uefau17.com

Orang yang Menganggap Dirinya Paling Benar Tidak Cerdas Secara Emosional, Ini Alasannya - Health

, Jakarta - Bertemu dengan orang yang menganggap dirinya paling benar atau ingin menang sendiri adalah hal yang melelahkan.

Mereka akan selalu berargumen meski salah, sampai lawan bicaranya mengalah. Tidak jarang mereka berani untuk mengkritik orang lain di depan umum.

Dilansir dari Psychology Today pada Minggu 3 September 2023, kondisi ini adalah contoh orang yang tidak memiliki kecerdasan emosional.

Kecerdasan Emosional dan Gangguan Kepribadian

Penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional dan gangguan kepribadian menunjukkan bahwa orang dengan jenis sifat tertentu cenderung kurang memiliki kesadaran interpersonal (diri sendiri). 

Fairlegh Dickinson meneliti kecerdasan emosional melalui kepribadian seseorang, hasinya ternyata orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi akan menyesuaikan dengan orang lain, bukan malah memaksakan kehendak.

Berdasarkan temuan Farilegh, ciri orang dengan gangguan kepribadian adalah yang memiliki kecerdasan emosional buruk serta antisosial.

Artinya, mereka yang kepribadiannya terganggu maka tidak cerdas secara emosional. Akan sangat menguras mental ketika bertemu orang seperti ini.

Agar menghindari gangguan kepribadian, maka cobalah untuk mengolah kecerdasan emosional.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komponen Kecerdasan Emosional

Mengutip dari situs Professional Developement Divisi Pendidikan Berkelanjutan Harvard, dijelaskan bahwa memiliki kecerdasan emosional bisa membantu kita untuk mengenali, memahami, serta mengelola emosi sendiri.

"Kecerdasan emosional sangat penting dalam membangun dan memelihara hubunganserta mempengaruhi hubungan orang lain" ujar Margaret Andrew, mantan Dekan Divisi Pendidikan Berkelanjutan Harvard.

Komponen kecerdasan emosional meliputi:

  • Kesadaran diri : Komponen ini untuk memahami emosi diri sendiri dan orang lain. Biasanya, jika kita memiliki komponen kecerdasan ini, kita lebih tepat dalam mengambil keputusan.
  • Regulasi diri : Dengan komponen ini, kita jadi memahami emosi diri sendiri dan mudah beradaptasi dalam segala situasi.
  • Kesadaran sosial : Pada komponen ini, kita memiliki rasa empati kepada orang lain.
  • Keterampilan sosial : Mereka yang memiliki komponen ini, umumnya bisa menjadi pemimpin yang baik. Karena memiliki keterampilan manajemen konflik, kerja tim, serta memberikan pengaruh kepada orang lain.
3 dari 3 halaman

Tips Mengatur Emosi Diri Sendiri Ketika Menemui Orang Seperti Ini

1. Jangan Mudah Men-judge

Beberapa orang memang memiliki hubungan kurang baik dengan temannya. Namun, bukan berarti mereka semua memiliki gangguan kepribadian, bisa jadi hanya salah satunya saja.

2. Lakukan Pendekatan

Pahami mereka yang bermasalah dengan kecerdasan emosionalnya dengan melakukan pendekatan.

3. Beri Contoh Kecerdasan Emosional

Ketika mereka mulai berargumen, cobalah untuk pertahankan opini diri sendiri.

Jelaskan dengan baik hingga mereka sadar bahwa itu adalah bentu kecerdasan emosional.

4. Selalu Intropeksi Diri

Ketika kita berpikir mereka salah, coba untuk intropeksi diri. Mungkin saja yang salah itu diri sendiri.

5. Jaga Komunikasi

Jangan langsung cut off teman seperti ini. Bayangkan kondisi mereka ketika tidak ada satu pun yang ingin berteman, bayangkan kita yang berada di posisi itu, pasti akan sedih.

Oleh sebab itu, cobalah untuk tetap menjalin komunikasi meski jarang mengobrol bersama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat