uefau17.com

Apa yang Menyebabkan Seseorang Kidal? - Health

, New York- Pangeran William, Lin Dan, Dhea Anissa, Oprah Winfrey, Angelina Jolie, Valentino Rossi, Barack Obama, Marilyn Monroe dan sederet publik figur lainnya lebih aktif menggunakan tangan kiri alias kidal. Ya, di dunia ini sekitar 90 persen aktif menggunakan tangan kanan, sementara 10 persen menggunakan tangan kiri.

Lalu, apa saja faktor yang menyebabkan seseorang lebih aktif menggunakan tangan kiri alias kidal?

Beberapa peneliti meyakini orang yang aktif dengan tangan kiri terkait dengan genetika. Walaupun sebagian peneliti tidak yakin akan hal ini.

Salah satu studi pada 2013 dalam jurnal PLoS Genetics menyebutkan identifikasi gen dan mutasi gen dapat memengaruhi perkembangan asimetri kiri-kanan tubuh dan otak. Ini memungkinkan bahwa kondisi genetik terkait dengan penggunaan tangan.

Namun, para pakar meyakini faktor genetik hanya berperan 25 persen terkait penggunaan tangan mana yang aktif seperti dikutip laman Time (16/8/2016).

Sementara itu, dalam laporan Atlantics, para peneliti meyakini penggunaan tangan kiri terjadi seiring berjalannya waktu. Bagi orang tersebut, penggunaan tangan kiri dirasa lebih menguntungkan.

Para peneliti lainnya pun masih mencari alasan paling kuat kenapa seseorang menggunakan tangan kiri. Namun satu hal yang pasti, penggunaan tangan kanan dan kiri tidak terkait dengan kepribadian seseorang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat