uefau17.com

5 Juli 1946: Kisah di Balik Bikini Two Piece yang Kini Jadi Hit, Cikal Bakal Bikini Day - Global

, Jakarta - Villa Romana del Casale kuno yang digali di Italia Selatan dikenal karena dua hal: kumpulan mosaik Kekaisaran Romawi terbesar dan paling rumit, dan untuk mosaik yang menggambarkan wanita yang berpartisipasi dalam acara atletik yang tampaknya mengenakan bikini yang sangat modern.

Apakah desainer Louis Réard terinspirasi oleh mereka atau sesuatu yang lebih dari imajinasinya sendiri tidak jelas, tetapi pakaian renang two piece atau dua potong karyanya, yang terdiri dari atasan yang terbuat dari dua potongan kain yang dihubungkan dengan tali, dan bagian bawah yang untuk pertama kalinya memperlihatkan pusar, adalah bikini pertama. Demikian mengutip situs Famous Daily.

Louis Réard adalah seorang insinyur mobil dan desainer atau perancang pakaian Prancis yang memperkenalkan bikini dua potong modern pada Juli 1946. Dia membuka toko bikini dan menjalankannya selama 40 tahun ke depan.

Pada hari ini, 77 tahun yang lalu, tepatnya 5 Juli 1946, Réard memperkenalkan bikini pertamanya, pakaian renang terkecil di dunia.

Pesaing Réard, Jacques Heim, sebelumnya telah memperkenalkan "baju renang terkecil" miliknya, yang disebut Atome.

Réard kemudian mengatakan bahwa dia telah "membagi Atome". Dia memilih untuk menamai lini pakaian barunya dengan nama sebuah atol di Pasifik Selatan tempat AS menguji bom atom: Bikini.

Menurut KBBI, atol adalah pulau karang berbentuk lingkaran (biasanya di tengahnya terdapat danau atau laguna).

Bikini Réard kemudian menjadi hit, terutama di kalangan pria, yang mengirimkan 50.000 surat penggemar kepadanya.

Réard melakukan apa yang dia bisa untuk meningkatkan bisnisnya, mempekerjakan seorang mantan penari eksotis untuk menjadi model penemuannya, dan menyatakan dalam iklan bahwa tidak ada dua potong bikini asli "kecuali jika bisa ditarik melalui cincin kawin."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

National Bikini Day

5 Juli kemudian dikenal sebagai National Bikini Day atau Hari Bikini Nasional. Momen ini adalah kesempatan sempurna untuk pergi ke pantai.

Mengutip situs NationalToday.com, Hari Bikini Nasional merayakan ulang tahun penemuan baju renang two piece (dua potong). Karena desainnya yang agak terbuka, bikini lambat untuk diadopsi - tetapi lambat laun mendapat daya tarik ketika bintang film seperti Ava Gardner dan Brigitte Bardot mulai mengenakan bikini di pantai umum dan di film mereka.

Pakaian itu tentu saja merupakan salah satu penemuan terbesar sepanjang masa.

3 dari 4 halaman

3 Aktivitas untuk Merayakan Hari Bikini Nasional

1. Beli bikini baru

Manjakan diri Anda—Anda tidak akan pernah memiliki terlalu banyak bikini. Tapi tak ada salahnya mencoba pola atau warna baru.

2. Pesta kolam renang bikini

Pesta bertema sangat menyenangkan. Ambil beberapa dekorasi bertema bikini di toko perlengkapan pesta lokal Anda dan undang teman untuk bermain biliar. Jangan lupakan tabir surya!

3. Kenakan one-piece bikini favorit Anda

Memakai bikini memang menyenangkan, tetapi bahkan kita harus mengakui bahwa itu bukan untuk semua orang. Jika tak punya bikini two piece tidak apa-apa. Anda masih bisa ikut bersenang-senang! Kenakan one-piece bikini favorit Anda dan bergabunglah dengan pesta kolam renang.

4 dari 4 halaman

Kapan Hari Bikini Internasional?

Menurut holidayinsights.com, Hari Bikini Internasional selalu dirayakan pada tanggal 5 Juli.

Sementara itu pada 5 Juli 1946, diketahui sebagai momen bikini pertama kali dipakai dan dipublikasikan.

Anehnya, Hari Bikini Internasional juga disebut sebagai Hari Bikini Nasional, tetapi konon tidak berasal dari AS. Pada saat itu, sebagian besar orang Amerika konservatif menghindari bikini hingga tahun 1960-an.

Konon kata "nasional" mengacu pada Prancis, tempat mereka pertama kali dipublikasikan dengan model.

Bikini dikenakan oleh jutaan wanita, dari gadis yang sangat muda, hingga wanita yang tidak terlalu muda. Sulit dipercaya, ada beberapa wanita berusia 80-an yang memakainya!

Sejarah Lain Bikini: Seteru Dua Desainer

Pakaian renang dua potong kabarnya sudah ada jauh sebelum tahun 1946. Awalnya menutupi sebagian besar tubuh dan hanya memperlihatkan sedikit perut. Pada tahun 1940-an, orang menyebut wanita cantik sebagai "Bombshell". Beberapa menyebutnya "Nuclear (Nuklir)".

Ada dua desainer pakaian Prancis dari pakaian renang dua potong. Satu pakaian renang disebut "Atome", dan yang lainnya disebut "Bikini". Kedua pakaian renang itu mengacu pada Pulau Bikini, tempat Amerika Serikat menguji bom atom. Nama Bikini menang.

Baju renang dua potong ini pertama kali dimodelkan pada 5 Juli 1946, di Kolam Renang Piscine Molitor di Paris, Prancis.

Desainer Prancis Louis Reard tidak bisa mendapat model untuk mengenakan pakaian renang "tidak senonoh" di acara itu. Jadi, dia mengajak showgirl Micheline Bernardini.

Bikini pertama hanya menggunakan kain berukuran 30 inci persegi atau sekitar 193.548 cm persegi. Sejak itu, ukurannya terus menyusut.

Balutan bikini membuat wanita disebut-sebut kian menawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat