uefau17.com

Kelompok Paduan Suara Indonesia Raih Medali di Takarazuka International Chamber Chorus Contest - Global

, Osaka - Kelompok paduan suara dari Indonesia sukses meraih prestasi di Jepang dalam ajang Takarazuka International Chamber Chorus Contest ke-38. Ada tiga tim padus yang meraih penghargaan, yakni Terra Voce, Libels Voice, dan Paduan Suara El-Shaddai.

Takarazuka International Chamber Chorus Contest 2023 yang digelar di Hyogo itu diikuti oleh 27 kelompok paduan suara. Para jurinya berasal dari berbagai negara. 

Berdasarkan informasi Kementerian Luar Negeri RI, berikut prestasi pada pemenang di kontes internasional tersebut: 

  • Paduan Suara El-Shaddai USU: medali perak (kategori Mixed Voice Choir)
  • Paduan Suara SMAN 15 Surabaya Libels Voice: medlai perunggu (kategori Children’s & Youth Choir)
  • Terra Voce: medali perunggu (kategori Mixed Voice Choir) dan Audience Award

"Kami berbangga sekali atas prestasi yang diraih oleh anak bangsa. Hasil ini merupakan buah perjuangan dan kerja keras para peserta hingga mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," ujar Konsul Jenderal RI Osaka, Diana ES Sutikno. 

Konjen RI Osaka turut hadir menyaksikan dan memberikan dukungan secara langsung kepada ketiga kelompok paduan suara. Konjen RI juga turut menemani Paduan Suara El-Shaddai USU latihan persiapan sebelum tampil di atas panggung.

Kompetisi ini terdiri dari lima kategori, yaitu Children’s & Youth Choir, Senior Choir, Equal Voice Choir, Mixed Voice Choir, dan Open Division for The Audience Award. Kompetisi ini pertama kali digelar tahun 1984 sebagai ajang memperingati HUT ke-30 dari Kota Takarazuka.

Menurut informasi KJRI Osaka, kontes sempat dibatalkan pada tahun 2020 akibat pandemi, kemudian dilanjutkan pada tahun 2021 dan 2022 dengan pembatasan peserta yang hanya berasal dari Jepang. Perhelatan kali ini adalah pertama kalinya setelah empat tahun kompetisi paduan suara Takarazuka diikuti peserta dan juri dari luar Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelompok Paduan Suara Anak Indonesia Raih Juara Umum di Leonardo Da Vinci International Choral di Italia

Sebelumnya, kelompok paduan suara anak asal Indonesia The Resonanz Children's Choir (TRCC) sukses mengukir prestasi ketika mengikuti kompetisi paduan suara di Leonardo Da Vinci International Choral Festival di kota Firenze, Italia, Jumat, 14 Juli 2023.

Merujuk pada keterangan pers yang diterima , Sabtu (15/7/2023), TRCC berhasil meraih juara umum di kompetisi paduan suara internasional tersebut. Selain, mereka juga meraih juara kategori D (Children's Choir) dengan nilai 94,3 dan juara kategori G (Popular, Folk, Gospel, Barbershop, Jazz, and Modern Ensemble) dengan nilai 95,5. 

TRCC pun mendapat penghargaan sebagai paduan suara dengan koreografi terbaik. Kelompok yang terdiri dari 51 penyanyi berusia 8--16 tahun tersebut dilatih tim pelatih, sekaligus konduktor, yakni Luciana Dharmadi Oendoen, Rainier Revireino dan David Hartono Chendra, dengan arahan direktur artistik, Avip Priatna.

Leonardo da Vinci International Choral Festival sendiri merupakan kompetisi paduan suara tahunan berskala internasional yang diselenggarakan di kota Firenze, Italia, yang pada tahun ini masuk edisi ke-5. Acara berlangsung sejak 11 Juli 2023 dan mencapai puncaknya pada 14 Juli 2023.

Kegiatan ini diprakarsai organisasi paduan suara Florence Choral yang kerap menyelenggarakan kompetisi dan festival paduan suara di kota Firenze. TRCC mengikuti dua kategori: kategori D - Children's Choir dan kategori G - Popular, Folk, Gospel, Barbershop, Jazz and Modern Ensembles, yang mana mereka keluar sebagai juara di masing-masing kategori. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat