uefau17.com

Endurance adalah Daya Tahan Tubuh, Ketahui Manfaat dan Cara Melatihnya - Hot

, Jakarta Endurance adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti daya tahan tubuh. Endurance adalah unsur dasar atau inti dari kesegaran fisik dalam peningkatan kondisi fisik. Biasanya, istilah endurance ini digunakan untuk atlet.

Endurance adalah kemampuan ketahanan (resistance) terhadap kelelahan dan cepat pulih kembali (recovery) dari kelelahan. Dengan memiliki endurance, maka seseorang dapat melakukan aktifitas yang lebih lama secara kontinyu.

Endurance adalah kemampuan dari mahluk hidup untuk memobilisasikan dirinya sendiri supaya tetap aktif dalam jangka waktu yang lama. Endurance adalah tindakan dalam diri yang membuat tubuh memiliki kemampuan untuk melawan, bertahan, ataupun pulih dari rasa lelah. Agar mendapatkan itu semua, Anda perlu melatih endurance.

Berikut ini ulas mengenai pengertian endurance beserta manfaat dan cara melatihnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Endurance

Kata endurance berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti daya tahan tubuh. Endurance adalah kemampuan suatu organisme untuk mengerahkan dirinya dan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama, serta kemampuannya untuk melawan, menahan, pulih dari dan memiliki kekebalan terhadap trauma, luka atau kelelahan. Biasanya digunakan dalam latihan aerobik atau anaerobik.

Endurance adalah unsur dasar atau inti dari kesegaran fisik dalam peningkatan kondisi fisik. Seorang yang mempunyai daya tahan tinggi dapat melakukan aktifitas yang lebih lama secara kontinyu. Peningkatan daya tahan juga dapat menunda tibulnya kelelahan.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Endurance

Endurance dibagi menjadi dua jenis, yakni kardiovaskuler dan daya tahan otot. Berikut ini penjelasan keduanya adalah:

1. Daya Tahan Kardiovaskuler

Daya tahan kondiovaskuler adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan system jantung, paru-paru dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus yang melibatkan kontraksi otot dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama.

2. Daya Tahan Otot

Sedangkan daya tahan otot adalah kemampuan seseorang untuk mempergunakan ototnya untuk berkontraksi secara terus menerus dalam waktu yang relatif lama dengan beban tertentu.

Dalam pelaksanaannya, endurance membutuhkan pengaturan oksigen. Tubuh membutuhkan oksigen guna memproduksi energi. Maka oksigen perlu secara terus-menerus disalurkan atau dimasukan ke organ-organ atau jaringan tubuh yang membutuhkan energi. Setiap cabang olahraga membutuhkan dalam jumlah tertentu.

4 dari 5 halaman

Manfaat dari Endurance

1. Meningkatkan kebugaran diri

Manfaat dari endurance yang pertama adalah untuk meningkatakan kebugaran diri. Sebab latihan yang dilakukan untuk melatih endurance sama halnya dengan latihan untuk meningkatkan kebugaran.

2. Minim lelah

Manfaat dari endurance yang lainnya adalah minim merasa lelah. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan melakukan latihan endurance, maka akan membuat diri anda terbiasa melakukan aktivitas fisik sehingga menjadikan energi dalam diri menjadi lebih banyak dibandingkan ketika anda tidak melakukan aktivitas fisik.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang degeneratif. Penyakit ini dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Namun, dengan melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga endurance, maka akan membantu anda mengurangi resiko terkena penyakit jantung di masa tua kelak. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan anda sudah terbiasa melatih jantung untuk bekerja sekaligus mengurangi lemak-lemak dalam saluran darah yang dapat menghambat kinerja jantung.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Terdapat dua macam jenis kolesterol yang berada di dalam tubuh, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini biasa disebut dengan LDL atau Low Density Lipid yang artinya adalah lipid dengan densitas rendah. Dengan melakukan latihan endurance secara rutin dan berkelanjutan, anda bisa membantu tubuh anda untuk membuang kolesterol jahat sekaligus mengurangi resiko terserang penyakit kronis, seperti stroke, asam urat, hingga serangan jantung.

5. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah manusia bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi dan hipotensi atau tekanan darah rendah. Kedua jenis tekanan darah ini baik hipertensi maupun hipotensi sama-sama bukanlah hal yang baik bagi tubuh.

5 dari 5 halaman

Cara Melatih Endurance

Dikutip dari Health , terdapat beberapa cara untuk melatih endurance adalah sebagai berikut ini:

1. Tingkatkan kapasitas aerobik dengan latihan interval

Terdapat beberapa metode untuk latihan interval, dari HIIT ke HILIT. Anda dapat memulainya dengan rumus dasar seperti melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi selama tiga puluh detik yang diikuti dengan latihan intensitas rendah selama tiga hingga emapat menit.

Program tersebut dapat membantu Anda membangun stamina dengan meningkatkan kapasitas aerobik Anda pada waktu tertentu akan meningkatkan durasi dan intensitas latihan Anda.

2. Latihan kekuatan dalam rutinitas kardio anda

Latihan kekuatan akan menantang sistem kardiovaskular yang memungkinkan Anda menggunakan energi lebih efisien saat berolahraga. Anda dapat mencoba melakukan jumping jacks selama satu menit yang diikuti dengan dua puluh push-up untuk membuat jantung Anda terpompa.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan ketegangan dengan bersepeda, hal ini merupakan cara yang terbaik untuk menggabungkan latihan kardio dan kekuatan. Anda juga dapat berenang untuk menggerakkan hati serta otot-otot tubuh bagian atas.

3. Jadwalkan latihan secara intens seminggu sekali

Salah satu kunci untuk membangun stamina pada latihan endurance adalah meningkatkan kemampuan tubuh Anda. Dengan meningkatkan kebugaran kardiovaskular, Anda dapat membantu jantung dan otot terbiasa dengan aktivitas fisik yang intens sehingga akan membantu latihan intensitasi rendah Anda terasa jauh lebih mudah.

4. Biarkan tubuh anda beristirahat

Upaya membangun kembali stamina Anda akan melibatkan perubahan kecepatan rutinitas Anda. Jika Anda tidak memberikan otot-otot untuk beristirahat, kinerja Anda pastinya akan menderita karena kelelahan.

Anda dapat melakukan upaya pemulihan dengan menjadwalkan hari istirahat dari kegiatan untuk kembali membangun stamina dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, tidur yang cukup, dan melakukan peregangan otot setiap hari.

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Cara melatih endurance yang berikutnya adalah mengonsumsi karbohidrat supaya Anda memiliki energi yang cukup. Jika Anda merasa lelah dan suasana hati buruk, Anda dapat menambah porsi karbohidrat. Namun, gunakanlah karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, beras merah, dan oatmeal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat