uefau17.com

8 Tips Wujudkan Resolusi Tahun Baru Agar Tidak Gagal Lagi, Siapkan Mental - Hot

, Jakarta Kita sudah berada di penghujung tahun 2022, dan hanya tinggal menghitung hari kita akan masuk ke tahun baru 2023. Sampai saat ini, sudah berapa banyak resolusi yang sudah terwujud?

Tentu sangat menyenangkan jika sebagian besar resolusi yang telah kita buat di akhir tahun lalu terwujud. Namun, jika lebih banyak atau bahkan tidak ada sama sekali resolusi yang belum terwujud, kita masih punya kesempatan untuk mewujudkan resolusi tersebut di tahun depan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychology, seperti dilansir dari Go Skills, hanya 46% orang yang berhasil mewujudkan resolusi tahun barunya. Tentu saja kita tidak ingin menjadi bagian dari 54% orang yang gagal mewujudkan resolusi tahun barunya.

Oleh karena itu, seperti yang telah dikutip dari berbagai sumber, Senin (26/12/2022), berikut adalah sejumlah tips untuk mewujudkan resolusi akhir tahun agar tidak gagal lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Siapkan Mental untuk Berubah

Mengubah kebiasaan yang sudah mendarah daging bukanlah tugas yang mudah. Jadi sebelum mencoba berubah, penting untuk mengambil langkah mundur dan bersiap untuk perubahan yang akan datang itu.

Terobosan pertama dalam perubahan adalah melakukan evaluasi diri. Karena ini adalah akhir dari satu tahun dan awal tahun berikutnya, ini adalah waktu yang tepat untuk mencatat pencapaian tahun lalu. untuk dapat mengevaluasi diri sendiri, kita bisa memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

a. Apa yang ingin saya lakukan di tahun lalu?

b. Pada hal apa saya mengalami kemajuan?

c. Dalam hal apa saya tidak mengalami kemajuan?

Resolusi Anda mungkin berfokus pada area yang kurang kemajuan, tetapi jangan lupa untuk menikmati kemajuan yang dibuat dan temukan cara kecil untuk merayakannya. Perasaan bahagia itu berguna! Jika memungkinkan, coba kaitkan dengan objek atau kata yang berkaitan dengan pencapaian Anda.

Saat Anda mulai memikirkan tentang perubahan yang ingin diterapkan, pastikan untuk tetap positif, tidak perlu buru-buru untuk perubahan besar, lakukan secara bertahap, dan mulai dari yang kecil.

3 dari 7 halaman

2. Tetapkan Tujuan Sendiri

Tentukan tujuan yang benar-benar ingin Anda capai. Pastikan kalau itu adalah hal yang benar-benar Anda capai, bukan karena orang lain atau ingin seperti orang lain.

Meskipun bagus untuk memiliki beberapa dukungan eksternal, jika Anda tidak memiliki minat yang sama, resolusi memiliki peluang kecil untuk berhasil dan bahkan bisa mati saat tiba.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memastikan tujuan yang Anda tetapkan penting bagi Anda dan hanya Anda dan ada nilai atau manfaat bagi Anda dalam mencapai tujuan tersebut. Dua hal inilah yang akan memberikan alasan dan kemauan untuk bertindak. Ini juga dikenal sebagai motivasi!

Anda tidak hanya harus menyelaraskan keinginan terdalam Anda, tetapi Anda juga harus memastikan resolusi selaras dengan prioritas utama Anda.

Jika resolusi Anda terkait dengan karier, seperti meningkatkan skill tertentu, membuat rencana pengembangan profesional Anda sendiri adalah cara yang bagus untuk tetap termotivasi di jalur menuju sasaran Anda.

4 dari 7 halaman

3. Hindari Menetapkan Banyak Resolusi

Tentu saja ada banyak hal yang kita inginkan. Alih-alih menjadikan semuanya sebagai resolusi yang ingin dicapai, pilih beberapa yang paling penting dan dapat kita kelola dengan baik. Memiliki terlalu banyak resolusi hanya membuat tidak fokus, karena ada lebih banyak hal yang perlu diperhatikan. Dengan demikian, penting untuk memiliki daftar resolusi yang pendek, tapi semuanya penting.

4. Spesifik

Buat resolusi Anda menjadi sangat spesifik, sehingga kita bisa tahu apa yang mesti dilakukan untuk dapat mewujudkan resolusi tersebut. Rumuskan resolusi tersebut sejelas mungkin.

Hitung resolusi Anda jika memungkinkan. Misalnya, saya akan menurunkan 10% dari berat badan saya. Pastikan juga untuk membuat resolusi Anda tetap relevan dengan prioritas dan tujuan Anda. Tetapkan timeline atau jadwal. Misalnya kapan akan dimulai, dan kapan harus selesai. Tenggat waktu akan menanamkan urgensi dan memberikan waktu ketika Anda dapat merayakan kesuksesan Anda.

5 dari 7 halaman

5. Bagi Target Utama Menjadi Misi-Misi Kecil

Banyak dari kita cenderung terlalu bersemangat dan muluk-muluk dalam hal resolusi. Kami memiliki niat terbaik dan mungkin secara tidak sengaja mengambil tujuan yang terlalu besar untuk dicapai. Oleh karena itu, sangat membantu untuk membagi tujuan besar menjadi tujuan yang lebih kecil yang lebih dapat dicapai.

Misalnya saja jika di tahun depan kita punya resolusi untuk liburan ke luar negeri, maka penting untuk merumuskan menjadi hal-hal yang perlu dicapai sebelum mencapai tujuan besar tersebut. Misalnya sebagai berikut:

a. Tentukan negara mana yang menjadi tujuan.

b. Cari tahu berapa biaya yang diperlukan yang sesuai dengan rencana liburan Anda.

c. Cari tahu bagaimana cara agar bisa mengumbulkan uang untuk mencapai tujuan liburan ke luar negeri.

d. Catat hal-hal yang bisa membantu untuk mengurangi pengeluaran.

e. Menabung secara konsisten.

f. Cari tahu juga apa yang bisa Anda lakukan untuk mencari tambahan penghasilan.

g. Pelajari bahasa dari negara yang akan menjadi tujuan Anda.

Dengan mencapai tujuan-tujuan kecil tersebut, Anda akan selalu merasa lebih dekat dengan tujuan besarnya.

6 dari 7 halaman

6. Tulis Resolusi

Meskipun bagus untuk memiliki tujuan, penting untuk mendokumentasikannya dengan cara tertentu. Berikut adalah enam alasan untuk menuliskan tujuan Anda:

a. Agar tidak lupa. Kita adalah manusia, dan manusia mudah teralihkan perhatiannya dan pelupa.

b. Menuliskan resolusi Anda membantu Anda mengklarifikasi apa yang ingin Anda capai. Ini memaksa Anda untuk membuat keputusan dan tepat dengan kata-kata Anda.

c. Menulis membangun niat, tetapi tindakan perlu diambil untuk mencapai resolusi Anda. Memiliki tujuan yang tertulis adalah pengingat yang konstan untuk mengambil tindakan.

d. Tujuan tertulis dapat bertindak sebagai filter dan cahaya penuntun untuk peluang apa yang harus dikejar. Pada hari tertentu, ada sejuta keputusan yang harus dibuat. Jika ragu, lihat tujuan yang telah Anda tetapkan untuk menentukan jalan ke depan.

e. Menuliskan tujuan dapat membantu memahami sejauh apa kita telah membuat kemajuan. Meski kemajuan yang dihasilkan hanya sedikit, ini jelas akan memberikan tambahan semangat untuk mencapai tujuan.

7 dari 7 halaman

7. Evaluasi Secara Teratur

Penting untuk melakukan evaluasi secara teratur, mungkin seminggu sekali atau sebulan sekali, untuk melihat sejauh mana kemajuan yang telah kita buat. Selain itu, evaluasi juga akan membantu kita untuk terus ingat terhadap tujuan yang telah kita tetapkan.

8. Coba Lagi ketika Gagal

Tidak ada yang instan, dan semua hal butuh proses. Begitu pula ketika kita ingin mewujudkan sebuah resolusi. Ada proses yang perlu dilalui, termasuk ketika kita mulai kehilangan arah. Saat kita menyadari, segera kembali ke jalur yang telah ditetapkan, sebelum tersesat terlalu jauh.

Dan jika ada kemunduran, penting untuk memahami apa yang menyebabkan momen itu dan bagaimana Anda dapat menghindari situasi serupa di masa mendatang. Misalnya, jika Anda melewatkan sesi belajar, perbaiki besok, dan teruslah bergerak. Beberapa kesalahan kecil seharusnya tidak merusak resolusi Anda untuk tahun ini!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat