uefau17.com

Jenis-Jenis Subsidi dari Pemerintah, Ketahui Cara Distribusinya - Hot

, Jakarta Secara umum jenis-jenis subsidi yang diberikan oleh pemerintah bermacam- macam, baik itu di bidang ekspor, hingga kesehatan. Subsidi merupakan sebuah hibah keuangan, yang diberikan oleh pemerintah kepada lembaga swasta atau entitas publik lainnya. Pemberian subsidi akan merangsang kegiatan ekonomi atau secara tidak langsung mempromosikan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Dengan adanya subsidi, mampu mendorong perusahaan swasta untuk melakukan kegiatan ekonomi, serta usaha bisnis sebagai kepentingan publik. Untuk pengeluaran pemerintah ketika memberikan subsidi dapat mempengaruhi setiap sektor ekonomi global. Jenis-jenis subsidi yang kerap diberikan biasanya dalam bentuk uang, atau barang yang bermanfaat.

Subsidi adalah insentif yang diberikan oleh pemerintah, kepada individu atau bisnis dalam bentuk uang tunai, hibah, atau keringanan pajak yang meningkatkan pasokan barang dan jasa tertentu. Dengan jenis-jenis subsidi yang diterima, membuat konsumen dapat mengakses produk dan komoditas yang lebih murah.

Berikut ini jenis-jenis subsidi yang rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Subsidi

Subsidi adalah dukungan keuangan yang diberikan untuk bisnis dalam perekonomian oleh pemerintah, yang seringkali terjadi selama resesi atau periode pertumbuhan ekonomi rendah. Subsidi mungkin akan melibatkan pembayaran tunai langsung, tetapi bisa juga diberikan dalam bentuk diskon atau biaya yang diampuni. Menurut Milton H. Spencer dan Orley M. Amos, Jr. dalam bukunya Contemporary Economics, Subsidi adalah pembayaran yang dilakukan pemerintah, kepada perusahaan atau rumah tangga untuk mencapai tujuan tertentu.

Subsidi sendiri dapat dibedakan dalam dua bentuk, di mana subsidi bisa diberikan dalam bentuk uang (cash transfer), dan subsidi dalam bentuk barang atau subsidi innatura (in kind subsidy). Adapun tujuan pemberian subsidi, antara lain adalah menjaga kestabilan harga, menutupi kerugian yang diderita perusahaan dan lain-lain. 

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Umum Subsidi Pemerintah

Jenis-jenis subsidi ini, umumnya mengambil berbagai bentuk tetapi dapat dibagi 4 kategori besar diantaranya:

1. Subsidi ekspor

Subsidi ekspor terjadi saat pemerintah memberikan dukungan keuangan kepada perusahaan, yang bertujuan untuk melakukan ekspor barang yang akan dijual secara internasional. Subsidi ekspor diterapkan setelah barang diekspor, di mana eksportir akan melaporkan volume ekspor kepada pemerintah, yang pada gilirannya akan memberikan kompensasi kepada mereka. Subsidi ekspor dapat digunakan untuk meningkatkan surplus perdagangan atau mengurangi defisit perdagangan bagi negara yang melakukan subsidi.

2. Subsidi pertanian

Umumnya pemerintah akan mensubsidi industri pertanian merek, dan ini seringkali dilakukan untuk melindungi harga pangan dalam negeri. Misalnya, pemerintah federal A.S menggunakan program dukungan harga, di mana ia membayar petani untuk menjaga produksi tetap rendah untuk memastikan bahwa pasokan mengimbangi permintaan. Dengan bentuk subsidi ini, dapat membantu menstabilkan harga pangan dan memastikan produksi pangan tidak terbuang sia-sia.

 

3. Subsidi perumahan

Subsidi perumahan akan membantu memberi warga negara kesempatan, untuk memiliki rumah dengan memberikan subsidi suku bunga dan bantuan uang muka. Pemerintah juga memberikan bantuan keuangan berupa dana pendamping, bagi keluarga berpenghasilan rendah yang sedang menabung untuk uang muka.

4. Subsidi kesehatan

Adapun subsidi kesehatan, di mana pemerintah akan ikut mendanai penelitian medis dan membayar untuk pengembangan dan uji coba obat resep. Salah satu contoh yang terlihat pada anggaran federal AS, hampir 26% pada tahun 2017, dialokasikan untuk memberikan subsidi perawatan kesehatan langsung kepada orang Amerika melalui program seperti Medicare, Medicaid, dan CHIP. 

 

Ada juga dua jenis subsidi dari pemerintah, yang dirangkum dari laman Lifepal adalah sebagai berikut:

- Subsidi Langsung

Subsidi langsung, di mana dapat melibatkan pembayaran berupa dana aktual kepada individu, kelompok, atau industri tertentu. Dengan subsidi langsung ini, akan memberikan keuntungan kepada penerimanya karena secara langsung dapat merasakan manfaat subsidinya. 

- Subsidi Tidak Langsung

Subsidi ini akan diberikan secara tidak langsung, dan umumnya terjadi di bidang industri seperti energi dan pangan. Jenis subsidi tidak langsung ini, tidak memiliki nilai moneter yang telah ditentukan sehingga tidak melibatkan pengeluaran aktual. 

4 dari 5 halaman

Cara Distribusi Subsidi dari Pemerintah

Bergantung pada sektor sasaran dan jenis penerima, subsidi akan datang dalam beberapa bentuk sebagai berikut:

- Subsidi tunai

Subsidi tunai hanya mengharuskan pemerintah untuk, memberikan sejumlah uang tunai langsung ke bisnis atau organisasi. Salah satu contoh subsidi tunai yang umum di AS dapat ditemukan di industri energi terbarukan. Adapun subsidi tunai akan diberikan kepada bisnis swasta, di sektor energi terbarukan untuk merangsang pertumbuhan industri tersebut.

- Konsesi pajak

Konsesi pajak terjadi ketika pemerintah mengurangi beban pajak pada perusahaan atau industri. Seringkali bisa berbentuk kredit pajak, atau insentif ketika kewajiban tertentu dipenuhi. Kelonggaran pajak adalah bentuk subsidi yang sangat umum, sehingga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan besar, usaha kecil, dan individu setiap tahun.

- Asumsi risiko

Jenis subsidi ini umumnya berbentuk pinjaman pemerintah, yang diberikan kepada bisnis dengan persyaratan yang sangat menguntungkan. Pemerintah akan meminjamkan uang kepada perusahaan, dalam industri yang ingin disubsidi dengan suku bunga yang lebih rendah. 

- Kebijakan pembelian pemerintah

Kebijakan pembelian pemerintah, juga mensyaratkan agar dapat membeli produk langsung dari produsen. Di AS, sebagian besar pembelian pemerintah terlibat dalam subsidi pertanian. 

- Pembelian saham

Kadang-kadang, subsidi pemerintah berupa pembelian saham untuk menjaga harga saham perusahaan di atas tingkat tertentu. Subsidi semacam ini, terkadang dapat dilakukan selama keadaan darurat ekonomi untuk menjaga agar perusahaan besar tetap bertahan.

5 dari 5 halaman

Keuntungan dan Kerugian Subsidi

Setelah mengetahui jenis-jenis subsidi dari pemerintah, maka ada juga keuntungan dan kerugian yang bisa diperoleh dari pemberian subsidi. 

Keuntungan Subsidi

- Dengan subsidi akan menurunkan harga dan mengendalikan inflasi, terutama berlaku di bidang masukan biaya produksi seperti harga bahan bakar, terutama ketika harga minyak mentah dunia meningkat. 

- Akan mencegah penurunan jangka panjang industri, di mana ada banyak industri yang harus tetap hidup dan berfungsi, seperti perikanan dan pertanian karena sangat penting untuk mendukung populasi. 

- Pasokan barang yang lebih banyak, di mana pemerintah ingin meningkatkan akses penduduk mereka ke barang & jasa seperti air, pangan, dan juga pendidikan. Oleh karena itu, mereka memberikan insentif yang dapat berupa kredit pajak atau bahkan uang tunai langsung.

Kerugian Subsidi

- Kekurangan pasokan

Meskipun salah satu keuntungan subsidi adalah pasokan barang yang lebih besar, di mana kekurangan pasokan juga bisa terjadi. Ini karena penurunan harga dapat menyebabkan peningkatan permintaan secara tiba-tiba yang mungkin sulit dipenuhi oleh banyak produsen. 

- Kesulitan dalam mengukur keberhasilan

Subsidi biasanya akan sangat efektif dan membantu, di mana jika pemerintah membuat laporan tentang keberhasilannya dalam menggunakan subsidi, itu akan menjadi cerita yang berbeda. Hal ini karena sulit untuk mengukur keberhasilan subsidi.

- Pajak yang lebih tinggi

Bagaimana cara pemerintah menggalang dana, tentu dikenakan pajak yang lebih tinggi. Jadi, masyarakat umum dan korporasilah yang dapat menyediakan sarana yang memungkinkan pemerintah mensubsidi industri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat