uefau17.com

Jangan Menyikat Gigi pada 3 Waktu Ini, Dokter Gigi Ungkap Alasannya - Health

, Jakarta - Seorang dokter gigi viral di TikTok usai membagikan info mengenai waktu-waktu tertentu di mana seseorang sebaiknya menghindari menyikat gigi.

Shaadi Manouchehri, direktur klinis di Smart Dental Aesthetics dan direktur di London School of Facial Esthetics di Inggris, memicu perbincangan online setelah dia mengejutkan warganet dengan mengatakan individu tidak boleh menggosok gigi pada waktu-waktu tertentu.

Dalam video tersebut, yang saat ini telah ditonton lebih dari 12 juta kali, Manouchehri mengatakan bahwa seseorang tidak boleh menyikat gigi setelah muntah. Informasi ini dengan cepat memicu pertanyaan di bagian komentar.

“Saya benar-benar harus menyikat gigi setelah muntah,” bantah salah satu pengguna TikTok.

“Ibuku selalu menyuruhku menggosok gigi setelah muntah,” kata warganet lain.

“Mempelajari yang pertama saat hamil!” tulis seorang wanita. “Obat kumur adalah sahabatku pada trimester pertama.”

Manouchehri mengatakan, selain menunda menggosok gigi setelah muntah, masyarakat juga tidak boleh menyikat gigi setelah sarapan atau makan yang manis-manis.

“Ah iya, tiga kali aku ingin gosok gigi lebih sering dari waktu lainnya,” komentar seorang pengguna TikTok. 

Ada satu faktor yang menghubungkan ketiga keadaan tersebut, kata Manouchehri: tingkat pH, atau keasaman di mulut.

“Gigi Anda terdiri atas banyak mineral dan asam dapat melarutkannya,” kata Manouchehri kepada Fox News Digital dalam sebuah wawancara.

“Saat kita makan apa pun, baik itu sarapan, makan siang, camilan, khususnya makanan manis, bakteri di gigi Anda akan memetabolismenya dan mengubahnya menjadi asam sehingga Anda bisa langsung menyikat gigi.”

Dia menambahkan, “[Ini] konsep yang sama persis dengan muntah. Yang jelas isi lambungnya sangat asam. Jadi, jika Anda langsung menyikat gigi, pada dasarnya Anda menggosokkan asam ke gigi, yang dapat merusaknya.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keasaman Mulut Akan Netral Seiring Waktu

Keasaman di mulut secara alami akan dinetralkan seiring berjalannya waktu – tetapi jangka waktu tersebut dapat memakan waktu sekitar 30 hingga 60 menit agar buffer air liur dapat bekerja, katanya.

Mungkin terdengar seperti sebuah tantangan untuk menunda menyikat gigi segera setelah muntah dengan harapan bisa menghilangkan rasa tersebut dari mulut – namun Manouchehri menawarkan beberapa tips yang dapat membantu mempercepat prosesnya.

“Hal-hal seperti minum air [dan] mengunyah permen karet bebas gula… akan mengumpulkan lebih banyak air liur sehingga dapat menetralkan asam lebih cepat,” tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Tunggu 30-60 Menit

Manouchehri menyarankan untuk menunggu 30 hingga 60 menit setelah muntah atau sarapan dan/atau makanan manis sebelum Anda menyikat gigi lagi, sehingga mulut memiliki waktu untuk menetralkan kadar pH yang tinggi.

Meskipun ini bukan satu-satunya saat Anda harus menghindari menyikat gigi, Manouchehri menyoroti ketiga hal ini karena ini adalah saat di mana orang sangat ingin segera menyikat gigi, katanya.

Di pagi hari, Anda mungkin terburu-buru setelah sarapan – lalu segera menyikat gigi. Sebaiknya hindari hal ini. 

 

4 dari 4 halaman

Lakukan Rutinitas Saat Menunggu Tingkat pH Mulut Netral

Manouchehri mengatakan bahwa dia juga tidak menyukai rasa sarapan yang masih ada di mulutnya, jadi dia melakukan rutinitas yang memberinya cukup waktu untuk menikmati makan paginya dan menunggu waktu yang diperlukan agar tingkat pH-nya menjadi netral.

Sedangkan untuk makanan manis, katanya, mencakup segala sesuatu yang mengandung gula, baik itu minuman manis atau makanan penutup yang lezat.

Gula dimetabolisme oleh bakteri di gigi, yang kemudian menghasilkan asam, kata Manouchehri.

“Jadi, kita makan makanan manis [dan] bakteri di gigi kita juga memakan makanan manis itu,” kata Manouchehri.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat