uefau17.com

3 Alasan Willow Project Penuh Kontroversi dan Banyak Ditentang Aktivis Lingkungan - Global

, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah menyetujui izin untuk pelaksanaan Willow Project atau Proyek Willow pada Senin, 13 Maret 2023. Namun, proyek itu penuh kontroversi dan dikecam banyak oleh aktivis lingkungan.

Proyek Willow adalah proposal senilai US$8 miliar dari perusahaan ConocoPhilips untuk melakukan pengeboran minyak dan gas di Alaska.

Pemerintahan Biden memang berada di bawah tekanan politik yang cukup besar untuk meningkatkan produksi energi dalam negeri setelah harga bensin tertinggi dalam sejarah.

Meskipun proyek tersebut mendapat beberapa dukungan luas di Alaska, proyek itu telah menjadi sasaran kampanye media sosial yang agresif oleh kelompok lingkungan.

Proyek Willow pun banyak dikritik di TikTok. Banyak upaya dari pengguna TikTok yang turut berpartisipasi untuk menghentikan proyek tersebut. Video dengan tagar #StopWillow bahkan telah ditonton hampir 50 juta kali dalam sepekan terakhir.

Sementara itu, beberapa Republikan memuji langkah Joe Biden yang akhirnya melakukan sesuatu untuk mengimbangi kenaikan harga bensin dan mulai membuat AS mandiri energi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai alasan di balik kontroversialnya Proyek Willow ini dan mengapa dapat kecaman dari aktivis lingkungan, berikut adalah tiga alasannya, merangkum sejumlah sumber Senin (20/3/2023):

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perubahan Iklim Mencairkan Permafrost Alaska, Willow Project Akan Membuatnya Lebih Buruk

Sebagai produsen minyak terbesar di Alaska, ConocoPhillips bergulat dengan masalah yang ditimbulkan oleh produknya.

Suhu rata-rata di wilayah tersebut telah meningkat tiga derajat dalam enam dekade terakhir. Bureau of Land Management (BLM) atau Biro Pengelolaan Lahan memperingatkan suhu bisa naik 12 derajat pada akhir abad ini, dilansir dari Environment America, Senin (20/3/2023).

Semua panas itu mencairkan permafrost Alaska. Delapan puluh persen permukaan Alaska berada di permafrost, atau tanah yang terbuat dari tanah, bebatuan, dan es yang biasanya membeku sepanjang tahun. Namun saat suhu naik, es di permafrost mencair, menyebabkan tanah tenggelam dan bergeser.

Proyek Willow bergantung pada cuaca dingin. Bantalan pengeboran, jalan berkerikil, dan landasan terbangnya semuanya akan dibangun di atas permafrost. Proyek ini juga memerlukan hampir 800 km jalan es dan jembatan es.

Perubahan iklim menempatkan semua infrastruktur ini dalam risiko. Proyek ini pun akan menjadi alasan yang cukup untuk mulai mengerem aktivitas yang mendorong perubahan iklim, yaitu ekstraksi dan pembakaran bahan bakar fosil. ConocoPhillips memiliki solusi berbeda: Bekukan kembali tundra Arktik di bawah Proyek Willow untuk mengekstraksi lebih banyak bahan bakar fosil untuk dibakar.

3 dari 4 halaman

2. Willow Project Menghasilkan Emisi Karbon yang Sangat Besar

Mengembangkan dan membakar minyak dari Proyek Willow akan menghasilkan hingga 287 juta metrik ton karbon dioksida selama 30 tahun ke depan pada saat AS sangat perlu beralih dari bahan bakar fosil, dikutip dari The Center for American Progress.

Itu sama dengan emisi tahunan dari 76 pembangkit listrik batu bara, sepertiga dari semua pembangkit batu bara di AS.

Emisi dari Proyek Willow akan melampaui emisi yang dihindari melalui pencapaian tujuan energi terbarukan pemerintahan Biden di lahan dan perairan publik pada 2030.

3. Analisis yang Gagal Memperhitungkan Skala Penuh Rencana Pengembangan ConocoPhillips

Proyek Willow hanyalah langkah pertama dari rencana ConocoPhillips untuk mengembangkan Kutub Utara Barat dan membuat jaringan infrastruktur yang jauh melampaui proyek yang diusulkan saat ini.

Wakil presiden senior ConocoPhillips untuk operasi global memberi tahu investor pada pertemuan Juni 2021 bahwa Proyek Willow berfungsi sebagai "pusat Alaska besar berikutnya" dan mencatat bahwa perusahaan telah "mengidentifikasi hingga 3 miliar barel minyak dari prospek terdekat dan prospek dengan karakteristik serupa yang dapat memanfaatkan infrastruktur Proyek Willow."

Untuk konteksnya, 3 miliar barel minyak setara dengan emisi karbon tahunan dari setiap mobil, truk, pesawat, dan bentuk transportasi lain yang digunakan di AS jika digabungkan.

Hal ini bertepatan dengan para ilmuwan mengatakan bahwa jika AS ingin mencapai tujuan iklimnya, negara itu tidak dapat lagi melakukan pengembangan bahan bakar fosil, apalagi pembangunan infrastruktur yang meluas jauh ke masa depan.

The International Energy Administration (Administrasi Energi Internasional) telah mengatakan secara khusus bahwa "tidak diperlukan investasi dalam pasokan bahan bakar fosil baru di jalur nol bersih kami."

4 dari 4 halaman

Reaksi dari Pihak Pro dan Kontra Willow Project

Penasihat Natural Resources Defense Counsel atau Pertahanan Sumber Daya Alam mengatakan dalam sebuah cuitan di Twitter bahwa mereka akan terus melawan proyek tersebut.

​"Ini akan meningkatkan krisis iklim dan mengunci kita selama beberapa dekade ketergantungan pada eksekutif Big Oil yang bertekad menghancurkan planet ini. Pertarungan belum berakhir dan kami akan mempertimbangkan setiap alat yang tersedia untuk menghentikan bom iklim ini," kata organisasi tersebut.

Direktur Eksekutif Sierra Club Ben Jealous juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dengan memberikan lampu hijau kepada Willow Project, pemerintahan Biden telah "membuat hampir mustahil untuk mencapai tujuan iklim yang mereka tetapkan untuk lahan publik."

"Sementara kami merayakan perlindungan administrasi yang tak tertandingi untuk bentang alam dan perairan Alaska, keputusan untuk menyetujui Proyek Willow mungkin akan menghapus banyak manfaat iklim dan ekologis ini," kata Jealous.

"Dengan menyetujui salah satu proyek ekstraksi minyak dan gas terbesar di tanah publik federal, seseorang harus mengajukan pertanyaan apa yang dimiliki pemerintahan Biden untuk Perlindungan Arktik."

Sementara Senator Dan Sullivan​ (R-Alaska) menyebut bahwa Proyek Willow sangat penting bagi ekonomi negara bagian dan keamanan nasional.​

"Memproduksi energi Amerika yang sangat dibutuhkan di Alaska dengan standar lingkungan tertinggi dunia dan emisi terendah meningkatkan lingkungan global," ucap Sullivan dalam sebuah pernyataan. ​

Senator GOP Alaska lainnya, Lisa Murkowski, mengatakan bahwa persetujuan proyek tersebut adalah "kemenangan besar dan dibutuhkan untuk seluruh Alaska."

Baca selebihnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat