uefau17.com

Kikir Adalah Sifat Tercela dalam Islam, Pahami Pengertian dan Dalil-Dalilnya - Hot

, Jakarta Kikir adalah salah satu sifat tercela dalam Islam dan banyak agama lainnya, jika keserakahan adalah hasrat untuk terus menimbun harta, maka kikir adalah keengganan diri untuk mengeluarkan harta demi kepentingan sedekah atau hal baik lainnya. Dalam Islam kikir adalah sifat yang harus dihindari karena dapat menyebabkan banyak kerusakan dan kesengsaraan bagi mereka yang melakukannya.

Terdapat banyak ayat dalam Al Quran dan juga hadits yang menerangkan tentang kikir, dan bagaimana kikir dapat menjatuhkan diri kita dalam kesengsaraan. Tidak hanya diri pribadi pelakunya, kikir juga nyatanya memusnahkan rasa kasih sayang antara sesama makhluk ciptaan Allah. Sifat kikir bisa merusak akar kasih sayang, yang bisa bersembunyi di alam bawah sadar manusia. 

Kikir adalah sifat jahat yang sering dikaitkan dengan pelanggaran komitmen moral dan spiritual. Sifat kikir menjadi pembuka jalan bagi manusia untuk meninggalkan akhlak baiknya. Hal ini karena pikiran orang kikir berpusat pada materialisme dan kekayaan. Hingga akhirnya mereka kehilangan kebebasan berpikir dari fakta-fakta kehidupan dan nilai-nilai spiritual.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (15/2/2023). Pengertian kikir dalam Islam, beserta dengan dalil-dalilnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kikir Adalah Penyebab Kesengsaraan

Definisi kikir adalah keinginan yang berlebihan untuk menghemat uang dan kualitas menjadi kecil atau tidak memadai. Orang kikir adalah orang yang merasa sangat sulit membelanjakan uang, sampai-sampai mereka rela menyangkal kenyamanan dan kebutuhan dasar, untuk menimbun uang. 

Kikir berarti berpegang teguh pada sesuatu, serakah terhadapnya dan mengekang orang lain. Allah telah membenci perilaku seperti itu karena orang tersebut diperbudak oleh keserakahan mereka akan harta duniawi, dan lupa untuk berterima kasih kepada Penyedia mereka, atau membelanjakannya di jalan-Nya untuk mencapai pahala dalam bentuk Jannat.

Kikir adalah kebiasaan buruk. Itu adalah simbol kebodohan. Apalagi Allah tidak menyukai orang yang kikir. Kikir adalah karakter jahat yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan seseorang melalui pemikiran dan tindakannya. Karenanya, dia tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini sepanjang hidupnya.

Surat Ali ‘Imran Ayat 180

وَلَا يَحْسَبَنَّ ٱلَّذِينَ يَبْخَلُونَ بِمَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ هُوَ خَيْرًا لَّهُم ۖ بَلْ هُوَ شَرٌّ لَّهُمْ ۖ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُوا۟ بِهِۦ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۗ وَلِلَّهِ مِيرَٰثُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebatilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

3 dari 4 halaman

Bahaya Kikir

Zakat telah ditetapkan sebagai rukun Islam keempat, oleh Allah. Hal ini agar manusia dapat diuji keimanannya kepada-Nya dengan berpisah secara fisik dengan sebagian kecil dari hartanya, agar orang miskin dapat diberi sandang dan pangan. Sebuah Hadist menceritakan:

“Allah telah memerintahkan kepada orang-orang Muslim yang kaya untuk diambil dari harta mereka sesuai dengan kebutuhan orang-orang miskin di antara mereka. Orang miskin tidak akan pernah menderita kelaparan atau kekurangan pakaian kecuali orang kaya mengabaikan haknya. Jika mereka melakukannya, Allah pasti akan meminta pertanggungjawaban mereka dan menghukum mereka dengan keras.” (terkait dengan At-Thabrani dalam Al-'Aswad dan as-Saghir).

Apa yang akan terjadi pada kita jika kita menolak hak orang miskin dan yang membutuhkan dengan menahan pembayaran zakat? Allah telah memperingatkan dengan tegas orang-orang yang lalai dalam menunaikan kewajiban tersebut dalam Al Quran yang menerangkan bahwa : 

Surat At-Taubah Ayat 34

۞ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْأَحْبَارِ وَٱلرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَٰلَ ٱلنَّاسِ بِٱلْبَٰطِلِ وَيَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ ۗ وَٱلَّذِينَ يَكْنِزُونَ ٱلذَّهَبَ وَٱلْفِضَّةَ وَلَا يُنفِقُونَهَا فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,

Surat At-Taubah Ayat 35

يَوْمَ يُحْمَىٰ عَلَيْهَا فِى نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَىٰ بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ ۖ هَٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنفُسِكُمْ فَذُوقُوا۟ مَا كُنتُمْ تَكْنِزُونَ

Artinya: Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu".

Kita tentu tidak menginginkan hukuman yang begitu mengerikan hanya karena kita tidak mau berpisah dengan apa yang diberikan Allah kepada kita sebagai sarana ujian. Kekayaan yang kita miliki bukan karena kita telah mengumpulkannya, melainkan karena kita telah dianugerahkan oleh Allah sebagai nikmat, karena Dialah pemilik sebenarnya dari segala sesuatu yang dimiliki manusia.

4 dari 4 halaman

Cara Menghindari Sifat Kikir

Mengapa lagi Allah memerintahkan kita untuk memberikan Zakat? Ini memiliki manfaat spiritual dan fisik. Ketika kita memenuhi perintah Allah, kita merasakan kebahagiaan dan rasa syukur yang luar biasa kepada-Nya karena kita memegang keyakinan dan harapan bahwa kita telah mengumpulkan pahala untuk akhirat kita.

Jiwa diangkat dan dibebaskan dari keserakahan dan keegoisan yang mungkin kita rasakan sepanjang tahun, ringannya jiwa kita memiliki efek yang besar pada kondisi mental kita karena membersihkan pikiran dari semua ketidakbahagiaan dan kesusahan mental dan emosional, dan inilah definisi kamus tentang 'kesengsaraan'.

Manfaat fisik dari zakat adalah kita dapat hidup dalam masyarakat yang adil dan adil karena jika Zakat dipraktikkan dengan jujur, membebaskan masyarakat dari korupsi, perbedaan kelas, iri hati dan kikir, menghasilkan masyarakat yang dapat hidup rukun, damai, saling menguntungkan. cinta dan hormat, dan empati.

Ini adalah tindakan yang melaluinya kita dapat menebus diri kita sendiri dari segala dosa yang mungkin telah kita lakukan, baik secara sadar maupun tidak sadar. Pahala ekstra untuk orang kaya adalah doa yang diberikan orang miskin saat penderitaan mereka diringankan, yang dapat membantu mengamankan kesempatan kita mendapatkan tempat di Jannat. Semua ini dapat diperoleh hanya dengan memenuhi perintah Allah, membayar Zakat.

Kedermawanan dan kekikiran ibarat dua sungai yang mengalir sejajar satu sama lain. Meskipun air sungai kemurahan hati dingin dan manis tetapi sangat sedikit orang yang dapat dilihat di dalam dan di tepiannya. Faktanya, ini adalah orang-orang yang beruntung. Sebaliknya, air sungai kikir itu asin dan rasanya tidak enak, tetapi di dalam dan di tepinya , ada banyak orang. Ini adalah kemalangan materialistis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat