uefau17.com

Badai Harvey Mengganas, Ibu Hamil Tua Dilarikan ke RS - Health

, Jakarta Amukan badai Harvey membuat rumah sakit yang berada di kawasan terdampak yakni negara bagian Texas, Amerika Serikat siap siaga. Texas Children Hospital misalnya, para dokter telah menghubungi ibu hamil tua dalam waktu dekat melahirkan untuk segera menginap di kawasan sekitar rumah sakit.

Bila jarak ibu dekat, bisa segera dibawa ke rumah sakit untuk menjalani persalinan. Lalu, bila bayi yang dilahirkan membutuhkan perawatan intensif di ICU neonatal bisa segera dilakukan.

Menurut rumah sakit, upaya ini dilakukan untuk mencegah ibu melahirkan di rumah atau melahirkan dalam kendaraan saat badai Harvey datang.

"Bila ibu hamil tahu dirinya akan melahirkan tapi tidak bisa menghubungi kami dan tak bisa pergi ke sini saat badai Harvey datang itu sangat menyeramkan," kata Wakil Presiden Senior Texas Children Hospital, Cris Daskevic, mengutip Time, Selasa (28/9/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi yang tidak mendesak ditunda

Di rumah sakit lain, tindakan operasi serta perjanjian dengan dokter yang tidak urgensi ditunda sementara waktu. Hal ini dilakukan agar tenaga medis bisa optimal membantu para pasien yang dalam keadaan darurat.

"Alasan utama kami menunda beberapa hal medis karena untuk memastikan stok anestesi yang kami miliki cukup serta memiliki tenaga medis yang cukup dalam mendukung tindakan operasi yang urgensi," kata Wakitl Presiden Manajemen Darurat Memorial Hermann Health System, Tom Flanagan.

Selama badai Harvey datang, tak banyak penanganan gawat darurat yang ditangani rumah sakit. Setelah badai berlalu, kata Flanaga, baru banyak pasien datang dengan luka-luka gara-gara efek badai Harvey.

Badai Harvey berkategori 1-4 melanda merupakan yang terbesar di Amerika Serikat dalam 12 tahun terakhir. Badai inimendarat di Corpus Christi, Texas, sekitar 330 kilometer dari Houston pada Jumat malam, 25 Agustus 2017 hingga Sabtu dini hari waktu setempat. Diperkirakan badai tetap berlangsung hingga 30 Agustus 2017.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat