uefau17.com

Sufi Adalah Orang yang Mendalami Tasawuf, Ini Asal Usulnya - Hot

, Jakarta Sufi adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang yang dikenal sebagai ahli tasawuf atau sufisme. Sufi adalah orang-orang yang mengembangkan praktik keagamaan yang berfokus pada pengendalian diri yang ketat, untuk menghindari semua hal-hal yang berbau duniawi. Dan ilmu tasawuf adalah ilmu yang berfokus untuk membangun diri untuk menjauhi hal duniawi.

Ilmu tasawuf sendiri dikatakan telah ada sejak awal penciptaan manusia, karena kebijaksanaan adalah warisan segalanya, oleh karena itu tidak ada satu orang pun yang dapat dikatakan sebagai pendukung ilmu tasawuf pada awal perkembangannya. Ilmu Tasawuf telah menyebar secara luas dari waktu ke waktu seiring perkembangan dunia.

Saat ini sufi adalah istilah yang masih sering menimbulkan pertanyaan bagi mereka yang mendengarnya. Pengertian akan sufi mulai dari asal-usul hingga praktik penyelenggaraan ritualnya, kerap masih menjadi pertanyaan bagi banyak orang yang belum mengetahui tentang ilmu tasawuf atau sufisme.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Senin (20/2/2023) pengertian Sufi, asal-usulnya, serta ritual dan upacara dalam sufisme.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Sufi

Sufi adalah gerakan Muslim yang pengikutnya berusaha menemukan kebenaran dan cinta ilahi melalui perjumpaan langsung dengan Tuhan. Tasawuf muncul dari dalam Islam pada abad ke-8 hingga ke-9 Masehi sebagai gerakan asketis. Gerakan ini diberi nama Sufisme karena pakaian wol yang mereka kenakan sebagai tanda penolakan mereka terhadap hal-hal duniawi. 

Sufisme mengembangkan praktik keagamaan yang berfokus pada pengendalian diri yang ketat yang memungkinkan wawasan psikologis dan mistik serta kehilangan diri, dengan tujuan akhir penyatuan mistik dengan Tuhan. Gerakan sufi terdiri dari ordo persaudaraan di mana para pemimpin melatih dan membantu para murid dalam penguasaan prinsip filosofis dan praktik ritual tasawuf. 

Ritual dan praktik semacam itu termasuk menulis dan membacakan puisi dan himne; beberapa literatur dunia Islam yang paling terkenal dan indah telah ditulis oleh para sufi.  Para sufi terlibat dalam berbagai praktik ritual yang dimaksudkan untuk membantu mereka mewujudkan penyatuan dengan Tuhan, seperti bentuk-bentuk doa ritual yang berbeda.

Termasuk pembacaan nama-nama Tuhan, serta ritual-ritual tubuh seperti praktik-praktik yang disebut "Darwis Berputar", sebuah ordo Sufi Turki yang mempraktikkan meditasi dan kontemplasi kepada Tuhan melalui pemintalan.

3 dari 4 halaman

Asal-Usul Sufisme

Tasawuf pertama kali berkembang di Arab. Meskipun ajaran Nabi Muhammad SAW pada akhirnya dipandang sebagai model praktik keagamaan dan perilaku moral yang unggul oleh komunitas Muslim awal, sejumlah Muslim awal mencari cara untuk menjalankan praktik keagamaan mereka di luar kepatuhan terhadap hukum atau ritual sehari-hari yang diwajibkan oleh semua Muslim. 

Untuk melakukannya, para Muslim awal ini mengambil dari sumur tradisi Timur Dekat, termasuk Yudaisme dan Kristen, untuk mengembangkan praktik dan filosofi yang berpusat pada penanaman jiwa mereka. Di Timur Dekat ada tradisi asketisme dan praktik kontemplatif yang berkembang dan panjang yang berpusat pada pantang makan berlebihan, penekanan pada doa, dan pengembangan cara pengabdian yang diarahkan ke dalam.

Artinya menggabungkan unsur-unsur praktik Islam, seperti doa, dengan cara asketisme seperti yang mereka temukan di Timur Dekat. Kebiasaan baru, termasuk berkurangnya kenyamanan fisik dalam bentuk makanan, tidur, dan kekayaan merupakan bentuk penolakan duniawi yang menjadi ciri asketisme Kristen. 

Penolakan seperti itu tidak asing dengan tradisi Nabi Muhammad SAW, yang gaya hidup rendah hati dan persetujuannya seperti itu merupakan ciri dari hadits. Para pertapa Muslim awal benar-benar percaya bahwa kehidupan sederhana dari penolakan material lebih sesuai dengan pesan sejati Muhammad, sebuah masalah yang berpotensi menjadi rumit oleh meningkatnya kekayaan dan kekayaan kerajaan Islam selama abad ke-8 Masehi.

Istilah Sufi telah menjadi hal yang lumrah saat ini dan merupakan istilah yang mencakup semua mistikus Muslim, tetapi asal kata Sufisme, apalagi definisi istilahnya, masih agak kontroversial. Di satu sisi, itu mungkin berasal dari sekelompok orang yang dikenal sebagai Ahl al-Suffah (orang-orang Al-Suffah) yang hidup pada masa hidup Nabi Muhammad SAW, di abad ke-7. 

Interpretasi lain dari istilah Sufi berasal dari kata "shaf" atau baris, dalam bahasa Arab, yang mengacu pada "barisan pertama yang berdiri di hadapan Tuhan" atau orang-orang pilihan spiritual. Ini adalah etimologi yang fantastis, tetapi mencerminkan integritas dari beberapa definisi tasawuf. 

Konsepsi populer lainnya yang dipegang oleh para sejarawan semasyhur Ibn Khaldoun (1332-1406) dan yang terkait dengan asketisme adalah bahwa istilah tersebut berasal dari pakaian wol kasar (bahasa Arab untuk wol adalah "suf") yang dikenakan oleh para sufi.

Sufi awal mungkin juga dikaitkan dengan gerakan pinggiran yang disebut Sufiyya, yang awalnya terpinggirkan karena pendiriannya yang terang-terangan antinomian (istilah yang menunjukkan pembebasan dari kewajiban untuk mengikuti hukum agama). Sementara antinomianisme secara umum dapat ditafsirkan sebagai semacam pengabaian terhadap hukum, dalam hal ini menyiratkan penyelidikan mistik tentang mengapa praktik diatur oleh hukum pada tempat pertama. 

Artinya, dari perspektif antinomian, mempraktikkan Islam melalui ritus-ritus yang ditentukan seperti shalat dan puasa bukanlah tujuan itu sendiri; itu penting, tetapi hanya sarana untuk mendisiplinkan jiwa dan mensucikan diri. Tujuan spiritual itu, pemurnian, adalah hasil yang diinginkan.

Akan tetapi, ada kemungkinan kelompok sufi awal ini disalahartikan, karena semua sumber awal tentang gerakan mereka berasal dari perspektif yang berlawanan dengan mereka, dan mungkin mereka tidak anti-kemapanan seperti yang dikatakan sumber-sumber itu kepada kita. meyakini. Bagaimanapun, para sufi ini tidak menentang apa yang disebut ortodoksi, dan mereka terus mengikuti pedoman arus utama kepercayaan dan praktik Islam. 

Namun, mereka melengkapi pedoman dan praktik ini dengan perhatian untuk menumbuhkan cinta kepada Tuhan, yang dicontohkan dengan permohonan tambahan, doa, puisi, tarian, dan lagu yang dikhususkan untuk topik itu. Sufiyya mewakili klaim ideologis pertama tasawuf. Merekalah yang pertama, menurut sumber abad pertengahan, yang memperjuangkan hubungan pribadi yang intim dengan Tuhan berdasarkan prinsip cinta. 

4 dari 4 halaman

Ritus Dan Upacara Sufisme

Dzikir adalah pengulangan devosional dari nama-nama Tuhan, yang mungkin juga termasuk permohonan atau doa yang diambil dari Al-Qur'an atau glosarium. Sementara siapa pun dapat melakukan dzikir secara pribadi, itu dapat dilakukan dalam kelompok, secara seremonial. Dzikir dalam sesi kelompok biasanya diucapkan dengan suara keras, dan dipimpin oleh syekh yang mengajarkan kepada para murid doa mana yang harus diucapkan pada waktu tertentu. 

Komponen paling mendasar dari kehidupan komunal sufi adalah pelaksanaan zikir, yang berarti zikir atau doa. Ini bisa berupa mengulang kata Allah, atau syahadat secara berirama dengan memperhatikan postur tubuh dan pernapasan. Bagi para sufi, amalan zikir adalah kewajiban, bukan pilihan. Dalam pandangan mereka, semua ritual, baik berupa shalat maupun puasa, bertujuan untuk mengingat Tuhan.

Upacara zikir bervariasi dalam detail dan format persisnya dari satu tarekat sufi ke sufi lainnya. Liturgi yang bervariasi ini sering kali berasal dari praktik pendiri tarekat, dan dapat dipersonalisasi untuk murid yang berbeda yang menemukan diri mereka pada titik yang berbeda di sepanjang jalan spiritual mereka. 

Salah satu bentuk sama yang terkenal adalah upacara asal Turki, yang menjadi sangat populer di Turki. Saksikan upacara berputar di bawah ini. Ini termasuk menyanyi dan menari (dikenal sebagai berputar, karena sifat tarian melingkar yang berulang), dan mudah dikenal dengan jubah putih yang dikenakan oleh praktisi. 

Gaya upacara ini paling mudah diasosiasikan dengan Ordo Mevlevi, meskipun bentuk upacara tarian ini juga populer di India, dengan ordo Chishtiya. Musik yang diasosiasikan dengan sama di Asia Selatan dan Tenggara disebut qawwali.

Tarian berputar-putar merupakan representasi pendakian muslim melalui akal dan menuju kesempurnaan cinta. Begitu dalam keadaan gembira, praktisi melampaui ego. Saat tarian melambat, Sufi mengalami kembali dari perjalanan, telah diubah dan diubah secara internal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat