uefau17.com

14 Cara Mengatasi Vertigo yang Tepat, Kenali Gejala dan Penyebabnya - Hot

, Jakarta Cara mengatasi vertigo bisa dilakukan secara mandiri dengan melakukan beberapa gerakan atau dengan beristirahat. Vertigo sendiri merupakan perasaan pusing yang terjadi tanpa disertai gerakan apapun, hal ini disebabkan oleh adanya indra dalam tubuh yang memberi tahu otak bahwa tubuh dalam keadaan tidak seimbang.

Vertigo sendiri merupakan gejala dan bukannya kondisi yang mendasari. Sehingga cara mengatasi vertigo harus disesuaikan dengan kondisi yang mendasari terjadinya vertigo. Penyebab vertigo mulai dari kelainan sistem pengatur keseimbangan, gangguan pada otak kecil hingga penyakit tertentu seperti stroke dan meniere.

Vertigo ringan biasanya hanya berlangsung dalam beberapa detik, namun jika kondisi parah vertigo dapat terjadi dalam kurun waktu lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasi vertigo baik yang ringan hingga yang berat.

Sebagai referensi untuk pengobatan vertigo, berikut ini rangkum cara mengatasi vertigo baik secara mandiri atau dengan bantuan medis yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi yang mendasari. Senin (1/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Vertigo Dan Pengertiannya

Pengertian Vertigo

Vertigo adalah perasaan pusing yang terjadi tanpa disertai gerakan apapun. Ini disebabkan oleh indra pada tubuh yang memberi tahu otak bahwa tubuh anda dalam kondisi yang tidak seimbang, meskipun sebenarnya tidak. Vertigo adalah gejala dari kondisi yang mendasarinya, bukan diagnosis itu sendiri. Ini bisa menjadi hasil dari beberapa hal yang berbeda.

Melansir Healthline, beberapa jenis vertigo hanya akan terjadi satu kali, dan beberapa jenis akan terus berulang hingga kondisi yang mendasarinya ditemukan. Salah satu jenis vertigo yang paling umum disebut benign positional paroxysmal vertigo (BPPV).

BPPV disebabkan oleh endapan yang menumpuk di telinga bagian dalam, yang sensor tubuh merasa bahwa tubuh tidak seimbangan. Selain BPPV, penyakit seperti Neuritis vestibular, stroke, cedera kepala atau leher, dan penyakit Meniere merupakan kondisi lain yang dapat menyebabkan vertigo.

Jika anda mengalami vertigo di rumah, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat anda gunakan atau lakukan untuk mengobati vertigo yang dialami.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Vertigo Sesuai Dengan Penyebab

1. Melakukan Gerakan Manuver Epley

Gerakan Manuver Epley adalah strategi pertama bagi orang yang mengalami vertigo.Riset menunjukan bahwa manuver Epley sangat efektif untuk orang dengan BPPV. Anda dapat melakukan manuver di rumah dengan mengikuti prosedur sederhana berikut ini:

- Mulailah dengan duduk tegak di permukaan yang datar, dengan bantal di belakang anda dan dengan kaki terentang.

- Putar kepala anda 45 derajat ke kanan.

- Bertahan dalam posisi ini setidaknya selama 30 detik.

- Perlahan putar kepala anda ke kiri dengan 90 derajat penuh, tanpa mengangkat leher anda.

- Libatkan seluruh tubuh, putar ke kiri sehingga anda benar-benar berada di sisi kiri.

- Perlahan kembali ke posisi semula, lihat ke depan dan duduk tegak.

Gerakan ini dapat diulang tiga kali berturut-turut, dan mungkin merasa pusing selama setiap gerakan. Namun anda akan merasa baikan setelah melakukan gerakan ini.

 

2. Manuver Semont-Toupet

Manuver Semont-Toupet adalah serangkaian gerakan yang dapat dilakukan di rumah untuk mengobati vertigo. Manuver Semont-Toupet sangat mirip dengan Manuver Epley, tetapi membutuhkan fleksibilitas leher yang lebih sedikit.

-  Mulailah dengan duduk tegak di permukaan yang datar, dengan bantal di belakang anda dan dengan kaki terentang.

-  Berbaring, putar tubuh ke kanan, dan lihat ke sisi kiri atas.

-  Kembali ke posisi duduk dan putar ke sisi kiri dan jaga agar kepala anda menghadap ke kiri.

-  Perlahan kembali ke posisi semula, lihat ke depan dan duduk tegak.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Vertigo Sesuai Dengan Penyebab

3. Ginkgo Biloba

Cara mengatasi vertigo yang selanjutnya adalah dengan Ginko Biloba, Ginkgo biloba telah dikenal sebagai obat yang memiliki kemampuan untuk mengobati vertigo. Ekstrak ginkgo biloba dapat dibeli dalam bentuk cair atau kapsul. Mengkonsumsi 240 miligram ginkgo biloba setiap hari akan mengurangi gejala vertigo anda dan membuat tubuh anda terasa lebih seimbang.

 

4. Manajemen Stres

Beberapa kondisi yang menyebabkan vertigo, termasuk penyakit Meniere, bisa dipicu oleh stres. Mengembangkan strategi koping untuk menavigasi keadaan stres dapat mengurangi episode vertigo yang sering terjadi. Manajemen stress bisa dimulai dengan berlatih meditasi dan teknik pernapasan dalam

Stress jangka panjang bukanlah sesuatu yang dapat anda hiraukan begitu saja, dan seringkali penyebab stres bukanlah hal-hal yang dapat anda hilangkan dari hidup. Menyadari apa yang menyebabkan anda stres dan mengatasinya dapat mengurangi gejala vertigo.

 

5. Yoga Dan Tai Chi

Yoga dan tai chi dikenal dapat mengurangi stres sekaligus meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Yoga dan tai chi juga merupakan terapi fisik yang dilakukan dalam pengaturan rawat jalan untuk melatih otak untuk dapat mengurangi penyebab vertigo.

Cobalah pose yoga sederhana, seperti Child's Pose dan Corpse Pose, saat anda merasa pusing dan mengalami vertigo. Namun tetap berhati-hatilah dengan gerakan apa pun yang melibatkan membungkuk ke depan secara tiba-tiba, karena itu bisa membuat gejala vertigo semakin memburuk.

 

6. Tidur Cukup

Cara mengatasi vertigo berikutnya adalah tidur yang cukup. Vertigo juga dapat dipicu oleh kondisi kurang tidur. Jika anda mengalami vertigo untuk pertama kalinya, itu mungkin akibat stres atau kurang tidur. Jadi untuk dapat menghentikan vertigo, hal yang perlu dilakukan adalah tidur siang sebentar, anda mungkin menemukan bahwa vertigo yang dialami telah teratasi dengan sendirinya.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Vertigo Sesuai Dengan Penyebab

7. Hidrasi

Terkadang vertigo juga disebabkan oleh dehidrasi. Sehingga cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum banyak air. Pantau asupan air dan cobalah untuk memperhitungkan kondisi udara yang mungkin membuat anda kehilangan cairan. Dengan konsumsi air yang cukup dapat membantu mengurangi episode vertigo yang terjadi.

 

8. Vitamin D

Dalam sebuah studi menunjukan bahwa kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala bagi orang yang memiliki BPPV dan akhirnya menyebabkan seseorang mengalami vertigo. Konsumsi segelas susu, tuna dan kuning telur dapat meningkatkan kadar vitamin D anda. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

 

9. Menghindari Alkohol

Di luar pusing yang anda rasakan saat minum, alkohol sebenarnya dapat mengubah komposisi cairan di telinga bagian dalam, menurut Asosiasi Gangguan Vestibular, Alkohol juga membuat anda mengalami dehidrasi. Hal-hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh dan menyebabkan terjadinya gejala vertigo. Mengurangi konsumsi alkohol, atau bahkan berhenti dapat membantu mengatasi gejala vertigo.

 

10. Rehabilitasi Vestibular

Cara mengatasi vertigo berikutnya adalah Rehabilitasi vestibular. Ini adalah jenis terapi fisik yang bertujuan membantu memperkuat sistem vestibular. Fungsi sistem vestibular adalah mengirim sinyal ke otak tentang gerakan kepala dan tubuh relatif terhadap gravitasi.

Rehabilitasi vestibular mungkin direkomendasikan jika mengalami serangan vertigo berulang. Rehabilitasi ini membantu melatih indra yang lain untuk mengkompensasi vertigo.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Vertigo Sesuai Dengan Penyebab

11. Akupresur

Akupresur menerapkan konsep yang sama dengan akupunktur , tetapi tanpa jarum. Tujuan akupresur adalah untuk meningkatkan kesehatan dan relaksasi. Akupresur  dapat membantu mengelola vertigo dengan merangsang titik-titik tekanan di seluruh tubuh. Salah satu metode nya melibatkan titik tekanan efektif yang terletak di dua tendon antara lengan bawah bagian dalam dan pergelangan tangan.

 

12. Obat-obatan

Dalam beberapa kasus, obat dapat diberikan untuk meredakan gejala seperti mual atau mabuk perjalanan yang berhubungan dengan vertigo. Jika vertigo disebabkan oleh infeksi atau peradangan, antibiotik atau steroid dapat mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan infeksi. Sedangkan untuk penyakit Meniere, obat diuretik dapat diresepkan untuk mengurangi tekanan dari penumpukan cairan.

 

13. Operasi

Cara mengatasi vertigo karena kondisi yang berat adalah dengan melalui operasi. Beberapa kasus vertigo membutuh pembedahan untuk menghentikan vertigo yang dialami. Jika vertigo disebabkan oleh masalah serius, seperti tumor atau cedera pada otak atau leher, pengobatan berupa operasi dibutuhkan untuk membantu meringankan vertigo.

 

14. Minyak esensial

Berbagai minyak esensial yang dioleskan atau dihirup, dapat membantu meringankan gejala vertigo. Minyak atsiri adalah pilihan alami dan terjangkau untuk mengatasi gejala vertigo, termasuk mual, sakit kepala, dan pusing. Minyak atsiri yang dihirup melalui infuser atau diencerkan dapat memberikan rasa tenang yang bisa merilekskan saraf dan membuat gejala vertigo berkurang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat