uefau17.com

Artis Hip-Hop Myanmar Byu Har Ditangkap karena Mengkritik Junta Militer - Global

, Yangon - Salah satu artis hip-hop terbesar Myanmar ditahan karena mengkritik pemerintah junta militer di Facebook.

Byu Har mengkritik penanganan junta terhadap pemadaman listrik nasional yang melanda Myanmar dalam beberapa bulan terakhir.

Negara itu berjuang untuk mengamankan pasokan pembangkit listrik berbahan bakar gas sejak kudeta 2021 yang menggulingkan pemerintahan sipil Aung San Suu Kyi.

Penahanannya Byu Har adalah yang terbaru dari penumpasan rezim terhadap para pengkritik, demikian seperti dikutip dari BBC (27/5/2023).

Byu Har, yang berbasis di Yangon, menyebut menteri listrik Myanmar "bodoh" dan "tidak kompeten" dalam sebuah video yang diposting ke Facebook pada Selasa 23 Mei 2023 malam.

Ia membandingkan kebijakan kelistrikan junta dengan pemerintahan Aung San Suu Kyi, pemimpin sipil demokratis Myanmar yang digulingkan oleh militer pada 2021.

"Selama lima tahun terakhir di bawah wanita tua itu, kami memiliki listrik 24 jam, tidak hanya itu, tagihan listrik [turun]," katanya mengacu pada Suu Kyi.

Rapper itu menggunakan bahasa yang menghasut kepada para pemimpin junta dan juga memasukkan alamat rumahnya dalam keterangan video, mengundang mereka untuk menangkapnya jika mereka mempermasalahkan postingan tersebut.

Musisi itu ditahan di Kotapraja Dagon Utara Yangon oleh polisi pada Rabu 24 Mei sebelum teman dan keluarga kehilangan kontak dengannya, kata sumber yang mengetahui kejadian tersebut kepada BBC.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memproduksi Musik yang Mengkritik Junta

Sebelum penangkapannya, rapper tersebut telah menerima beberapa peringatan dari pihak berwenang karena memproduksi musik yang mengkritik junta, tambah mereka.

Tidak jelas di mana Byu Har ditahan atau bagaimana kondisinya.

Pihak berwenang Myanmar secara rutin menginterogasi dan menyiksa para tahanan, yang rinciannya telah didokumentasikan oleh organisasi hak asasi manusia seperti Amnesty International.

Byu Har adalah putra Naing Myanmar, salah satu musisi paling terkemuka di Asia Tenggara.

Lagu Naing Myanmar "Dunia Tidak Akan Berakhir", menjadi lagu kebangsaan selama revolusi 1988, di mana aktivis mahasiswa memimpin pemberontakan nasional melawan rezim militer sebelumnya.

Lagu tersebut juga muncul kembali dalam perang saudara saat ini yang berkecamuk sejak kudeta pada Februari 2021.

Dua tahun berlalu, pemerintah militer gagal mendapatkan otoritas atas wilayah negara yang luas. Mereka masih memerangi kelompok-kelompok bersenjata etnis yang mapan di daerah perbatasan yang telah berperang dengan militer selama beberapa dekade, dan milisi anti-kudeta yang baru-baru ini dibentuk yang menyebut diri mereka Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF) di sebagian besar negara lainnya.

Ribuan orang tewas dan sekitar 1,4 juta orang mengungsi sejak kudeta. Hampir sepertiga dari populasi negara itu membutuhkan bantuan, menurut PBB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat