uefau17.com

Bukit Berbentuk Piramida di China Picu Teori Konspirasi, Karya Peradaban Kuno atau Alien? - Global

, Guiyang - Provinsi Guizhou di China adalah rumah bagi puluhan bukit berbentuk kerucut yang dikenal sebagai Piramida Anlong.

Dinamai seperti ini lantaran punya kemiripan dengan piramida terkenal di Mesir, dikutip dari laman Oddity Central, Rabu (29/5/2024).

Dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Anlong telah menjadi tujuan wisata populer berkat bukit-bukitnya yang menyerupai piramida yang telah memikat jutaan orang di seluruh dunia.

Selain bentuknya yang seperti piramida, formasi ini juga menampilkan lapisan-lapisan batuan yang bertumpuk dengan rapi.

Sejak foto dan video Piramida Anlong mulai beredar online sekitar tahun 2018, teori konspirasi tentang asal muasal Piramida Anlong juga mulai bermunculan.

Meskipun para ahli telah berupaya keras untuk meyakinkan masyarakat bahwa piramida-piramida ini benar-benar alami, beberapa orang masih percaya bahwa itu adalah Piramida Anlong, karya peradaban manusia kuno atau alien.

Menurut Zhou Qiuwen, seorang profesor di Universitas Normal Guizhou, apa yang disebut piramida di Kabupaten Anlong adalah contoh khas medan karst dengan sejarah sekitar 200 juta tahun.

Ketika wilayah ini masih berupa laut dangkal, mineral mulai larut dalam air dan mengkristal kembali menjadi dolomit, komponen utama piramida masa kini.

Karena perubahan iklim, struktur geologi, dan faktor lainnya secara berkala, lapisan batuan yang bertumpuk terlihat sangat jelas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Struktur Bebatuan

Lebih lanjut, Zhou menjelaskan bahwa struktur bebatuan yang menyerupai balok, yang banyak dianggap sebagai bukti campur tangan manusia atau alien, adalah hasil dari proses geologi yang diketahui.

Retakan kecil di dalam bebatuan memungkinkan air mengikisnya secara perlahan, menciptakan formasi seperti balok yang tersegmentasi.

Mengenai bentuk piramida yang khas dari formasi karst tersebut, Zhou menjelaskan bahwa topografi karst di kawasan tersebut mengalami erosi vertikal oleh air, dengan lapisan atas terkikis lebih cepat dan lapisan bawah lebih lambat, sehingga menghasilkan bentuk seperti piramida dengan bentuk yang tajam.

Terlepas dari semua penjelasan ilmiah yang ada, orang-orang terus berspekulasi tentang asal muasal Piramida Anlong, ada yang mengklaim bahwa itu adalah makam kuno yang dibangun oleh peradaban kuno.

Ada pula yang mengatakan bahwa itu adalah prototipe piramida yang sebenarnya, dan ada pula yang mengatakan bahwa itu adalah piramida asli.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat