uefau17.com

Peti Mati Ratu Elizabeth II Tiba di Buckingham, Disambut Puluhan Ribu Orang di Tengah Hujan - Health

, Jakarta Mobil jenazah yang membawa peti mati mendiang Ratu Elizabeth II akhirnya tiba di Istana Buckingham, London pada Selasa, 13 September 2022. Puluhan ribu orang nampak menanti di tengah hujan lebat yang mengguyur demi menyambut pemimpin terlama di Kerajaan Inggris tersebut.

Pada malam yang gelap itu, mobil jenazah Ratu Elizabeth berjalan perlahan dari bandara terdekat melalui London. Perjalanan tersebut dikelilingi oleh kerumunan orang yang berdiri sepanjang rute.

Tak sedikit warga yang melempar bunga maupun yang rela berlari untuk melihat sekilas peti mati Ratu Elizabeth. Saat memasuki halaman Istana Buckingham, para polisi yang memimpin jalan juga berhenti untuk menundukkan kepala.

"Raja Charles III yang baru saja diangkat pada pekan lalu telah berkumpul untuk menerima peti mati Ratu Elizabeth bersama dengan tiga saudara kandungnya, dua putranya William dan Harry, dan anggota senior keluarga kerajaan lainnya," ujar juru bicara Istana Buckingham mengutip Channel News Asia, Rabu (14/9/2022).

Pemakaman Ratu Elizabeth dikabarkan akan berlangsung di Westminster Abbey pada pukul 11.00 waktu setempat. Westminster Abbey merupakan gereja tempat dimana raja dan ratu Inggris dimahkotai.

Termasuk tempat dimana Ratu Elizabeth II dinobatkan pada tahun 1953. Westminster Abbey juga merupakan tempat dimana dia menikah dengan Pangeran Philip pada tahun 1947.

Mengutip laman BBC, kepala negara dari berbagai belahan dunia akan terbang untuk bergabung dengan anggota Keluarga Kerajaan Inggris untuk mengingat kehidupan dan pelayanan Ratu Elizabeth II. Begitupun dengan politisi senior Inggris dan mantan perdana menteri.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditemani Anak Perempuan Satu-Satunya

Putri Anne yang merupakan anak perempuan satu-satunya dari Ratu Elizabeth II menjadi sosok yang menemani perjalanan peti mati tersebut. Mulai dari kastil terpencil di Balmoral ke Edinburgh, hingga kemudian dibawa ke London.

"Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk menemaninya dalam perjalanan terakhirnya. Menyaksikan cinta dan rasa hormat yang ditunjukkan oleh begitu banyak orang dalam perjalanan ini sangat merendahkan hati dan membangkitkan semangat," ujar Putri Anne dalam sebuah pernyataan.

Pada hari ini, peti mati Ratu Elizabeth akan dibawa dengan kereta sebagai bagian dari prosesi militer besar ke Westminster Hall. Anggota masyarakat pun diberikan izin untuk berjalan melewati peti mati selama 24 jam penuh hingga hari pemakaman tiba.

Di hari pemakaman Senin 19 September mendatang, kerumunan diperbolehkan untuk hadir di sepanjang area The Mall untuk menonton prosesi dan layar besar di taman kerajaaan yang akan dipasang untuk menunjukkan liputan layanan dan acara.

Pemakaman Ratu Elizabeth II juga akan disiarkan melalui televisi dan tersedia secara streaming dengan pembaruan berkelanjutan.

3 dari 4 halaman

Akan Dimakamkan di St George's Chapel

Ratu Elizabeth nantinya akan dimakamkan di dalam St George's Chapel, di halaman Kastil Windsor, di samping makam Pangeran Philip. Proses arak-arakan juga akan dilakukan dengan anggota keluarga lainnya.

Peti mati Ratu Elizabeth akan dihiasi dengan Mahkota Negara Kekaisaran dan karangan bunga. Rute arak-arakan akan berangkat pada pukul 14.22 di sepanjang The Mall, di seberang Horse Guards Parade, melewati Downing Street menuju Westminster.

Dalam momen tersebut, anggota keluarga kerajaan akan berjalan di belakang Ratu Elizabeth. Mereka akan diikuti oleh staf senior dari keluarga kerajaan serta staf pribadi.

Big Ben akan berdentang dan senapan mini yang ditembakkan oleh The King’s Troop Royal Horse Artillery di Hyde Park akan bergema di seluruh ibu kota.

Peti mati Ratu akan ditempatkan di platform yang ditinggikan atau catafalque di tengah aula dan dijaga sepanjang waktu oleh petugas.

4 dari 4 halaman

Aula Gereja Dibuka 24 Jam

Aula tempat dimana peti mati Ratu Elizabeth diletakkan akan dibuka selama 24 jam hingga pukul 6.30 pagi pada hari pemakaman. Pemerintah Inggris telah memperingatkan bahwa mereka yang ingin memberi penghormatan akan diminta mengantri selama berjam-jam, mungkin semalaman.

Pada hari Jumat mendatang, kegiatan tersebut akan berlanjut selama satu hari penuh. Sejumlah besar orang diperkirakan akan mengantri di pusat kota London untuk mendapat kesempatan mengunjungi peti mati dan menjadi bagian dari momen bersejarah ini.

Secara terpisah, Raja Charles dan Camilla akan mengunjungi Wales pada hari Jumat, mengakhiri tur mereka ke keempat negara yang membentuk Inggris Raya.

Pada Senin 19 September 2022, peti mati Ratu Elizabeth II kemudian akan melakukan perjalanan untuk prosesi terakhir di Westminster Abbey untuk pemakaman kenegaraan, yang rinciannya kemungkinan akan datang pada hari-hari berikutnya.

Setelah upacara selesai, peti matinya kemungkinan akan diturunkan ke Royal Vault, yang terletak di bawah kapel, tempat banyak anggota keluarga kerajaan dimakamkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat