uefau17.com

Sirup Maple Bisa Redakan Inflamasi? - Health

, Jakarta Suatu molekul dalam sirup maple diidentifikasi memiliki khasiat anti-inflamasi. Arthritis dan penyakit inflamasi lainnya suatu hari nanti bisa diobati dengan pengobatan yang mengandung molekul quebecol dari sirup maple.

Ditemukan pada 2011, quebecol adalah hasil reaksi kimia selama proses pembuatan sirup yang mengubah polifenol secara alami dalam sirup mapel. Setelah sukses menyatukan quebecol dan turunannya, peneliti Universite Laval di bawah pengawasan Normand Voyer, ahli kimia dan Faculty of Science and Engineering, mengevaluasi kandungan anti-inflamasinya.

Baca Juga

  • 4 Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir
  • Manfaat Sirup Maple, Cegah Kanker Hingga Antipenuaan
  • Rutin Konsumsi Buah Delima Akan Rasakan 4 Manfaat Ini

Mereka memanggil Daniel Grenier, yang mengembangka suatu model in vitro untuk memastikan potensi anti-inflamasi dari molekul-molekul alami tersebut.

"Kami mengambil sel darah yang disebut makrofage dan menggabungkannya dengan bakteri beracun," jelas Profesor Grenier, dilansir dari laman Medindia, Jumat (25/12/2015).

"Makrofage biasanya bereaksi dengan memicu suatu respon inflamasi. Tapi jika sifat mediumnya mengandung molekul anti-inflamasi, respon ini akan diblok," bunyi hasil penelitian.

Para peneliti melakukan tes yang menunjukkan quebecol membatasi respon inflamasi makrofage, dan beberapa turunannya bahkan lebih efektif dibandingkan molekul asli.  

"Turunan yang paling besar dayanya memiliki struktur lebih sederhana dan mudah untuk disatukan ketimbang quebecol," ujar Normand Voyer. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Bioorganic & Medicinal Chemistry Letters.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat