uefau17.com

8 Doa Syukur Atas Nikmat Allah SWT yang dapat Dilafalkan Umat Islam - Hot

, Jakarta Doa syukur atas nikmat Allah SWT perlu dilafalkan umat Islam setiap harinya. Pasalnya, ada begitu banyak nikmat yang dilimpahkan Allah SWT kepada setiap hamba-Nya. Bahkan nikmat yang Allah SWT berikan tidaklah terhitung, ada yang dapat disadari dan ada juga yang tidak disadari.

Apalagi saat seorang muslim bersyukur, maka Allah SWT akan menambah nikmat kepadanya. Jadi, bersyukur dan melafalkan doa syukur tentunya sangat penting dilakukan oleh umat Islam. Islam mengajarkan kepada umatnya agar selalu bersyukur dalam menjalani hidup.

Doa syukur bisa kamu temui di dalam Al-Qur'an maupun hadits. Kamu perlu melafalkannya setiap hari mengingat betapa besarnya nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya. Mulai dari nikmat sehat, rezeki, hingga nikmat kebebasan yang kamu rasakan. 

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/3/2023) tentang doa syukur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Syukur Atas Nikmat Allah SWT dalam Al-Qur'an

Doa syukur atas nikmat Allah SWT yang pertama bisa kamu temui di dalam Al-Quran. Doa syukur ini terdapat dalam Surah An-Naml ayat 19. Berikut bunyi doa syukur atas nikmat Allah SWT:

Rabbi aw zi’niy an asykura ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa adkhilniy birahmatika fiy ‘ibadikashshaalihiin.

Artinya:

"Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS An-Naml ayat 19)

 

Doa Syukur dan Pujian Kepada Allah SWT

Doa syukur dan pujian kepada Allah SWT ini juga bisa kamu lafalkan setiap harinya. Doa syukur ini  berisi wujud rasa syukur dan pujian kepada Allah SWT yang menjamin tambahan nikmat bagi orang-orang yang bersyukur. Berikut doa syukur:

Alhamdulillahi rabbil 'alamin khamdan katsira yuwafi ni'amahu wa yukafiu mazidahu.

Artinya:

"Segala puji Allah Tuhan semesta alam, pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya."

3 dari 5 halaman

Doa Syukur dan Selalu Mengingat Allah SWT

Berikut doa syukur yang bisa kamu lafalkan setiap harinya:

Allaahumma a-'innii 'alaa dzikrika wa syukrika wa husni 'ibaadatik.

Artinya:

"Ya Allah, bantulah aku untuk senantiasa mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu."

 

Doa Syukur Diberi Kesehatan

Berikut doa syukur atas nikmat kesehatan yang diperoleh dari Allah SWT setiap harinya:

Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni'matan minhu wa fadhlan. Allahummaj'alna laka minasy syakirin. Alhamdulillaahil ladzi 'afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qad ibtuliya fima madla min 'umri. Allahumma 'afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina 'adzaban nar.

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan siang hari dan mendatangkan malam untuk waktu beristirahat sebagai nikmat dan karunia dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan aku hari ini. Telah banyak cobaan yang telah aku jalani dari umurku. Ya Allah, sehatkan aku dari sisa umurku, dan dikhirat lindungilah aku dari siksa neraka."

4 dari 5 halaman

Doa Syukur Dapat Rezeki

Berikut doa syukur saat mendapatkan rezeki dari Allah SWT:

Ya ghaniyyu ya hamidu ya mubdiu ya mu'idu ya rahimu ya wadudu, aghnini bihalalika 'an haramika wakfinii bifadllika 'amman siwaka.

Artinya:

"Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Menciptakan makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku dengan yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku dengan anugerah-Mu dari pemberian selain dari diri-Mu." 

 

Doa Syukur Diberi Kelapangan Hati

Berikut doa syukur diberi kelapangan hati dari Allah SWT:

Allahumma radldlini bi qadlaika wa shobbirni 'ala balaika wa awzi'ni syukra ni'amaika.

Artinya:

"Ya Allah, jadikan aku ridha dalam menerima qadha (ketentuan)-Mu, dan jadikan aku sabar dalam menerima bala dari-Mu, dan tunjukilah aku untuk mensyukuri semua nikmat-nikmat-Mu."

5 dari 5 halaman

Doa Bersyukur Sehari-hari

Berikut doa syukur atas nikmat yang diperoleh dari Allah SWT setiap harinya:

Allahumma anta khalaqta nafsi wa anta tawaffaha laka mamatuha wa mahyaha in ahyaytaha fahfazha, wa in amattaha faghfir laha. Allahumma inni as’alukal 'afiyah.

Artinya:

"Ya Allah, Engkau telah menciptakan jiwaku, dan Engkau juga yang akan mengambilnya. Mati dan hidup jiwa ini adalah milik-Mu. Jika Engkau memberikan nyawa pada jiwa itu, tolong jagalah. Tapi jika Engkau cabut nyawa itu, tolonglah ampuninya. Aku memohon pada-Mu keselataman (agama dan duniaku)."

 

Doa Syukur Atas Nikmat Allah SWT

Berikut doa syukur atas nikmat yang diperoleh dari Allah SWT setiap harinya:

Fa tabassama daahikam ming qaulihaa wa qaala rabbi auzi'nii an asykura ni'matakallatii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala saalihan tardaahu wa adkhilnii birahmatika fii 'ibaadikas-saalihiin

Artinya:

"Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat