uefau17.com

Pengacara Donald Trump Berharap Persidangan Kliennya Bermartabat - Global

, Washington - Pengacara Donald Trump, Joe Tacopina, berharap persidangan kliennya pada Selasa (4/4/2023), dapat berlangsung "tanpa rasa sakit dan bermartabat". Trump sendiri hampir dipastikan akan menegaskan kembali bahwa dirinya tidak bersalah atas tuduhan skandal suap terhadap bintang porno Stormy Daniels.

Tacopina tidak berharap kliennya diborgol. Namun, sekalipun itu terjadi, beberapa pengamat meyakini bahwa presiden Amerika Serikat ke-45 itu akan memanfaatkannya untuk menarik simpati publik.

"Mudah-mudahan, ini tidak menyakitkan dan bermartabat bagi situasi seperti ini," ujar Tacopina dalam wawancaranya dengan CNN seperti dilansir The Guardian, Senin (3/4/2023). "Saya bahkan tidak tahu, sungguh, apa yang membawa kita ke situasi ini."

Tacopina mengaku tidak dapat memastikan apakah Trump harus melakukan foto standar terdakwa saat sidik jarinya diambil di gedung pengadilan.

Dalam kesempatan yang sama, Tacopina menjelaskan bahwa pembayaran terhadap Daniels bersifat pribadi, merupakan bagian dari penyelesaian secara hukum, dan tidak ada hubungannya dengan kampanye Pilpres 2016. Oleh karena itu, dokumentasi pembayaran tersebut tidak diajukan ke komisi pemilihan federal.

"Ini pengeluaran pribadi, bukan kampanye," tutur Tacopina. "Seandainya itu pengeluaran kampanye, dia akan menggunakan dana kampanye."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dakwaan terhadap Trump Masih Belum Jelas

Hingga Minggu (2/4), Tacopina mengatakan dakwaan persis yang dituduhkan pada Trump belum jelas. Namun, Trump diprediksi menghadapi lusinan dakwaan atas perannya dalam suap senilai US$ 130 ribu terhadap Daniels, yang mengklaim telah melakukan hubungan seksual dengan Trump pada tahun 2006. Trump membantah omongan Daniels.

Mantan pengacara Trump, Michael Cohen, pada tahun 2018 mengaku bersalah atas tuduhan menghindari pajak dan pelanggaran dana kampanye. Meski demikian, kasus yang menjerat Cohen tidak menghasilkan tuntutan apapun terhadap Trump.

Persiapan untuk dakwaan Trump di gedung pengadilan pidana Negara Bagian Manhattan di 100 Center Street telah berlangsung selama lebih dari sepekan. Barikade telah dipasang untuk membantu pihak berwenang mengendalikan massa.

Reuters melaporkan bahwa Trump memilih tinggal di Trump Tower di Manhattan pada Senin malam. Sementara itu, Trump pada Minggu mengumumkan bahwa dia berencana membuat pernyataan pers di resor Mar-a-Lago miliknya di Florida pada Selasa malam setelah sidang pembacaan dakwaan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat