uefau17.com

Rusia Butuh Tentara, Usia Wajib Militer Naik Jadi 30 Tahun - Global

, Moskow - Rusia kini sedang berusaha meningkatkan kapasitas militernya di tengah invasi ke Ukraina yang belum kunjung usai. Wajib militer lantas kembali menjadi solusi.

Berdasarkan laporan media pemerintah Rusia, TASS, Kamis (22/12/2022), Menteri Pertahanan Sergey Shoigu ingin menaikkan batas usia wamil dari 27 tahun menjadi 30 tahun. Hal itu ia ungkap dalam pertemuan akhir tahun Kementerian Pertahanan.

Shoigu ingin menambah kekuatan personel sebanyak 30 persen dan mendirikan 20 divisi baru. Wacananya, ia ingin tentara Rusia mencapai 1,5 juta orang. Pada awal 2022, Rusia memiliki sekitar 1 juta tentara.

Program ini mencakup personel kontrak. Targetnya, ada 521 ribu personel kontrak di akhir 2023.

Beberapa bulan lalu, Rusia juga gencar merekrut prajurit baru. Akibatnya, puluhan ribu warganya memilih kabur ke luar negeri.

Rusia juga mulai khawatir dengan Swedia dan Finlandia yang sedang dalam proses bergabung ke NATO. Rusia pun ingin membangun kekuatan militer di daerah barat laut. Pasukan juga akan ditempatkan di Republik Karelia, wilayah Rusia yang berbatasan dengan Finlandia.

Presiden Rusia Vladimir Putin mendukung proposal dari Shoigu. Putin juga menyindir negara-negara Barat yang menolak Rusia. Ia menyebut negara-negara NATO sedang melawan Rusia. Terkait nuklir, Putin berkata hal itu penting untuk menjamin kedaulatan wilayah Rusia.

Di tengah invasi ke wilayah berdaulat Ukraina, Presiden Putin menegaskan bahwa Rusia tidak mengalami kesulitan finansial untuk menyokong militer negaranya. 

"Kita tidak memiliki kesulitan pendanaan, dan negara, dan pemerintah memberikan semua yang dibutuhkan Tentara. Saya harap responsnya akan diformulasikan dengan sesuai, dan hasil-hasil yang diinginkan akan diraih," ujar Vladimir Putin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dubes Rusia: Ini Perang Proxy

Invasi Rusia masih terus berlanjut hingga penghujung 2022. Rusia masih belum bisa menaklukkan Ukraina, meski situs Global Firepower menyebut Rusia memiliki militer terkuat di Benua Eropa. 

Namun, Ukraina masih terus melakukan resistensi. Wilayah-wilayah yang dianeksasi Rusia juga masih ditarget Ukraina untuk direbut.  

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, berkata bahwa Ukraina mendapat bantuan NATO sehingga bisa bertahan. Dubes Rusia berkata ada perang proxy. 

"Tentu tak mudah karena sekarang kita bertarung tidak melawan Ukraina tapi melawan NATO," ujar Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva di rumah dinasnya, Rabu (21/12). 

Dubes Rusia bahkan berkata operasi militer negaranya bisa berakhir pada April 2022 jika Ukraina tidak dibantu NATO. Rusia lantas menyalahkan NATO yang melakukan perang proxy di tengah invasi.

"Jadi ini adalah perang proxy," ujar Dubes Rusia. "Bagi kami makna perang di Ukraina adalah perang proxy oleh barat dengan menggunakan Ukraina."

Meski pemerintah Inggris menyebut Rusia sedang mengalami kesulitan persenjataan, Dubes Vorobieva menyebut tentara Rusia masih terus bergerak maju. 

"Kami bisa melihat bahwa tentara kami bergerak maju. Pertempurannya saya bilang sangat berat," ucapnya. 

Lebih lanjut, Dubes Rusia juga berkata situasi ekonomi di negaranya tidak mengalami krisis, meski terkena sanksi. Sektor perbankan Rusia menjadi sasaran sanksi internasional. Dubes Rusia berkata sanksi-sanksi internasional bersifat ilegal, sehingga ia pun sampai harus membawa uang tunai terus.

3 dari 4 halaman

Menteri Pertahanan Inggris: Iran Jadi Beking Militer Rusia

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengungkap bahwa ada rencana antara Rusia dan Iran untuk saling menyediakan senjata. Rusia menginginkan ratusan drone dari Iran.

Informasi tersebut diungkap oleh Wallace di Parlemen Inggris.

"Iran telah menjadi beking teratas bagi militer Rusia," ujar Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace dalam videonya di Gedung Parlemen Inggris, dikutip Rabu (21/12).

Ia menyebut Rusia memesan ratusan drone dari Iran untuk tujuan kamikaze. Drone kamikaze ini menjadi sorotan karena digunakan untuk menyerang Ukraina. Drone yang dipakai untuk kamikaze tersebut adalah drone murah.

Rusia juga menyediakan Iran komponen militer canggih.

"Sebagai timbal balik karena diberi pasokan lebih dari 300 drone kamikaze, Rusia kini berniat menyediakan Iran dengan komponen-komponen militer yang maju," ucap Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

Menteri Pertahanan Inggris berkata tindakan Rusia itu bisa melemahkan keamanan di Timur Tengah dan internasional, sehingga ia mengekspos hal tersebut di hadapan parlemen.

Lebih lanjut, Ben Wallace berkata relasi Rusia-Iran mengungkapkan masalah di dalam militer Rusia, pasalnya Rusia disebut mulai kekurangan amunisi. Sanksi-sanksi dari dunia internasional juga disebut Ben Wallace telah melemahkan kapasitas militer Rusia.

"Di balik layar, sanksi-sanksi internasional, termasuk sanksi yang diterapkan secara independen oleh Kerajaan Bersatu, telah melemahkan industri pertahanan Kremlin," ujar Ben Wallace. "Mereka kini ingin membongkar pesawat untuk mencari spare-parts."

4 dari 4 halaman

Rudal Iran

Sebelumnya dilaporkan, Rusia kembali meluncurkan rudal ke Ukraina dan targetnya adalah ibu kota Kyiv. Tak ada korban jiwa dalam serangan tersebut, namun Kyiv menjadi mati lampu.

Dilaporkan BBC, Selasa (20/12), pihak UKraina mengaku berhasil menembak jatuh mayoritas rudal yang datang, tetapi sejumlah rudal mengenai "infrastruktur kritis" sehingga terjadi mati lampu. Serangan terjadi sebelum Presiden Vladimir Putin tiba di Belarusia untuk bertemu Presiden Alexander Lukashenko pada Senin kemarin.

Serangan malam ke Kyiv ini disebut bukan hal biasa. Ada 23 rudal Iran yang ditembakkan pihak Rusia, Ukraina berhasil menangkal 18 di antaranya.

Foto-foto viral di media sosial menampilkan pemadam kebakaran berupaya memadamkan api besar di lokasi pembangkit listrik. Ada dua orang yang terluka.

Pada Jumat lalu, Rusia juga meluncurkan rudal ke arah Kyiv. Serangan-serangan menarget infrastruktur sipil di tengah musim dingin. Ukraina lantas menyebut Rusia berusaha menggunakan musim dingin sebagai senjata.

Terkait Belarusia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut Rusia akan melancarkan serangan darat pada awal tahun depan melalui Belarusia. Namun, sejumlah pakar belum melihat bukti bahwa Rusia berusaha melakukan serangan baru.

Ketika invasi dimulai pada Februari 2022, Belarusia mengizinkan Rusia memakai daerah mereka untuk merangsek masuk ke Ukraina. Namun, Belarusia tidak terlibat secara langsung ke perang yang terjadi. 

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko merupakan orang dekat Presiden Vladimir Putin. Rezim Presiden Lukashenko terkenal korup dan berkuasa di Belarusia sejak 1994.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat