uefau17.com

Saat Hijrah Ke Madinah Usman Bin Affan Dipersaudarakan dengan? Simak Sejarahnya - Hot

, Jakarta Saat hijrah ke Madinah, Usman bin Affan dipersaudarakan dengan sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Abdurrahman bin Auf. Nabi Muhammad SAW melakukan persaudaraan antara kedua sahabat ini sebagai tanda persatuan dan kebersamaan dalam umat Islam yang baru terbentuk di Madinah. 

Persaudaraan ini diikuti oleh seluruh sahabat yang hijrah ke Madinah sebagai tindakan konkret dalam membangun komunitas Islam yang kuat dan bersatu. Usman bin Affan kemudian menjadi salah satu sahabat yang paling dekat dengan Nabi Muhammad SAW dan memainkan peran penting dalam sejarah awal Islam.

Usman bin Affan kemudian menjadi salah satu tokoh penting dalam perkembangan agama Islam, Usman bin Affan adalah salah satu dari sedikit sahabat Nabi yang bisa membaca dan menulis, dan dia memainkan peran penting dalam menyusun Alquran selama masa jabatannya sebagai khalifah.

Untuk lebih mengenal dengan baik siapa Usman bin Affan, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Senin (13/3/2023). Biografi Usman bin Affan dalam sejarah Islam.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Profil Uman bin Affan

Utsman bin Affan lahir di Taif, dekat Mekkah kira-kira enam tahun setelah Tahun Gajah. Hak kesulungan Utsman adalah Klan Umayyah (Banu Ummaya) yang kaya raya dari suku Quraisy di Mekkah. Dia dikatakan sebagai orang yang sangat jujur ​​dan pemalu yang juga memiliki kepribadian yang kuat. Seorang yang sederhana, jujur, lemah lembut, dermawan dan sangat ramah, Utsman juga terkenal akan kesalehannya. 

Sebagai seorang mukmin sejati dan murah hati, dia dikenal memiliki keinginan untuk menyenangkan Allah dan mengorbankan semua perdagangan dan hartanya untuk mendukung Islam. Dia juga diketahui menghabiskan malam untuk berdoa, menjalankan puasa hampir sepanjang hari dan melakukan haji setiap tahun. Utsman mengetahui Al-Qur'an dari hafalannya dan diketahui memiliki pengetahuan yang mendalam tentang konteks dan keadaan di mana setiap ayat terkait.

Terlepas dari asuhannya yang istimewa, Utsman mempertahankan gaya hidup tanpa kemewahan dan pengejaran harta duniawi. Begitulah kerendahan hatinya sehingga ia dikenal hidup sederhana meski kaya raya dan dikenal sering tidur di atas pasir kosong di halaman Masjid Nabawi.

Konon, kedermawanan Utsman tidak bisa ditandingi oleh siapa pun, kecuali Abu Bakar RA. Selain kontribusi signifikan yang diberikan selama penaklukan Negara Islam, Utsman berinisiatif untuk memberikan sedekah dan merawat para janda dan anak yatim. Itu juga merupakan kebiasaan baginya untuk membebaskan seorang budak setiap hari Jumat.

Utsman memiliki kesabaran yang tak tertandingi karena dia telah mempertahankan keanggunan, ketenangan, dan ketenangannya saat menghadapi tantangan dalam hidup. Ini adalah sifat yang tak ternilai yang membuatnya tetap berada di atas papan dan bahkan lunas ketika dia memimpin negara Islam setelah wafatnya khalifah kedua, Umar ibn Al-Khattab RA.

3 dari 7 halaman

Sebelum Mengenal Islam

Utsman adalah seorang pedagang terkenal dan sukses yang meraup untung dengan memberi kepada yang membutuhkan. Setelah ayahnya meninggal pada usia dini, Utsman terus menjalankan bisnis keluarga dengan keuntungan yang besar sehingga mampu meningkatkan karya amalnya.

Utsman bukanlah orang yang mencari hiburan dan lagu serta kesenangan materi lainnya. Dia adalah seorang pria dengan prinsip dan moral yang tinggi dan memiliki pikiran dan tindakan yang murni. Beliau bersabda: “Kekhawatiran dunia adalah kegelapan di hati, tetapi kekhawatiran terhadap akhirat adalah cahaya di hati.”

Kekayaan Utsman bertambah dan karena itu, dia dianggap sebagai salah satu orang dari Bani Umayyah yang dijunjung tinggi oleh seluruh suku Quraisy. Pada saat itu laki-laki dihormati karena kekayaan mereka dan jumlah anak dan saudara laki-laki yang mereka miliki. Utsman dianggap sebagai orang yang berstatus tinggi di antara rakyatnya, dan dia sangat dicintai.

 

Mengenal Dan Masuk Islam

Berdasarkan perjalanannya, terutama ke Yaman atau Suriah, Utsman telah mengenal berbagai orang dan kepercayaan mereka, mengembangkan pengetahuan tentang adat dan budaya mereka. Pengalaman ini meningkatkan pemahamannya tentang orang-orang di sekitarnya sambil mempengaruhi ide dan pemikirannya sendiri tentang kehidupan Arab dan penyembahan berhala. Suatu malam, dalam perjalanan pulang dari Syria, Utsman hendak tertidur ketika dia mendengar suara memanggil: “Wahai orang-orang yang tertidur, bangunlah, karena Ahmad telah muncul di Mekkah.”

Ketika dia mengetahui agama baru dan Nabi SAW, Utsman berjalan ke Abu Bakar yang dia kenal sebagai teman dekat Muhammad SAW dan yang sudah masuk Islam. Menanggapi desakan Abu Bakar untuk menolak penyembahan berhala palsu dan menerima keyakinan kepada Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa, Utsman mendatangi Muhammad SAW. 

Nabi Muhammad SAW menyambut Utsman dan menceritakan pengalamannya di Gunung Hira, saat menerima wahyu pertama. Utsman sangat senang mendengar hal ini dan menceritakan kejadian di Syria yang menceritakan tentang kedatangan seorang Nabi di Mekkah. Nabi SAW mengulurkan tangannya, yang digenggam Utsman dengan hormat, dan menyatakan "Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah Nabi-Nya." Utsman berusia tiga puluh empat tahun dan merupakan salah satu Muslim paling awal.

Perpindahan Utsman ke Islam menimbulkan reaksi kekerasan dan dia tidak dikecualikan meskipun keluarganya berdiri di masyarakat. Dia harus menderita murka pamannya sendiri, Al Hakam bin Abi Al-Aas yang mengikatnya dan mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan dibebaskan sampai dia kembali ke agama lama nenek moyangnya. Utsman berkata: “Demi Allah, aku tidak akan pernah melepaskannya atau meninggalkannya.” Utsman akhirnya dibebaskan ketika dia tetap teguh pada keyakinannya dan terus menjunjung tinggi agama.

4 dari 7 halaman

Kontribusi Usman bin Affan dalam Perkembangan Islam

1. Menantu Nabi Muhammad SAW

Karena masuk Islam, Utsman harus berpisah dengan istri-istrinya yang menolak masuk Islam. Dia berduka dan tertekan oleh hal ini, tetapi kecintaannya pada Islam lebih berharga baginya. Nabi Muhammad SAW sangat terkesan dengan pengorbanannya, sehingga ia menikahkan putri keduanya, Ruqayya, dengan Utsman. Dikatakan bahwa Utsman dan Ruqayyah adalah pasangan yang unik, karena Utsman adalah orang yang paling cantik di antara para pria, sedangkan Ruqayya adalah yang paling cantik di antara para wanita.

Pernikahan dengan putri Nabi SAW telah mengangkat ikatan yang terjalin di antara mereka. Namun, pernikahan itu berumur pendek. Ruqayya jatuh sakit pada saat umat Islam berperang di Badar dan kemudian meninggal dunia ketika Nabi Suci SAW dan umat Islam berperang melawan Quraisy di medan perang Badar.

Sangat berduka atas kehilangan tersebut, Utsman diminta oleh Nabi SAW untuk menikahi putrinya yang lain, Ummu Kultsum. Ketika dia juga meninggal enam tahun kemudian, Nabi SAW mencatat kesedihan Utsman dalam cara berjalan dan ekspresi wajahnya dan berkata: "Seandainya kami memiliki putri ketiga, tentunya kami akan menikahinya denganmu." Sungguh suatu pengesahan ketika Nabi Allah SAW menganggap Anda layak menikahi putri-putrinya sendiri.

 

2. Hijrah Pertama

Serangkaian penganiayaan dimulai pada tahun keempat kenabian dan dipercepat dan diperparah dari hari ke hari. Pada tahun kelima hal itu mulai terlihat tidak dapat ditolerir oleh umat Islam dan Allah melihat hal ini ketika Dia memberitahukannya dalam Surat Az-Zumar bahwa inilah saatnya agama menyebar lebih jauh dengan hijrahnya segelintir umat Islam.

Surat Az-Zumar Ayat 10

قُلْ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ فِى هَٰذِهِ ٱلدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.

Di Rajab tahun kelima wahyu, sekelompok dua belas pria dan empat wanita, termasuk Utsman dan istrinya Ruqayya, berangkat ke Abyssinia (Ethiopia). Nabi SAW telah mengarahkan kelompok kecil ini untuk berhijrah karena beliau ingin menjaga umat Islam dari meningkatnya permusuhan. Dia memilih Abyssinia seperti yang pernah didengar tentang penguasa Kristen, Al Najashi, yang tidak mengizinkan segala bentuk penganiayaan di negerinya. Nabi SAW, saat berpamitan dengan Utsman dan Ruqayyah, mengatakan “Tidak diragukan lagi, merekalah yang pertama berhijrah kepada Allah setelah Nabi Allah, Luth AS.”

 

5 dari 7 halaman

Kontribusinya terus berlanjut ...

3. Migrasi Kedua dan Kesulitan yang Berlanjut di Yathrib (Medina)

Sekali lagi, Nabi telah meminta para sahabatnya dan Muslim lainnya untuk bermigrasi, kali ini ke Madinah, untuk menyelamatkan diri dari menanggung rencana jahat Quraisy lebih lanjut. Di antara imigran ke Madinah adalah Utsman dan Ruqayyah. Kaum Muslimin di Madinah miskin karena mereka meninggalkan harta duniawi mereka di Mekah. 

Banyak yang bergantung pada Ansar (penghuni Madinah) untuk mengadopsi seorang Muhajirin (emigran dari Mekkah) untuk mendukung mereka dalam mempertahankan mata pencaharian dan untuk bertahan hidup. Seorang pedagang Yahudi telah memanfaatkan kebutuhan akan kelangsungan hidup penduduk kota ketika dia menjual air (komoditas yang sangat berharga) dengan harga yang sangat tinggi. 

Utsman berinisiatif membebaskan mereka dari pengeluaran yang begitu tinggi. Dia menawarkan untuk membeli sumur di Rumah dari orang Yahudi itu tetapi hanya diizinkan untuk membeli setengahnya. Utsman kemudian menyuruh kaum Muslimin untuk membeli air secukupnya untuk dua hari setiap kali tiba gilirannya untuk menjual air, sehingga menghindari pembelian air pada hari kedua saat giliran orang Yahudi menggunakan sumur tersebut. 

 

4. Bay’a Al Ridwan

Pada tanggal 1 Dzul Qa'idah, tahun keenam Hijrah, Nabi bersama 1.400 Muslim dari Madinah memulai perjalanannya ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Saat mereka melakukan perjalanan, mereka mendengar bahwa suku Quraisy tidak mengizinkan mereka memasuki kota. Setelah mencapai Hudaibiyah, Nabi mengirim tiga utusan ke Mekah untuk meyakinkan mereka agar mengizinkan haji karena itu satu-satunya niat mereka. Setiap kembali tidak berhasil. Nabi kemudian mengutus Utsman untuk menyemangati kaum beriman laki-laki dan perempuan yang masih berada di Mekkah dengan kabar bahwa Allah akan membuat agama mereka menang.

Utsman memasuki Mekah di bawah perlindungan Abban bin Sayeed Umwi dan menyampaikan pesan tersebut. Kaum Quraisy menawarkan kesempatan untuk melakukan tawaf tetapi dia menolak selama Nabi dihalangi untuk melakukannya. Kaum Quraisy kemudian memutuskan untuk menahan Utsman, mungkin ingin memastikan bahwa mereka memiliki “kartu untuk dimainkan” dalam negosiasi dengan kaum Muslim, tetapi hal ini menimbulkan desas-desus bahwa dia telah menderita kematian di tangan kaum Quraisy.

Kematian seorang utusan sering dianggap sebagai pernyataan perang dan Nabi bersiap untuk konfrontasi di Mekkah. Nabi Muhammad SAW menyerukan para pengikutnya untuk bersumpah bahwa mereka akan tetap berada di medan perang dan berperang sampai mati, bahwa mereka tidak akan lari dan akan berdiri atau jatuh bersama untuk membalas kematian Utsman. 

Dengan satu tangan di tangan yang lain, Nabi berkata, “Ini adalah janji atas nama Utsman”. Ikrar itu telah menyenangkan Allah tetapi untungnya tidak perlu ditindaklanjuti karena Utsman muncul segera setelah itu. Allah menurunkan sebuah ayat dalam Surat Al-Fath mengacu pada kesucian perjanjian:

Surat Al-Fath Ayat 10

إِنَّ ٱلَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ ٱللَّهَ يَدُ ٱللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ ۚ فَمَن نَّكَثَ فَإِنَّمَا يَنكُثُ عَلَىٰ نَفْسِهِۦ ۖ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِمَا عَٰهَدَ عَلَيْهُ ٱللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

Artinya: Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah maka Allah akan memberinya pahala yang besar.

6 dari 7 halaman

Tetap berkontribusi setelah kematian Nabi Muhammad SAW ...

5. Khalifah Ketiga

Utsman bin Affan terpilih sebagai khalifah ketiga setelah wafatnya Umar bin Al-Khattab. Reaksi terhadap pemilihan Utsman sangat baik. Setelah pemerintahan Umar yang keras, masyarakat menyambut baik pemerintahan Usman yang lunak.

Setelah menerima janji setia, dia berdiri dan berkata: “Dunia ini menyiratkan kesia-siaan, jadi jangan biarkan dunia menyesatkanmu dan jangan biarkan penipu merayumu. Perlakukan dunia ini sebagaimana Allah memperlakukannya, dan carilah akhirat, karena Allah memberi perumpamaan tentang dunia ini ketika Dia berfirman: “Aturlah perumpamaan kehidupan dunia ini: itu seperti hujan yang kami turunkan dari langit: tumbuh-tumbuhan di bumi menyerapnya, tetapi segera menjadi tunggul kering, yang diterbangkan angin: (hanya) Allah yang berkuasa atas segala sesuatu. Harta dan anak laki-laki adalah daya pikat kehidupan dunia ini, tetapi yang bertahan lama adalah amal shalih, yang paling baik di sisi Tuhanmu, sebagai pahala, dan paling baik sebagai (landasan) harapan.”

Pada masa pemerintahan Utsman, ciri-ciri kekhalifahan Abu Bakar dan Umar, keadilan menyeluruh bagi semua, dan kebijakan-kebijakan manusiawi yang dianut. Dia terus berjuang di jalan Allah dan perluasan Islam terus berlanjut.

 

6. Perluasan Daulah Islam

Setelah pengangkatannya, Utsman mengirimkan surat kepada para gubernurnya yang menguraikan kebijakan yang diusulkannya dan mengingatkan mereka bahwa sebagai penguasa, Allah telah mengingatkan mereka bahwa peran mereka adalah untuk melindungi masyarakat dan bukan menjadi pemungut pajak. Kepentingan semua Muslim harus diperhatikan dan bahkan dengan musuh, perilaku mereka harus lurus.

Karena beberapa tanah di Irak dan Iran yang ditaklukkan oleh umat Islam memberontak setelah kematian Umar, Utsman telah mengarahkan gubernur Kufah di Irak, Al Waleed bin Uqbah untuk memperkuat kekuatan mereka. Pemberontakan di Ray, Iran dan Alexandria, Mesir juga dipadamkan. Di bawah komando Salman Al Farsi sepuluh ribu tentara dikirim ke Suriah untuk mengalahkan Romawi yang telah menyerang perbatasan Muslim. Ini membuka jalan untuk penaklukan lebih lanjut di Asia Kecil dan lebih jauh ke pantai Laut Hitam.

Dari Mesir dan ke pantai Afrika hingga ujung barat, Abdullah bin Abi As-Sarh memastikan penaklukan tentara Muslim. Dengan perluasan Negara Islam, tampaknya perlu untuk membentuk kekuatan angkatan laut untuk memfasilitasi perjalanan tentara melintasi Kekaisaran Bizantium dan ke Eropa dan Afrika. Utsman memberikan izin kepada Gubernur Syria, Mu'awiyah bin Abi Sufyan untuk membentuk armada pada tahun ke-28 setelah Hijrah. Formasi angkatan laut ini menyebabkan penaklukan Siprus.

Sementara Daulah Islam telah berkembang ke segala arah, sebagian besar penduduk negeri-negeri yang ditaklukkan telah menerima Islam. Mereka yang telah memilih untuk mempertahankan agamanya diperlakukan dengan adil dan penuh belas kasihan. Utsman memberikan perintahnya bahwa penaklukan harus melampaui daerah-daerah yang memberontak ke perbatasan yang lebih jauh dan lebih jauh, sehingga akan tetap ada sisi atau wilayah terjauh negara, yang dapat dengan mudah memberontak kapanpun mereka mau.

7 dari 7 halaman

Pemberontakan dan Akhir Hidup Usman Bin Affan

Utsman memerintah selama dua belas tahun. Sementara enam tahun pertama ditandai dengan ketenangan batin dan ketenangan, pemberontakan meningkat selama paruh kedua kekhalifahannya. Ketika negara Islam berkembang pesat di bawah pemerintahannya, begitu pula kumpulan orang-orang munafik yang berpura-pura menerima Islam tetapi berusaha mengganggu dan menghancurkan negara. Pemberontak telah mengumpulkan ribuan untuk memberontak melawan pemerintahan Utsman.

Orang-orang Yahudi dan Majusi, memanfaatkan ketidakpuasan di antara orang-orang mulai bersekongkol melawan Utsman, dan secara terbuka menyampaikan keluhan dan keluhan mereka. Mereka mendapatkan simpati dan segera sulit untuk membedakan teman dari musuh. Saat itu Utsman berusia 82 tahun. Dia tidak mengharapkan pemberontakan dan akhirnya enggan melihat pertumpahan darah di negaranya.

Pemberontakan di Kufah dan Mesir tampaknya ditakdirkan untuk menimbulkan kekacauan di dalam negara. Tuduhan keji berlimpah dan beredar merajalela terhadap Utsman. Agar artikel ini singkat, kami tidak akan memeriksanya secara rinci tetapi cukup untuk mengatakan bahwa semua tuduhan ini tidak berdasar atau di luar konteks.

Riak ketidakpuasan dan pertikaian menyebar, tetapi Utsman menolak untuk mengakui laporan tersebut dan permintaan penasehatnya untuk memadamkan kerusuhan. Karena kejujuran dan kepribadiannya yang terus terang, dia tidak menggunakan dana dari perbendaharaan untuk mempekerjakan penjaga tambahan untuk dirinya dan rumahnya.

Sekelompok pemberontak bersenjata berbaris ke Madinah dan ditemui oleh Ali bin Abi Thalib di pinggiran, yang menjelaskan kesesatan dan kebohongan rumor tersebut kepada mereka. Permohonan itu tidak dihiraukan, dan mereka terus maju untuk menghadapi Utsman dan mengepung rumah tangganya untuk waktu yang lama. Ali bin Abi Thalib mengutus putra-putranya Al-Hasan dan Al-Husain beserta beberapa orang lainnya untuk membela Utsman tetapi mereka menolak untuk melawan para pemberontak karena takut menyebabkan kematian umat Islam.

Pemberontak menuntut agar Utsman turun tahta, dan memang beberapa Sahabat menasehatinya untuk melakukannya. Dia menjawab “Demi Allah, saya tidak akan menjadi penerus pertama Rasulullah SAW untuk memimpin bangsanya ke pertumpahan darah… Saya tidak akan berangkat dari tanah air hijrah saya, atau lingkungan Rasulullah SAW selama saya saya hidup.”

Muslim ibn Sa'eed, seorang budak Utsman yang dibebaskan, melaporkan bahwa suatu hari selama pengepungan yang lama, Utsman membebaskan dua puluh budak. Setelah itu dia berkata, “Aku melihat Rasulullah SAW dalam mimpi, serta Abu Bakar dan Umar, dan mereka berkata kepadaku 'Bersabarlah, karena kamu akan segera berbuka puasa bersama kami.' “Kemudian dia meminta salinan Al-Qur'an dan dia membukanya di depannya.

Para pemberontak kemudian masuk ke rumah Utsman dengan membakar pintu dan masuk ketika tidak ada sahabat yang bersamanya. Ibn Asakir melaporkan bahwa ketika Utsman menerima pukulan pertama, dia berkata “Bismillah, tawakaltu ala Allah” (Dengan nama Allah, dan kepada Allah aku bersandar). Ketika darahnya bercucuran, dia mengucapkan “Subhanallah Al-Adhim” (Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

Utsman menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat sore, 17 Dhul-Hijjah, 35 А.Н. Para pemberontak yang ingin menjarah kekayaannya, membuka lemarinya dan menemukan sebuah kotak yang di dalamnya terdapat catatan yang berbunyi:

“Inilah wasiat Utsman di hadapan Allah: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Utsman bin Affan bersaksi bahwa tiada tuhan yang hakiki selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Surga itu benar dan Neraka itu benar, dan Allah akan membangkitkan semua orang pada Hari Pengadilan, karena Allah tidak akan pernah mengingkari janji-Nya.”

Kekuatan para pemberontak begitu besar sehingga jenazah Utsman tidak terkubur, disimpan di dalam rumahnya selama tiga hari sampai penduduk Madinah dapat menguburkannya, masih dengan pakaian berlumuran darah, tanpa kain kafan. Maka berakhirlah kehidupan martir dan pahlawan besar Islam lainnya. Dia adalah salah satu dari sepuluh sahabat Nabi yang diramalkan olehnya untuk menjadi salah satu penghuni surga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat