uefau17.com

Penelitian Terbaru Ungkap Cahaya Biru Gadget Bukan Penyebab Kualitas Tidur Malam Terganggu - Health

, Jakarta - Bermain ponsel sebelum tidur malam disebut dapat mengganggu kualitas tidur. Benarkah demikian?

Penelitian terbaru mengungkap, bermain gawai sebelum tidur bisa jadi tidak berdampak buruk pada kualitas tidur seperti yang sebelumnya diperkirakan.

Para peneliti berpendapat bahwa kepekaan terhadap cahaya biru dan rangsangan digital bervariasi pada setiap orang. Bagi sebagian orang, menatap layar ponsel bahkan dapat membantu cepat terlelap. Sementara bagi sebagian lainnya, membaca buku analog kuno sudah cukup untuk membuat mereka tetap terjaga.

Psikolog klinis Shelby Harris yang berspesialisasi dalam kesehatan perilaku tidur mengatakan pada Wall Street Journal bahwa teknologi tidak selalu menjadi penyebab masalah tidur, dilansir New York Post

“Semakin jelas bahwa teknologi itu sendiri tidak selalu menjadi masalah. Kita perlu mencari cara untuk menyesuaikan rekomendasi tersebut dengan orang tersebut.”

Reputasi Buruk Cahaya Biru

Meski demikian, para ilmuwan di National Sleep Foundation sama sekali tidak terpengaruh dengan hasil temuan terbaru itu. Mereka masih tetap menyarankan agar tempat tidur jadi zona bebas layar gawai.

"Tempat tidur Anda sebelum tidur harus menjadi zona bebas layar.”

Mereka bahkan menyarankan untuk mematikan lampu pada perangkat gawai Anda setidaknya satu jam sebelum tidur malam

Meskipun tidak ada pendekatan universal untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, Anda dapat menyesuaikan kebiasaan untuk mendapatkan tidur yang optimal. Untuk menemukan yang terbaik bagi Anda, para ahli seperti Harris merekomendasikan beberapa strategi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terapkan dan Patuhi

Salah satu strategi paling utama adalah mengatur jadwal tidur dan menerapkannya. Menerapkan batasan waktu yang tegas untuk menggunakan gawai bisa ditetapkan sebagai kebiasaan Anda. Hal ini akan melindungi Anda dari hal-hal yang dapat memengaruhi daya ingat, retensi informasi, serta kesehatan mental.

Nyalakan Mode Pesawat

Pakar tidur juga menyarankan untuk mematikan notifikasi di ponsel sebelum Anda tidur untuk menghilangkan gangguan atau antisipasinya. Rekomendasi ini juga diamini oleh influencer yang mengatakan bahwa mengubah ponselnya ke mode pesawat di malam hari membantunya tidur dan memberikan manfaat nyata bagi kesehatan mentalnya.

 

3 dari 3 halaman

Pilih Konten yang Bersahabat

Mereka yang kesulitan tidur tidak perlu mengurangi waktu menatap layar sama sekali, tetapi Harris menyarankan agar mereka membatasi konsumsi malam hari pada konten pasif yang tidak memerlukan interaksi dan sedikit antisipasi – misalnya tayangan ulang acara TV.

Biarkan Sinar Matahari Masuk

Meskipun belum diketahui secara pasti efek paparan cahaya biru pada tidur, paparan sinar matahari secara teratur di awal dan sepanjang hari terbukti mengatur siklus tidur sirkadian.

Untuk mengetahui kepribadian tidur Anda dengan lebih baik, Harris merekomendasikan untuk mencatat kebiasaan tidur Anda dengan jurnal mingguan. Itu berarti mencatat penggunaan teknologi Anda dan cara Anda tidur malam itu — dan bagaimana perasaan Anda keesokan paginya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat