uefau17.com

Grup Musik ABBA Menerima Gelar Ksatria dari Raja Swedia Carl XVI Gustaf - Global

, Stockholm - Empat orang anggota kuartet pop asal Swedia, ABBA, yang memenangkan Kontes Lagu Euro vision 1974 dengan lagu "Waterloo," pada Jumat (31/5/2024), menerima salah satu gelar ksatria bergengsi dari Raja Swedia Carl XVI Gustaf.

Tanda jasa Order of Vasa dianugerahkan kembali untuk pertama kalinya setelah hampir 50 tahun, dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (4/6).

Sebelumnya Agnetha Faltskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson dan Anni-Frid Lyngstad menyandang gelar bergengsi lain dalam dunia musik Swedia dan internasional.

Björn Ulvaeus mengatakan kepada wartawan, "Saya sangat terharu. Gelar ini diberikan rakyat Swedia. Jadi saya sangat tersentuh."

Awal tahun ini, sejumlah kandidat dicalonkan masyarakat Swedia untuk menerima gelar ksatria tersebut. Setelah itu, pemerintah dan raja Swedia menyetujui beberapa calon, termasuk keempat anggota ABBA.

Gelar itu dianugerahkan dalam sebuah upacara yang khidmat di Istana Kerajaan Swedia, di Ruang Pertemuan Vita Harvet yang berlapis emas.

Raja menyerahkan tanda jasa yang dikemas dalam kotak berwarna merah, sementara Ratu Silvia memberikan sertifikat penghargaan kepada mereka.

"Gelar yang Anda dapatkan hari ini merupakan bentuk terima kasih Swedia atas usaha Anda yang luar biasa," ungkap raja sebelum penyerahan tanda jasa.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Personel ABBA

Andersson, Fältskog dan Lyngstad yang kini menggunakan nama belakang Reuss berjalan dengan bantuan tongkat, serta Ulvaeus menerima gelar ksatria dalam acara yang ditayangkan langsung di media Swedia.

Kemenangan di Eurovision mengubah ABBA menjadi raksasa pop, yang sejauh ini menjadi band paling sukses jebolan ajang sebenua itu.

Musik pop disko ABBA terjual hingga ratusan juta kopi di seluruh dunia. Pertunjukan teater musikal “Mamma Mia!” yang menampilkan diskografi band itu pun masih ditampilkan selama 25 tahun terakhir dan telah diadaptasi ke dalam dua film.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat