uefau17.com

11 Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Alquran dan Penjelasannya - Hot

, Jakarta - Ciri-ciri orang munafik digambarkan secara jelas di dalam kitab suci Alquran. Mereka orang munafik cenderung suka melakukan perbuatan buruk atau tercela tanpa rasa bersalah. Orang munafik tidak suka dengan kekalahan dan merasa dirinya paling benar.

Rasulullah SAW dalam hadis riwayat at-Tabrani, mengambarkan ciri-ciri orang munafik dalam Islam, mereka pintar berbicara. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan sifat munafik adalah berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya.

"Sungguh yang paling aku khawatirkan atas kalian semua sepeninggalku adalah orang munafik yang pintar berbicara." (HR. at-Tabrani)

Ada sebelas ciri-ciri orang munafik dalam Alquran yang perlu diketahui. Ciri-ciri orang munafik adalah bangga berbuat dosa, pelit, bermuka dua, suka ingkar janji, suka bersumpah palsu, selalu iri dan dengki, malas beribadah, suka merusak, hingga suka sekali berkhianat.

Berikut ulas lebih mendalam tentang sebelas ciri-ciri orang munafik dalam Alquran, Kamis (27/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Alquran

1. Bangga Berbuat Dosa

Orang munafik bangga dengan perbuatan dosa dan tidak pernah ragu untuk terus mengulanginya. Betapa pun banyak dosa yang dilakukan, ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an, mereka digambarkan selalu mencari jalan keluar untuk pembenaran tindakannya.

Mereka dengan ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an, dikenal tidak segan menutupi kesalahan, melimpahkan fitnah kepada orang lain dengan tuduhan yang dapat memecah belah persaudaraan.

Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 126:

"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, “ Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Dia (Allah) berfirman, Dan kepada orang yang kafir dan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

2. Cenderung Pelit

Orang munafik selalu enggan berinfak untuk membantu orang lain. Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai seseorang yang sangatlah pelit dan menghindari hal-hal yang akan mengurangi kekayaan hartanya.

Padahal berinfak sangat dianjurkan oleh agama dan tidak akan mengurani kekayaan sedikit pun. ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 254.

“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafaat. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang dzalim.”

3. Bermuka Dua

Mereka orang munafik memiliki muka dua atau bermuka dua. ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an digambarkan, bahwa ifat ini muncul akibat kebingungan mereka terhadap kebenaran yang dibawa Islam.

Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 14:

“Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman mereka berkata: “ Kami telah beriman”. Tetapi apabila mereka berjumpa kembali dengan setan-setan mereka berkata: “ Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.”

4. Suka Riya

Suka riya atau pamer menjadi ciri khas orang munafik. Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an digambarkan melakukan segala hal khususnya yang berkaitan dengan kewajiban agama, karena ingin dilihat dan dipuji orang lain.

Dalam hal ini, orang munafik hanya akan melakukan suatu kebaikan di saat disaksikan orang lain. Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat an-Nisa’ ayat 142:

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allahlah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk salat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali."

5. Cenderung Malas Beribadah

Mereka orang munafik akan cenderung malas beribadah, bahkan dalam keadaan sehat dan memiliki kecukupan harta. Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat an-Nisa’ ayat 142:

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat, mereka berdiri dengan malas.”

6. Sering Iri dan Dengki

Mereka yang tidak suka dengan pencapaian orang lain dan tidak suka dengan kebahagiaan orang lain, disebut orang munafik. ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai seseorang dengan perasaan iri dan dengki.

Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat sl-Imran ayat 120:

“Jika kamu memerolah kebaikan, niscaya mereka bersedih hati. Tetapi jika kamu tertimpa bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertaqwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikitpun. Sungguh Allah Maha meliputi segala apa yang mereka kerjakan.”

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Al-Qur’an

7. Suka Merusak

Mereka orang munafik suka sekali merusak, ini berhubungan dengan perasaan iri dan dengki yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an ini digambarkan sebagai orang yang sangat pandai memutarbalikkan fakta.

Mereka juga menipu orang-orang seakan sedang mengusahakan suatu perbaikan. Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 11-12:

“Dan bila dikatakan kepada mereka “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi.” Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.” Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.”

8. Suka Ingkar Janji

Mereka orang munafik sangat suka membuat janji dan mengingkari janjinya, ini sudah menjadi hal wajah bagi orang munafik. Suka melakukan ingkar janji membuat mereka tidak bisa dipegang perkataannya.

Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat an-Nahl ayat 91 yang artinya:

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah (mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.”

9. Ingin Menang Sendiri

Ingin menang sendiri dan tidak suka dengan kekalahan menjadi ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an. Istilahnya fujur dan akan melemahkan iman seseorang. Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat asy-Syams ayat 7-10:

"Demi jiwa serta penyempurnaan ciptaannya, maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya."

10. Suka Bersumpah Palsu

Mirip dengan mereka yang suka ingkar janji. ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai mereka yang suka bersumpah palsu atau berbohong.

Orang-orang yang selalu dengan mudahnya mengucapkan "Demi Allah" tanpa memikirkan tanggung jawab dan kesungguhan. Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat al-Munafiqun ayat 2:

"Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan."

11. Suka Berkhianat

Mereka orang munafik sangat suka berkhianat, termasuk kepada saudaranya sendiri. Segala yang dititipkan kepadanya, tidak dirawat dengan baik atau merusaknya. Mereka pun suka melakukan adu domba.

Ciri-ciri orang munafik dalam Al-Qur’an surat an-Nisa ayat 58:

“Sesungguhnya Allah menyuruh kalian menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya....”

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat