengan HDD. Ia bahkan berguna untuk mentransfer blok data yang besar. Lebih penting lagi, waktu akses acak mereka dalam mikrodetik daripada milidetik. Itulah mengapa sistem SSD melakukan booting dengan sangat cepat, game dimuat dengan sangat cepat, dan sistem berbasis teknologi SSD terasa cepat dan responsif.

Mobilitas

SSD lebih kecil dan lebih ringan dari drive sebelumnya. Perkembangan ini memungkinkan untuk membuat laptop, tablet, dan perangkat seluler ultra-tipis saat ini. SSD tertipis hanya memiliki lebar milimeter dan panjang hanya beberapa inci, menjadikannya ideal untuk perangkat berkecepatan tinggi terkecil.

7 dari 7 halaman

Kelebihan SSD

Tingkat kegagalan yang rendah

Setelah bertahun-tahun pengembangan, kerusakan SSD jauh lebih jarang daripada HDD. Mereka juga mempertahankan kecepatannya sepanjang masa pakainya. Tingkat kegagalan yang rendah disebabkan oleh peningkatan material yang meluas dan fitur-fitur seperti kode koreksi kesalahan (ECC) yang menjaga SSD tetap berada di jalur yang benar.

Ukuran dan desain

SSD adalah driver yang bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tergantung pada berapa banyak chip yang mereka miliki dan susunan chip secara keseluruhan. Mereka dapat masuk ke dalam slot kartu grafis, ruang drive 2,5 inci, dan slot M.2.

Masa pakai lebih lama

Setiap SSD memiliki masa pakai yang dibatasi oleh keausan pada kemampuan drive untuk menyimpan muatan listrik yang dikirim ke sana dengan benar. Umur hard drive biasanya diukur dalam jumlah terabyte yang dapat ditulis ke drive sebelum sel flash terdegradasi. Itu bisa sama dengan satu dekade atau lebih penggunaan untuk pembeli biasa. Penelitian telah menunjukkan bahwa SSD tidak hanya bertahan lebih lama daripada HDD.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat