uefau17.com

Studi: Konsumsi Multivitamin Rutin Bisa Memperlambat Penurunan Daya Ingat pada Lansia - Health

, Jakarta - Sejak lama, multivitamin terkenal dengan macam-macam manfaatnya. Belakangan sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan manfaat lain dari multivitamin.

Studi tersebut menunjukkan jikalau orang tua berusia di atas 60 tahun yang rutin mengonsumsi multivitamin bisa memperlambat penurunan daya ingatnya.

Dalam upaya membuktikannya, para peneliti melakukan tes memori pada kelompok yang meminum multivitamin setiap hari dengan kelompok yang hanya menggunakan plasebo berjumlah lebih dari 3.500 orang.

Hasilnya, kelompok lansia yang mengonsumsi multivitamin kehilangan memori 3,1 tahun lebih sedikit dibanding dengan kelompok plasebo.  

"Kebanyakan orang tua khawatir tentang perubahan memori yang terjadi dengan penuaan. Penelitian kami menunjukkan bahwa suplementasi dengan multivitamin bisa jadi cara sederhana bagi orang tua untuk memperlambat penurunan daya ingat," ujar Lok-Kin Yeung, penulis utama studi sekaligus peneliti postdoctoral di Columbia University’s Taub Institute for Research on Alzheimer’s Disease and the Aging Brain mengutip Health, Kamis (1/6/2023).

Multivitamin Bukan Satu-Satunya Patokan

Meski sudah menunjukkan hasil yang positif tentang dampak multivitamin pada daya ingat, para peneliti masih mengingatkan bahwa penggunaan multivitamin tidak boleh menjadi satu-satunya sumber dukungan untuk kesehatan otak.

"Suplemen dalam bentuk apapun tidak boleh menggantikan cara lain yang lebih holistik untuk mendapatkan mikronutrien yang sama," ujar rekan penulis studi yang merupakan profesor neuropsikologi di Columbia University’s Vagelos College of Physicians and Surgeon, Dr Adam Brickman.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Lupa Konsultasi dengan Dokter

Lebih lanjut Adam mengungkapkan bahwa sebelum hendak mengikuti hasil studinya, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter.

"Meskipun multivitamin umumnya aman, orang harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya," kata Adam.

Studi selaras bertajuk COcoa Supplement and Multivitamin Outcomes Study (COSMOS) yang dipimpin oleh Brigham & Women’s Hospital and Harvard University menemukan hasil serupa.

Di antara populasi penelitian yang terdiri dari lebih dari 2.000 peserta, peneliti mengidentifikasi suplementasi multivitamin mineral selama tiga tahun.

Hasil menunjukkan adanya peningkatan kognisi global, memori episodik, dan fungsi eksekutif pada orang dewasa yang lebih tua.

3 dari 4 halaman

Manfaat Multivitamin Lainnya

Merespons studi COSMOS, Adam mengungkapkan bahwa manfaat penggunaan multivitamin lainnya juga terlihat dalam aspek penyakit kardiovaskular.

"Ada bukti bahwa orang dengan penyakit kardiovaskular mungkin memiliki tingkat mikronutrien yang lebih rendah yang mana dapat dikoreksi oleh multivitamin," kata Adam.

"Tetapi saat ini kami tidak benar-benar tahu mengapa efeknya lebih kuat pada kelompok ini," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Masih Dibutuhkan Penelitian Lanjutan

Adam menambahkan, meskipun studinya sudah menunjukkan penggunaan multivitamin yang punya manfaat positif untuk kognitif, dirinya masih menyarankan adanya penelitian lanjutan.

"Penelitian ini belum dirancang untuk menguji mekanisme tertentu," kata Adam.

Terlebih, peneliti belum melihat komponen spesifik multivitamin mana yang dapat membantu menurunkan penurunan daya ingat pada lansia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat