uefau17.com

40 Contoh Kalimat Pembuka Doa Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan - Hot

, Jakarta - Buka puasa bersama di bulan Ramadhan telah menjadi fenomena yang sangat populer di Indonesia, baik di kalangan keluarga, teman-teman, maupun masyarakat umum. Tradisi ini menjadi momen yang sangat dinantikan setiap tahunnya, karena selain dapat beribadah bersama, juga dapat saling berbagi dan menguatkan tali silaturahmi.

Di acara buka puasa bersama, untuk momen berdoa baiknya disegerakan dan dilakukan bersamaan. Saat membuat kalimat pembuka sebelum memasuki acara doa buka puasa bersama, ada baiknya untuk memulainya dengan ucapan syukur.

Jika acara doa buka puasa bersama dilakukan dalam acara formal atau bersama rekan kerja, pastikan untuk memilih kata-kata yang sopan dan menghormati semua pihak yang hadir. Sementara itu, ketika melakukan acara doa buka puasa bersama bersama anak yatim atau teman-teman lama, usahakan untuk memberikan motivasi dan semangat.

Sampaikan pesan tentang kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama, serta ajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut ulas lebih mendalam tentang contoh doa buka puasa bersama di bulan Ramadhan, Kamis (23/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buka Bersama Keluarga

Contoh doa buka puasa bersama di bulan Ramadhan di acara keluarga:

  1. "Marilah kita mulai acara buka puasa bersama dengan membaca doa..."
  2. "Sebelum kita menikmati hidangan yang telah disediakan, ayo kita bersama-sama mengucapkan doa buka puasa..."
  3. "Dalam rangka mempererat tali silaturahmi, mari kita membuka acara buka puasa bersama dengan doa..."
  4. "Saatnya untuk membuka puasa dan mari kita memulainya dengan membaca doa bersama-sama..."
  5. "Hadirin sekalian, ayo kita ucapkan doa buka puasa bersama sebelum kita menikmati hidangan yang telah disediakan..."
  6. "Dalam suasana penuh berkah ini, ayo kita berdoa bersama-sama sebelum kita memulai acara buka puasa..."
  7. "Sebelum kita memulai santap malam ini, mari kita membaca doa buka puasa bersama-sama..."
  8. "Di tengah-tengah keluarga dan kesempatan berbuka bersama, mari kita mengucapkan doa buka puasa dengan hati yang khusyuk..."
  9. "Saatnya untuk membuka puasa, mari kita bersama-sama merenungkan makna doa buka puasa ini sebelum kita memulai acara buka puasa bersama..."
  10. "Dalam suasana kebersamaan ini, mari kita memulai acara buka puasa dengan membaca doa bersama-sama sebagai tanda syukur dan penghargaan kita kepada Allah SWT."

Buka Bersama di Acara Resmi

Contoh doa buka puasa bersama di bulan Ramadhan di acara resmi atau formal:

  1. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat datang di acara buka puasa bersama di bulan Ramadhan.
  2. Bismillahirrahmanirrahim, marhaban ya Ramadhan. Mari kita mulai dengan doa bersama sebelum berbuka.
  3. Alhamdulillah, kita bisa berkumpul di acara buka puasa bersama ini. Sebelum memulai, mari kita mulai dengan membuka acara ini dengan doa.
  4. Subhanallah, waktu berbuka sudah tiba. Sebelum kita memulai untuk makan bersama, mari kita mulai dengan membuka acara ini dengan doa bersama.
  5. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada kesempatan ini, mari kita memulai acara buka puasa bersama dengan doa bersama.
  6. Selamat datang di acara buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan. Sebelum kita memulai makan, mari kita mulai dengan membuka acara ini dengan doa.
  7. Bismillahirrahmanirrahim, marhaban ya Ramadhan. Sebelum kita berbuka puasa, mari kita mulai dengan doa bersama.
  8. Alhamdulillah, kita semua bisa berkumpul di acara buka puasa bersama ini. Sebelum kita memulai untuk berbuka, mari kita mulai dengan membuka acara ini dengan doa bersama.
  9. Subhanallah, kita sudah sampai pada waktu berbuka puasa. Sebelum kita memulai untuk makan bersama, mari kita mulai dengan membuka acara ini dengan doa.
  10. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, mari kita mulai acara buka puasa bersama ini dengan doa bersama, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan ini.
3 dari 4 halaman

Buka Bersama Teman Lama

Contoh doa buka puasa bersama di bulan Ramadhan saat bertemu teman-teman lama yang sudah sangat akrab:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, alhamdulillah akhirnya kita bisa berkumpul lagi dan berbuka puasa bersama-sama.
  2. Selamat malam teman-teman, mari kita memulai berbuka puasa dengan berdoa bersama untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT.
  3. Salam sejahtera untuk semua, semoga malam ini kita bisa mempererat silaturahmi dan mendapatkan keberkahan dari-Nya saat berbuka puasa.
  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, mari kita bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah mempertemukan kita di malam yang penuh berkah ini.
  5. Selamat malam sahabat-sahabatku, semoga doa kita saat berbuka puasa bersama ini diterima dan memberikan berkah untuk kita semua.
  6. Salam sejahtera untuk kita semua, mari kita bersama-sama memohon ampunan dan rahmat Allah SWT saat memulai berbuka puasa malam ini.
  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, alhamdulillah kita bisa berkumpul lagi di malam yang penuh keberkahan ini untuk berbuka puasa bersama-sama.
  8. Selamat malam teman-teman, mari kita mulai berbuka puasa dengan mengucapkan syukur dan berdoa bersama di hadapan Allah SWT.
  9. Salam sejahtera untuk semua, semoga kita bisa memperoleh keberkahan dan rahmat Allah SWT saat berbuka puasa bersama-sama malam ini.
  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, mari kita memulai berbuka puasa dengan membuka hati dan berdoa bersama agar segala kebaikan selalu menghampiri kita.

Buka Bersama Anak Yatim Piatu

Contoh doa buka puasa bersama di bulan Ramadhan dengan anak-anak di panti asuhan:

  1. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat datang di acara buka puasa bersama di bulan Ramadhan bersama anak-anak di panti asuhan ( ... ). Sebelum memulai makan, mari kita membuka acara ini dengan doa bersama.
  2. Bismillahirrahmanirrahim, marhaban ya Ramadhan. Hari ini kita berkumpul untuk buka puasa bersama di panti asuhan ( ... ). Sebelum kita memulai, mari kita membuka acara ini dengan doa bersama.
  3. Alhamdulillah, kita semua bisa berkumpul di acara buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan ini. Sebelum kita memulai makan, mari kita membuka acara ini dengan doa bersama.
  4. Subhanallah, pada hari yang indah ini kita berkumpul bersama di panti asuhan ( ... ) untuk berbagi kebahagiaan dan kasih sayang. Mari kita membuka acara buka puasa bersama ini dengan doa.
  5. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, hari ini kita berkumpul untuk buka puasa bersama di panti asuhan ( ... ). Sebelum kita makan, mari kita membuka acara ini dengan doa bersama.
  6. Selamat datang di acara buka puasa bersama di bulan Ramadhan bersama anak-anak di panti asuhan ( ... ). Sebelum kita memulai, mari kita membuka acara ini dengan doa bersama.
  7. Bismillahirrahmanirrahim, pada kesempatan yang baik ini, mari kita membuka acara buka puasa bersama di panti asuhan ( ... ) dengan doa bersama.
  8. Alhamdulillah, kita semua bisa bersama-sama di acara buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan ini. Sebelum kita memulai makan, mari kita membuka acara ini dengan doa bersama.
  9. Subhanallah, hari ini kita berkumpul bersama di panti asuhan ( ... ) untuk merayakan bulan Ramadhan. Sebelum kita memulai, mari kita membuka acara buka puasa bersama ini dengan doa.
  10. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada kesempatan ini, mari kita membuka acara buka puasa bersama di panti asuhan ( ... ) dengan doa bersama, semoga kebersamaan kita tetap terjaga dan selalu diberikan kebahagiaan serta keberkahan di bulan suci Ramadhan ini.
4 dari 4 halaman

Lafal Doa Buka Puasa Bersama

Doa buka puasa bersama di bulan Ramadhan dengan doa buka puasa sendiri memiliki kesamaan dalam hal tujuan dan maksudnya. Kedua jenis doa buka puasa tersebut dibaca pada saat berbuka puasa, sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon keberkahan serta ampunan-Nya.

Dalam buku berjudul Buka Puasa Bersama Rasulullah SAW: Hati-hati Jangan Sampai Puasa Anda Menjadi Sia-sia! oleh Muhammad Ridho al-Thurisinai, Rasulullah menganjurkan untuk menghindari menunda-nunda termasuk mengakhirkan berbuka puasa, termasuk di acara buka puasa bersama.

Ada enam versi doa buka puasa bersama di bulan Ramadhan yang umumnya dipanjatkan umat muslim yang lansir dari berbagai sumber. Saat berdoa, sebaiknya doa tersebut dilakukan dengan khushu' serta dilakukan dengan keyakinan dan keikhlasan dalam hati.

Hadis riwayat Abu Dawud dari Abdullah bin Umar r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seseorang di antara kalian berbuka, hendaklah ia berdoa dengan doa ini."

1. اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ أَمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Doa buka puasa "Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa 'ala rizqika aftartu"

(Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka)

2. اللَّهُمَّ إِنِّي لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ

Doa buka puasa "Allahumma inni laka sumtu wa bika amantu wa 'ala rizqika aftartu faghfirli ma qaddamtu wa ma akhkhartu"

(Artinya: Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang akan datang)

3. اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Doa buka puasa “Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ”

(Artinya: Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.)

4. ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ الله

Doa buka puasa “Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah”

(Artinya: Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan)

5. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي

Doa buka puasa "Allahumma inni as'aluka bi rahmatika al-lati wasi'at kulla shai'in an taghfira li"

(Artinya: Ya Allah, dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, aku memohon agar Engkau mengampuni dosa-dosaku)

6. اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ العَلِيمُ

Doa buka puasa "Allahumma taqabbal minni innaka antas sami'ul 'alim"

(Artinya: Ya Allah, terimalah amal ibadahku, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat