uefau17.com

Apa Pengertian Keadilan? Ini Macam-Macam dan Penjelasan Para Ahli - Hot

, Jakarta - Apa pengertian keadilan? Pengertian keadilan adalah perbuatan atau tindakan yang tidak didasarkan pada kesewenang-wenangan. Apa pengertian keadilan ini berasal dari kata “adil” yang artinya sama berat, tidak memihak, dan berpihak kepada yang benar.

Dalam jurnal penelitian berjudul Konsep Keadilan dalam Persepsi Bioetika Administrasi Publik oleh I Gde Suranaya Pandit, mengutip dari Frans Magnis Suseno. Apa pengertian keadilan adalah keadaan antar manusia yang diperlakukan dengan sama sesuai dengan hak dan kewajibannya masing-masing.

Apa pengertian keadilan adalah ada yang mengatakan harus sesuai dengan hukum atau undang-undang. Ada pula yang mengatakan harus sesuai dengan norma atau bahkan keadilan harus bisa melampauinya. Agar lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya.

Berikut ulas lebih mendalam tentang apa pengertian keadilan, macam-macam keadilan, dan pengertian keadilan menurut para ahli, Selasa (13/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Pengertian Keadilan?

Apa pengertian keadilan adalah berasal dari kata dasar “adil” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya sama berat, tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, berpegang pada kebenaran, sepatutnya, dan tidak sewenang-wenang.

Sementara itu, dijelaskan lebih mendalam bahwa pengertian keadilan adalah sifat (perbuatan, kelakukan, dan sebagainya) yang adil. Ensiklopedia Indonesia menjelaskan apa pengertian keadilan adalah kebalikan dari fasiq (orang yang tidak mengerjakan perintah).

Apa pengertian keadilan adalah perbuatan atau tindakan yang tidak didasarkan pada kesewenang-wenangan. Keadilan menjadi sifat yang harus didasarkan pada norma-norma yang berlaku di masyarakat, seperti norma agama, kesusilaan, kesopanan, hukum, dan etika.

Dalam buku berjudul Filsafat Hukum, Yogyakarta (2011) oleh Hyronimus Rhiti, apa pengertian keadilan adalah justru tidak diperoleh dari sumber-sumber dalam tatanan hukum, tetapi dari sesuatu yang melampaui hukum itu sendiri.

Pengertian keadilan adalah dijelaskan lebih mendalam, tidak berarti kesesuaian dengan undang-undang, karena kesesuaian dengan undang-undang belum memastikan adanya keadilan.

Dalam buku berjudul Sistem Peradilan Pidana terpadu dan Sistem Peradilan Pidana Terpadu dan Sistem Penegakan Hukum di Indonesia (2017) oleh Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. dan Kristian, S.H., M.Hum, apa pengertian keadilan adalah suatu tindakan yang dapat dipertanggungjawabkan serta memperlakukan orang pada kedudukan yang sama.

3 dari 4 halaman

Keadilan Menurut Para Ahli

Apa pengertian keadilan menurut para ahli? Dalam jurnal penelitian berjudul Konsep Keadilan dalam Persepsi Bioetika Administrasi Publik oleh I Gde Suranaya Pandit, ini pengertian keadilan menurut para ahli yang dimaksudkan:

1. Pengertian Keadilan Menurut Aristoteles

Apa pengertian keadilan adalah tindakan yang terletak diantara memberikan terlalu banyak dan sedikit yang dapat diartikan memberikan sesuatu kepada setiap orang sesuai dengan apa yang menjadi haknya.

2. Pengertian Keadilan Menurut Frans Magnis Suseno

Apa pengertian keadilan adalah keadaan antar manusia yang diperlakukan dengan sama sesuai dengan hak dan kewajibannya masing-masing.

3. Pengertian Keadilan Menurut Notonegoro

Apa pengertian keadilan adalah suatu keadaan dikatakan adil jika sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

4. Pengertian Keadilan Menurut Thomas Hubbes

Apa pengertian keadilan adalah sesuatu perbuatan dikatakan adil apabila telah didasarkan pada perjanjian yang telah disepakati.

5. Pengertian Keadilan Menurut Plato

Apa pengertian keadilan adalah di luar kemampuan manusia biasa dimana keadilan hanya dapat ada di dalam hukum dan perundang-undangan yang dibuat oleh para ahli yang khususnya memikirkan hal itu.

6. Pengertian Keadilan Menurut W.J.S Poerwadarminto

Apa pengertian keadilan adalah tidak berat sebelah, sepatutnya tidak sewenang-wenang.

7. Pengertian Keadilan Menurut Imam Al-Khasim

Apa pengertian keadilan adalah mengambil hak dari orang yang wajib memberikannya dan memberikannya kepada orang yang berhak menerimanya.

8. Pengertian Keadilan Menurut Socrates

Apa pengertian keadilan adalah akan tercipta bilamana setiap warga negara sudah merasakan bahwa pemerintah telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

9. Pengertian Keadilan Menurut Kong Fu Tju

Apa pengertian keadilan adalah terjadi apabila anak sebagai anak, ayah sebagai ayah, bila raja sebagai raja, masing-masing telah melaksanakan kewajibannya.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Keadilan dan Penjelasan

Ada tujuh macam keadilan yang perlu diketahui. Dalam jurnal penelitian berjudul Konsep Keadilan dalam Persepsi Bioetika Administrasi Publik oleh I Gde Suranaya Pandit, ini penjelasan macam-macam keadilan yang dimaksudkan:

1. Keadilan Komunikatif (Iustitia Communicativa)

Pengertian keadilan komunikatif adalah keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang terhadap apa yang menjadi bagiannya dengan berdasarkan hak seseorang pada suatu objek tertentu.

Contoh keadilan komunikatif adalah Iwan membeli tas Andri yang harganya 100 ribu, maka Iwan membayar 100 ribu juga seperti yang telah disepakati.

2. Keadilan Distributif (Iustitia Distributiva)

Pengertian keadilan distributif adalah keadilan yang memberikan kepada masing-masing terhadap apa yang menjadi hak pada suatu subjek hak yaitu individu. Keadilan distributif adalah keadilan yang menilai dari proporsionalitas atau kesebandingan berdasarkan jasa, kebutuhan, dan kecakapan.

Contoh keadilan distributif adalah karyawan yang telah bekerja selama 30 tahun, maka ia pantas mendapatkan kenaikan jabatan atau pangkat.

3. Keadilan Legal (Iustitia Legalis)

Pengertian keadilan legal adalah keadilan menurut undang-undang dimana objeknya adalah masyarakat yang dilindungi UU untuk kebaikan bersama. Contoh keadilan legal adalah semua pengendara wajib menaati rambu-rambu lalu lintas.

4. Keadilan Vindikatif (Iustitia Vindicativa)

Pengertian keadilan vindikatif adalah keadilan yang memberikan hukuman atau denda sesuai dengan pelanggaran atau kejatahannya. Contoh keadilan vindikatif adalah pengedar narkoba pantas dihukum dengan seberat-beratnya.

5. Keadilan Kreatif (Iustitia Creativa)

Pengertian keadilan kreatif adalah keadilan yang memberikan masing-masing orang berdasarkan bagiannya yang berupa kebebasan untuk menciptakan kreativitas yang dimilikinya pada berbagai bidang kehidupan.

Contoh keadilan kreatif adalah penyair diberikan kebebasan dalam menulis, bersyair tanpa interfensi atau tekanan apapun.

6. Keadilan Protektif (Iustitia Protektiva)

Pengertian keadilan protektif adalah keadilan dengan memberikan penjagaan atau perlindungan kepada pribadi-pribadi dari tindak sewenang-wenang oleh pihak lain. Contoh keadilan protektif adalah Polisi wajib menjaga masyarakat dari para penjahat.

7. Keadilan Sosial

Pengertian keadilan sosial adalah keadilan yang pelaksanaannya tergantung dari struktur proses ekonomi, politik, sosial, budaya dan ideologis dalam masyarakat. Maka struktur sosial adalah hal pokok dalam mewujudkan keadilan sosial.

Keadilan sosial tidak hanya menyangkut upaya penegakan keadilan-keadilan tersebut melainkan masalah kepatutan dan pemenuhan kebutuhan hidup yang wajar bagi masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat