uefau17.com

Profil PT MEI, Sejarah dan Kebijakan PT Muramoto Elektronika Indonesia - Hot

, Jakarta PT MEI yang merupakan kependekan dari PT Muramoto Elektronika Indonesia, merupakan salah satu anak perusahaan dari Muramoto Group yang didirikan di Indonesia pada tahun 1995. Bergerak di bidang manufaktur, spesialisasi PT MEI adalah perakitan dan produksi recorder elektronik, video dan produk untuk printer.

Berlokasi di kawasan EJIP, PT MEI berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara maksimal, dengan membangun sistem jaminan kualitas di semua prosesnya. Selain itu PT MEI juga berupaya mematuhi segala undang-undang relevan dan peraturan internal yang berlaku di Indonesia. 

Keberhasilan PT MEI menjadi salah satu perusahaan internasional, tidak terlepas dari sejarah panjang perkembangan dan pertumbuhan perusahaan Muramoto Group. Yang memiliki tujuan mendasar untuk "menyediakan produk yang menarik dan berkualitas tinggi kepada pelanggan dengan harga yang wajar".

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT MEI atau PT Muramoto Elektronika Indonesia yang rangkum dari laman muramoto.com pada Jumat (16/12/2022). Berisi profil PT Muramoto Elektronika Indonesia, sejarah berdirinya PT MEI serta kebijakan lingkungan dan mutu perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT MEI

PT Muramoto Elektronika Indonesia atau PT MEI adalah sebuah perusahaan manufacturing asing (PMA) dengan pusat perusahaan yaitu Muramoto Industry di Jepang. Perusahaan yang berada di kawasan EJIP. PT. Muramoto Elektronika Indonesia ini merupakan sebuah perusahaan perakitan yang berada di kawasan EJIP dengan bidang usaha perakitan dan produksi recorder elektronik, video maupun produk untuk printer.

PT MEI menjadi satu-satunya basis produksi Grup Muramoto yang berlokasi di Belahan Bumi Selatan, menggunakan sistem manufaktur terintegrasi yang mencakup produksi suku cadang hingga perakitan printer ink-jet, memanfaatkan teknologi press lembaran logam selama bertahun-tahun yang dikombinasikan dengan teknologi cetakan plastik. 

Bidang usahanya telah diperluas ke industri kendaraan roda dua dan roda empat yang permintaannya terus meningkat di Indonesia. PT MEI mengerahkan berbagai upaya untuk memenangkan kepercayaan pelanggan dalam manufakturnya

Pada awalnya, Muramoto Group telah dinilai positif karena telah melakukan perluasan ruang lingkup bisnis yang mencakup pengolahan logam, pembuatan cetakan, cetakan plastik, pemasangan PCB, pelapisan, perakitan, pemrosesan dan produksi produk presisi tinggi.

Namun seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, banyak produk yang menjadi usang dengan cepat sehingga banyak produk kehilangan daya jualnya karena ketinggalan jaman. Sehingga Muratomo Group bertekad untuk meningkatkan teknologi dan berani untuk mengembangkan bisnis baru tanpa melupakan akar perusahaan yang selama ini telah dimulai dan dikembangkan. 

Prinsip Perusahaan :

- Jaga pelanggan dengan baik

- Mengutamakan teknik dan kualitas

- Menghargai karyawan

Kebijakan Manajemen : Kami akan berusaha untuk memenuhi tuntutan pelanggan dan membuat masa depan baru dengan pelanggan.

Visi : Kami bertujuan untuk menjadi perusahaan jasa manufaktur yang memberikan kepuasan pelanggan terbaik dunia.

Alamat : East Jakarta, Industrial Park Plot 9J Cikarang Selatan, Bekasi 17550, Indonesia

Bidang usaha : Pengepresan Logam, Cetakan Injeksi, Perakitan Produk & Modul Jadi, Desain & Pembuatan Die

Produk : Set Lengkap Printer, Rakitan Mekanisme Printer, Suku Cadang Komponen Listrik, Suku Cadang Mobil Roda 2 dan 4, Suku Cadang Vending Machine

Peralatan : 40 Mesin Press (Progresif, Serba Guna, Tunggal:60-300t), Mesin Cetak Injeksi (30-450t), Mesin Paku Keling, Mesin Caulking Otomatis, Pusat Mesin, Mesin Las, Mesin Pengukur 3D

Sertifikasi : ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, IATF 16949:2016

3 dari 4 halaman

Sejarah PT MEI

Sejak didirikan pada tahun 1935 di Kobe, Jepang, Muramoto Industry telah berkembang selama 80 tahun. Dan pada tahun 1987, perusahaan ini mulai mendirikan anak perusahaan luar negeri pertama yaitu di Jepang. Sehingga saat ini jaringan global Muramoto Industry telah diperluas ke 8 negara terutama di Asia Tenggara. 

PT. Muramoto Elektronika Indonesia sendiri didirikan pada tahun 1995, setelah sebelumnya telah mendirikan anak perusahaan di Filipina, Thailand, dan Singapura. Pusat perusahaan PT Muramoto Elektronika Indonesia (PT MEI), yaitu Muramoto Industry, berdiri sejak tahun 1935 di Kobe, Jepang. 

Perusahaan ini telah berkembang selama lebih dari 80 tahun. Pada tahun 1987, Muramoto Industry mendirikan anak perusahaan luar negeri pertamanya di Jepang. Kemudian perusahaan ini terus berkembang hingga akhirnya melakukan ekspansi ke 8 negara terutama di Asia Tenggara, seperti Filipina, Thailand, Singapura serta Indonesia. 

Untuk memenuhi kebutuhan produksi global, Muramoto Group membagi anak perusahaannya dalam memproduksi produk yang beragam. Muramoto Group memproduksi berbagai macam perangkat otomotif, termasuk unit mekanis untuk sistem audio mobil dan bagian panel instrumen lainnya.

PT Muramoto Elektronik Indonesia (PT MEI) berfokus pada produksi Press Parts, produksi peralatan AV TV hingga kamera. Selain itu, Muramoto Group juga memproduksi berbagai peralatan industri seperti printer, instrumen medis, ATM Bill Cassette dan komponen mekanisme internal.

4 dari 4 halaman

Kebijakan PT MEI

Kebijakan Lingkungan PT MEI

Kebijakan lingkungan di PT MEi Sesuai dengan aturan dari Grup Muramoto, yang menekankan untuk mematuhi undang-undang lingkungan Jepang dan negara tempat anak perusahaan berada, untuk menjaga kesehatan lingkungan global di seluruh operasi bisnis. 

Dengan mengingat filosofi dasar koeksistensi yang harmonis dengan alam, pelestarian lingkungan, dan integrasi dengan masyarakat, Grup Muramoto juga terlibat dalam kegiatan berikut untuk menyerahkan lingkungan yang lebih baik kepada generasi berikutnya.

Muramoto Group sendiri berusaha untuk mempromosikan praktik lingkungan yang baik dengan cara :

- Pengurangan CO2, hemat energi, kurangi-gunakan kembali-daur ulang untuk penggunaan sumber daya yang efektif.

- Kegiatan peningkatan konstan dan tinjauan rutin untuk mencapai tujuan lingkungan kita.

- Pengurangan zat berbahaya lingkungan dengan menggantinya dengan alternatif yang lebih aman, pengadaan ramah lingkungan, dan manajemen risiko bahan kimia berbahaya yang digunakan dalam produksi.

- Promosi konservasi keanekaragaman hayati, pencegahan polusi, koeksistensi harmonis dengan alam dan masyarakat dengan kesadaran akan dampak lingkungan dari operasi kami.

- Kepatuhan terhadap undang-undang lingkungan, termasuk perjanjian dengan penduduk setempat.

- Kebijakan lingkungan ini akan diberitahukan kepada semua karyawan kami. Kami melakukan kegiatan pendidikan untuk memastikan kesadaran dan kualifikasi setiap karyawan akan ditingkatkan untuk lingkungan.

 

Kebijakan Mutu PT MEI

PT MEI juga menerapkan kebijakan mutu yang diatur Muramoto Group, sebagai berikut: 

1. PT MEI berkomitmen untuk memproduksi terutama untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, untuk membangun sistem jaminan kualitas di semua proses; termasuk manufaktur, pengadaan, perakitan, desain die / jig & pembuatan komponen logam / plastik untuk produk audio-visual dan perangkat otomotif, berdasarkan tujuan mendasar kami untuk "menyediakan produk yang menarik dan berkualitas tinggi kepada pelanggan dengan harga yang wajar".

2. PT MEI berupaya memenuhi permintaan pelanggan sesuai dengan undang-undang relevan dan peraturan internal yang berlaku. PT MEI juga mempromosikan kegiatan CSR. PT MEI menetapkan sasaran mutu untuk peningkatan berkelanjutan dalam proses PT MEI dan PT MEI melakukan peninjauan rutin terhadap aktivitas PT MEI.

3. PT MEI menetapkan sistem manajemen mutu yang ditujukan kepada semua karyawan PT MEI untuk implementasi yang efektif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat