uefau17.com

Anak Batuk Pilek, Dokter Ungkap Alasan Tak Boleh Minum yang Dingin atau Air Es - Health

, Jakarta Ada anak yang senang minum dengan suhu dingin seperti air es. Namun, saat anak batuk pilek tak disarankan untuk mengonsumsi yang dingin-dingin seperti disarankan dokter spesialis anak konsultan respirologi, Rina Triasih.

"Untuk minuman dingin, sebaiknya pas lagi batuk pilek atau salesma atau common cold, dihindari dulu ya. Karena ini akan memengaruhi di saluran napas," jelas Rina.

Lebih lanjut, Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) itu menjelaskan bahwa di saluran napas ada rambut-rambut getar yang akan bergerak keluar untuk menyapu kotoran atau lendir yang berlebihan. Hal itu yang akan membuat anak menimbulkan refleks batuk.

Kehadiran minuman dingin atau makanan dingin seperti es akan membuat gerakan rambut-rambut getar di saluran napas jadi terganggu.

"Si suhu dingin akan menganggu gerakan rambut getar yang bikin produksi lendir lebih banyak lagi," jelas Rina dalam dialog daring bersama IDAI pada Selasa (20/2/2024).

Boleh Tidak Makan Cokelat Saat Batuk?

Ada juga yang menyarankan tak makan cokelat saat batuk. Menurut Rina jika seorang anak alergi terhadap cokelat tentu tidak usah makan cokelat karena akan memperparah batuk.

"Kalau enggak ada alergi cokelat ya enggak masalah," lanjut wanita yang berdomisili di Yogyakarta ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman yang Disarankan Saat Batuk Pilek

Saat anak batuk pilek, sebenarnya tidak ada makanan yang harus dikonsumsi. Pastikan saja anak makan makanan bernutrisi.

Namun, pada saat batuk pilek bakal terasa lebih nyaman jika mengonsumsi yang hangat seperti sup.

"Sup hangat akan lebih mudah dikonsumsi ya saat anak enggak enak badan seperti saat badan lemas," tuturnya.

Terpenting, berikan makanan dan minuman pada anak yang bergizi termasuk mengandung protein hewani seperti hari-hari lainnya.

"Makan seperti biasa, syukur-syukur lebih banyak lagi," kata Rina.

3 dari 3 halaman

Batuk Pilek karena Selesma atau Common Cold

Rina menjelaskan bahwa pada anak yang batuk pilek karena selesma atau common cold akan sembuh sendiri. Biasanya gejala akan mereda dalam 7-10 hari.

Terpenting yang dilakukan saaat anak batuk pilek karena common cold adalah:

  • beristirahat cukup
  • cukup minum
  • makan makanan bergizi 

Ciri-ciri batuk pilek karena common cold adalah anak deman ringan, tidak lemas, biasanya lebih didominasi pilek dari batuk, hidung tersumbat.

"Berbeda dengan influenza yang terjadi karena virus influenza dimana anak sakit lebih berat, ada demam tinggi, mengeluh nyeri kepala, nyeri otot ngilu-ngilu, anak lemah. Jutru di influenza dia tidak pilek, jarang ya," papar Rina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat