uefau17.com

Viral Dokter Wayan Karawang, Dua Minggu Sebelum Lebaran Masih Buka Praktik di Rumah - Health

, Jakarta Kondisi rumah Dokter Wayan Karawang menarik perhatian warganet sejak akhir April lalu. Dokter Wayan tinggal di rumah besar penuh sampah. Padahal, rumah tersebut dahulu megah.

Sebelum kisahnya viral di media sosial, dokter pemilik nama lengkap I Wayan Tirta tersebut diketahui sempat bekerja sebagai dokter khusus di sebuah perusahaan.

Sayangnya, perusahaan itu bangkrut hingga akhirnya dokter Wayan memutuskan buka praktik sendiri di rumahnya yang berada di daerah Karawang, Jawa Barat.

Kapolsek Klari Kompol Hidayat mengungkapkan bahwa Dokter Wayan terkenal sebagai dokter yang baik di kalangan masyarakat. Bahkan, sebelum Lebaran Idul Fitri kemarin, dokter Wayan masih membuka praktik.

"Dokter Wayan dikenal cukup baik oleh masyarakat setempat. Beliau terakhir dua pekan sebelum Lebaran masih membuka praktik atau menerima pasien," kata Kapolsek Hidayat mengutip Antara, Sabtu (6/5/2023).

Dokter Wayan Praktik di Rumah, Bikin Obat Racik

Berdasarkan keterangan warga setempat, dokter Wayan membuka praktik di area rumahnya. Meski penuh sampah dan tertutup pepohonan, dokter Wayan punya banyak pasien dari Kecamatan Klari, Karawang maupun luar itu.

Seorang tetangga yang tinggal di belakang rumah dokter Wayan menyebut, dirinya terkenal karena obat racikannya dinilai ampuh. Ia diketahui tidak memberikan obat utuh seperti apa yang dijual bebas.

"Dokter umum. Wah, banyak pak (pasiennya). Kalau dokter yang lain parasetamol dikasih gitu kan. Kalau dia diracik sendiri makanya bagus gitu," kata tetangga mengutip penuturannya di hadapan Anggota DPR RI Dedi Mulyadi yang tengah mampir ke rumah dokter Wayan beberapa hari lalu. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dokter Wayan Sempat Dianjurkan Benahi Rumahnya

Mulanya, dokter Wayan viral karena kisahnya diangkat oleh warganet yang akrab disapa Ni Luh. Sebab, ayah Ni Luh sudah lama berteman dengan Dokter Wayan.

Ayah Ni Luh sendiri sebenarnya sempat meminjamkan uang pada Dokter Wayan. Dengan harapan, tempat praktik Dokter Wayan bisa dibenahi menjadi lebih baik.

"Saya menginginkan Dokter Wayan itu praktik dengan tempat yang layak. Sehingga saya berikan uang, cuma-cuma, pinjam tanpa bunga sebanyak Rp20 juta," ujar Ayah Ni Luh dalam perbincangannya bersama pemilik akun TikTok @bangbrew94.

"Terus saya kasih saran, 'Bli, tolong dibenerin, dibersihin tempat praktiknya sehingga layak'. Pasiennya kok pada takut kayaknya, bahasa kasarnya saya sempat nyindir sedikit 'Biar bisa membedakan antara rumah dokter sama rumah dukun'. Tertawa beliau, memang saya suka bercanda, maaf ya," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Dokter Wayan Enggan Benahi Tempat Praktiknya

Lebih lanjut ayah Ni Luh mengungkapkan bahwa setelah pembicaraan itu, dokter Wayan mengaku enggan membenahi rumah yang jadi tempat praktiknya tersebut.

Dokter Wayan justru lebih ingin membeli mobil baru. Entah untuk apa, namun ayah Ni Luh mengizinkan saja uangnya dipinjam lebih dulu untuk mobil baru.

"Saya jawab, saya kasih pinjam mau diarahkan ke apa saja saya tidak punya hak untuk intervensi lagi. Pinjam ya pinjam saja. Silahkan, yang penting bermanfaat untuk bli. (Dia jawab) 'Iya, mau beli mobil enggak ada kendaraan'," ujar ayah Ni Luh.

Alhasil, uang pinjaman dari ayah Ni Luh digunakan Dokter Wayan untuk membeli mobil. Rumah Dokter Wayan yang jadi tempat praktik pun masih tetap sebagaimana adanya, dengan sampah dan tertutup oleh pepohonan.

4 dari 4 halaman

Sahabat Dokter Wayan, Ayah Ni Luh Kerap Beri Makan

Ni Luh melalui akun TikTok @iiarsss mengungkapkan bahwa dahulu rumah dokter Wayan megah. Ada bunga-bunga indah dan aquarium yang besar.

"Ini rumah teman papa, beliau seorang dokter. Dulu rumah ini sangat megah dan besar sekali, dipenuhi bunga indah dan aquarium besar dengan pintu yang lebar dan tinggi," tulis Ni Luh mengutip video yang akhirnya viral diunggah pada Minggu, 30 April 2023 lalu dan akhirnya viral.

Ni Luh menambahkan, setiap dua hingga tiga kali seminggu, ia dan ayahnya biasa mengantar makanan untuk Dokter Wayan.

"2-3 kali seminggu, aku dan papa selalu cek keadaan beliau dan antar mi, telur dan air minum. Beliau yang tinggal sebatang kara cerita, beberapa kali ular lewat di sini," ujar Ni Luh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat