uefau17.com

Kebakaran Apartemen di Ibu Kota Vietnam, 30 Orang Tewas - Global

, Hanoi - Kebakaran melanda sebuah apartemen di Hanoi, Vietnam, pada Selasa 12 September 2023. 30 orang dilaporkan tewas dalam peristiwa tersebut.

Saksi mata yang mendengar teriakan dari dalam gedung menyebut bahwa kebakaran terjadi pada tengah malam di tempat parkir gedung apartemen 10 lantai tersebut. 

"Pihak berwenang telah menyelamatkan sekitar 70 orang, melarikan ke 54 orang ke rumah sakit, termasuk puluhan orang tewas," kata kantor berita resmi Vietnam, seperti dikutip CNA, Rabu (13/9/2023).

"Ini adalah kebakaran yang sangat serius," bunyi pernyataan itu.

Api berhasil dipadamkan pada Rabu pagi dan tim penyelamat berjuang untuk mengakses gedung tersebut karena berada di gang sempit di daerah perumahan di barat daya Hanoi. Ditambah lagi, balkon-balkon kecil di gedung itu dikelilingi besi, dengan blok apartemen hanya memiliki satu pintu keluar dan tidak ada tangga darurat di luar.

Pihak berwenang melaporkan ada sekitar 150 orang tinggal di kompleks tersebut. 

"Saya mendengar banyak teriakan minta tolong. Kami tidak bisa banyak membantu mereka," kata seorang wanita bernama Hoa yang tinggal di dekat blok tersebut, kepada AFP di lokasi.

"Apartemennya sangat tertutup sehingga tidak ada jalan keluar, sehingga korban tidak mungkin bisa keluar."

Saksi lain, Huong, mengatakan seorang anak kecil dilempar dari lantai atas untuk menghindari kobaran api. 

"Asapnya ada di mana-mana. Ada anak kecil yang terlempar dari lantai tinggi, saya tidak tahu selamat atau tidak, meski ditangkap menggunakan kasur," ujarnya.

Menanggapi kebakaran tersebut, Wakil Perdana Menteri Tran Luu Quang telah mengunjungi lokasi kejadian pada Rabu pagi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran di Vietnam

Vietnam telah mengalami beberapa kali kebakaran mematikan dalam beberapa tahun terakhir, sering kali terjadi di tempat-tempat hiburan seperti bar karaoke populer.

Tahun lalu, kebakaran di bar karaoke tiga lantai di pusat komersial Ho Chi Minh City menewaskan 32 orang. Sebanyak 17 orang juga terluka dalam kebakaran tersebut, dan pemiliknya ditangkap atas tuduhan melanggar peraturan pencegahan kebakaran. 

Setelah tragedi tersebut, perdana menteri memerintahkan inspeksi terhadap semua tempat yang berisiko tinggi.

Pada tahun 2018, 13 orang tewas setelah kebakaran menimpa kompleks apartemen di Ho Chi Minh City.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat