uefau17.com

Resep Ikan Bakar ala Devina Hermawan, Cocok untuk Sambut Tahun Baru Bersama Keluarga - Health

, Jakarta - Beberapa jam lagi kita akan sudah memasuki tahun baru 2023. Ketika menyambut pergantian tahun, banyak orang memutuskan untuk melakukan acara bakar-bakaran dengan teman atau keluarga.

Bahan yang digunakan juga bervariasi, mulai dari yang simpel seperti sosis atau jagung, hingga aneka sumber protein misalnya ikan, cumi-cumi dan udang.

Ikan menjadi bagian penting dari pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. Ikan merupakan sumber protein dan vitamin yang baik, dan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung.

Sementara itu, cumi-cumi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Udang juga kaya akan protein dan mineral serta baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Meski tidak sesimpel sosis atau jagung yang hanya perlu dibalur margarin dan saus sebelum dibakar, ikan perlu dicuci dan dibumbui terlebih dahulu. Namun, tentu saja rasa yang dihasilkan dari olahan ikan tidak main-main. Apalagi jika Anda mengikuti resep ikan bakar ala juru masak jebolan ajang MasterChef Indonesia musim kelima ini.

Resep seafood bakar jimbaran ala Devina Hermawan cocok menemani Anda begadang di malam pergantian tahun. Resep ini juga disertai dengan 3 jenis sambal yang bukan hanya lezat tapi juga ampuh bikin mata tetap melek sepanjang malam.

1. Bahan

-1 ikan air tawar atau ikan air laut (500-600 gram). Ikan yang bisa digunakan antara lain ikang kembung, kerapu, ekor kuning, bahkan ikan fillet.

-1 cumi, ukuran besar

-9 udang

-Bumbu halus

-1 siung bawang bombay ukuran sedang

-4 siung bawang putih

-1 ruas jahe

-3 ruas kunyit

-2 terasi

-4 sendok makan saus tiram

-3 sendok makan saus tomat

-1 sendok makan saus sambal

-2 jeruk limau

-200 ml air

-Garam, gula, merica sesuai selera.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

 2. Sambal Matah

-15 siung bawang merah, iris

-8 cabai rawit merah, iris

-2 terasi

-2 jeruk limau

-1/2 sendok teh garam

-2 sendok teh gula

-1 sendok teh penyedap

-50 ml minyak kelapa atau minyak goreng.

3. Sambal Terasi

-5 siung bawang merah

-3 siung bawang putih

-1 tomat

-5 cabai merah

-3 terasi, bakar

-8 cabai rawit merah

-1 sendok makan gula

-1/2 sendok teh garam.

4. Sambal Kecap

-10 sendok makan kecap manis 6 cabai rawit merah, iris

-1 siung bawang putih, geprek

-1 jeruk limau

5. Pelengkap

-Nasi

-Timun.

3 dari 4 halaman

Langkah-Langkah

1. Bersihkan cumi hingga bersih. Bagian yang keras seperti mata dapat langsung dibuang. Setelah itu, potong-potong sesuai selera dan tusuk dengan tusuk sate. Apabila ukuran cumi kecil, tidak masalah jika tidak dipotong.

2. Bersihkan udang, belah punggungnya kemudian tusuk dengan tusuk sate. Satu tusuk bisa diisi 3 hingga 4 udang.

3. Bersihkan ikan, sayat-sayat badannya agar bumbu bisa meresap kemudian keringkan dengan tisu atau lap untuk memastikan ikan kering dan beri sedikit garam di kedua sisinya.

4. Untuk membuat bumbu, potong semua bahan, yaitu bawang bombay, bawang putih, jahe, kunyit. Masukkan ke dalam blender untuk dihaluskan. Jangan lupa tambahkan terasi dan sedikit minyak.

Devina menuturkan, penggunaan jahe dan kunyit dimaksudkan agar bumbu ikan rasanya kuat. Jika tidak ada bawang bombay dapat diganti dengan bawang merah.

5. Tumis hingga wangi dan matang. Tandanya yaitu minyaknya terpisah dari bumbunya.

6. Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, air, gula, dan merica kemudian masak hingga air susut. Jangan lupa koreksi rasa untuk memastikan rasanya pas. Bumbu ini jika bisa disimpan di kulkas untuk digunakan di lain waktu.

4 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya

7. Panggang ikan dengan teflon hingga setengah matang kedua sisinya, oles bumbu di kedua sisinya lalu panggang hingga matang.

8. Panggang udang dan cumi dengan teflon hingga setengah matang kedua sisinya, oles bumbu di kedua sisinya lalu panggang hingga matang.

Cara membuat sambal:

1. Sambal Matah

Untuk sambal matah, campurkan bawang merah dan cabai rawit. Bumbui dengan garam, gula, dan penyedap kemudian siram dengan terasi yang sudah digoreng dengan minyak, aduk rata.

2. Sambal Terasi

Untuk sambal terasi, rebus semua bahan kecuali terasi dan cabai rawit setelah setengah matang tambahkan cabai rawit lalu rebus sebentar. Ulek semua bahan kecuali tomat hingga halus baru kemudian tambahkan tomat dan ulek sebentar. Tambahkan gula dan garam sesuai selera.

3. Sambal Kecap

Untuk sambal kecap, campurkan semua bahan lalu beri perasan jeruk limau.

Sajikan seafood bakar jimbaran dengan sambal matah, sambal terasi, sambal kecap, nasi, dan timun sebagai pelengkap. Seafood bakar siap dinikmati. Hidangan ini pas untuk 3 porsi.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat