uefau17.com

6 Kejadian Mengerikan di Jumat Tanggal 13 - Health

, Jakarta Banyak orang menganggap hari Jumat tanggal 13 menjadi salah satu hari paling sial dalam tahun itu. Bahkan, para peneliti menemukan ketakutan ini telah meluas.

Beberapa psikolog memberi nama untuk rasa takut terhadap Jumat tanggal 13 yaitu friggatriskaidekaphobia. Nama itu diambil dari dewi cinta dan kesuburan Nordik Frigga yang menjadi dasar penamaan Friday. Selain itu, fobia terhadap angka 13 disebut triskaidekaphobia.

Sekalipun beberapa orang tidak percaya terhadap kesialan yang terjadi pada haru Jumat tanggal 13, namun dikutip dari Irish Examiner pada Jumat (13/7/2018), beberapa kejadian mengerikan ini terjadi pada tanggal tersebut.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bom di Inggris dan Badai Siklon

 1. Pemboman Istana Buckingham

Pada Jumat 13 September 1940, sebuah bom meledak di siang hari di Istana Buckingham ketika Raja George VI dan Ratu Elizabeth berada di bangunan itu.

Empat pekerja terluka, satu di antaranya kemudian meninggal dunia. Saluran air hancur, jendela pecah, dan banyak lukisan rusak.

2. Badai Siklon Bhola

Badai ini melanda Bangladesh pada Jumat, 13 November 1970 dan menjadi badai paling mematikan yang pernah terjadi.

Gelombang pasang setinggi 20 kaki meliputi pulau-pulai di sekitar Teluk Benggala dan membawa air laut bermil-mil jauhnya. Lebih dari 300 ribu orang meninggal.

Pada 2017, Organisasi Meteorologi Dunia menyatakannya sebagai peristiwa cuaca paling mematikan sepanjang masa di dunia.

 

 

3 dari 4 halaman

Pesawat Jatuh dan Black Friday

3. Penerbangan 571

Penerbangan 571 dari Uruguay jatuh di daerah terpencil di Andes pada Jumat, 13 Oktober 1972. Dua puluh sembilan penumpang dan awak pesawat tewas karena tabrakan atau longsoran salju. Sisanya tewas karena radang dingin dan kelaparan.

16 lainnya tidak diselamatkan selama dua bulan dan memakan daging dari orang yang meninggal yang telah disimpan dalam salju dan dipotong berukuran kecil-kecil.

4. Black Friday

Pada 13 Oktober 1989, terjadi krisis ekonomi besar-besaran di Amerika Serikat. Beberapa orang percaya bahwa akan terjadi kiamat.

Beberapa tahun sebelumnya, di 1907 pengusaha AS Thomas W. Lawson menulis novel berjudul Friday the Thirteenth di mana seorang broker mengambil keuntungan dari takhayul untuk menciptakan kepanikan dan menjatuhkan Wall Street.

 

4 dari 4 halaman

Kapal Tenggelam dan Teror ISIS

5. Kapal Pesiar Tenggelam

Kapal pesiar Costa Concordia menghantam bebatuan dan tenggelam di lepas pantai Tuscany beberapa jam setelah meninggalkan pelabuhan di Jumat, 13 Januari 2012.

Tiga puluh orang tewas sementara, Kapten Fransesco Schettino yang meninggalkan kapal sebelum penumpangnya dijatuhi hukuman 16 tahun karena pembunuha massal.

6. Serangan ISIS

Pada Jumat 13 November 2015, kelompok teroris ISIS melakukan penembakan, bom bunuh diri, dan penyanderaan di Paris. Mereka menyerang restoran, bar, aula konset Bataclan di mana grup rock Eagles of Death Metal bermain di depan 1500 penonton, dan stadion Stade de France di mana ada pertandingan persahabatan Perancis dan Jerman.

Serangan yang terjadi bersamaan itu menewaskan 130 orang dan ratusan orang terluka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat