uefau17.com

Demi Lunasi Pinjaman Mobil Pacar, Wanita di Malaysia Nekat Curi Gelang Emas Senilai Rp 52,6 Juta - Global

, Kuala Lumpur - Polisi Malaysia menangkap seorang wanita di sebuah apartemen di Rawang, Selangor, pada 16 Desember 2022 karena mencuri gelang emas yang diduga untuk melunasi pinjaman mobil pacarnya.

Kepala polisi Port Dickson Inspektur Aidi Sham Mohamed mengatakan, wanita berusia 22 tahun itu mengaku mencuri gelang emas dari toko perhiasan di Port Dickson pada 7 Desember, sebelum melarikan diri dengan mobil.

"Sekitar pukul 13.00 pada hari kejadian, polisi menerima laporan dari asisten penjualan toko perhiasan bahwa ada pasangan yang pergi ke sana dengan dalih ingin membeli perhiasan sebelum melihat gelang emas pada pukul 11.38 waktu setempat, dikutip dari NST.com.my, Rabu (21/12/2022).

"Para tersangka kemudian melarikan diri dengan membawa gelang yang diperkirakan bernilai RM 15.000 atau setara Rp 52,6 juta, tetapi polisi berhasil mengambilnya dari pegadaian di sini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan bahwa wanita itu telah diselidiki berdasarkan Bagian 380 KUHP dan dijatuhi hukuman penjara satu hari dan denda RM 7.000 setara Rp 24,5 juta.

Aidi Sham mengatakan, polisi sekarang mencari tersangka laki-laki, Muhammad Haikal Izhar berusia 20, dari Bandar Sri Sendayan.

Polisi juga mendesak siapa pun yang memiliki informasi mengenai pelaku tersebut untuk menghubungi petugas investigasi Sersan Mohd Hazizi Abas di 019-3471916/06-6472344.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stalking Akan Jadi Tindak Pidana di Malaysia Berkat RUU Teranyar

Sementara itu di Malaysia, menguntit seseorang alias stalking akan diberikan tindak pidana.

Pada 3 Oktober 2022, Dewan Rakyat Malaysia dengan suara bulat mengesahkan RUU Anti-Penguntitan bersejarah dalam pemungutan suara setelah pembacaan ketiga, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Minggu (23/10/2022).

RUU tersebut, yang diajukan oleh wakil menteri hukum Mas Ermieyati Samsudin, bertujuan untuk mengubah KUHP untuk membuat tindakan seperti menguntit – dalam bentuk apa pun, fisik atau digital – sebagai pelanggaran yang dapat dihukum. Kita bicara sampai tiga tahun penjara, denda yang besar, atau keduanya jika terbukti bersalah.

"Barangsiapa berulang kali dengan tindakan pelecehan, bermaksud menyebabkan, atau mengetahui atau seharusnya mengetahui bahwa perbuatan itu kemungkinan akan menimbulkan kesusahan, ketakutan atau kekhawatiran bagi siapa pun tentang keselamatan orang tersebut, melakukan pelanggaran menguntit," bunyi pasal baru yang diusulkan dalam KUHP.

3 dari 4 halaman

Masih Menuai Perdebatan

Namun, amandemen KUHAP untuk memasukkan ketentuan anti-penguntitan masih diperdebatkan.

Anggota Parlemen (MP) Segambut Hannah Yeoh juga menyerukan agar definisi penguntitan diperluas untuk memperluas cakupan calon korban dan calon pelaku yang masing-masing dapat dibantu dan ditahan oleh penegak hukum.

Anggota parlemen Segambut merekomendasikan agar Malaysia mengikuti definisi yang tercantum dalam Undang-Undang Hukum Pidana Queensland dan Undang-Undang Perlindungan dari Pelecehan Singapura.

Tapi apa lagi yang bisa dikaitkan dengan tindakan menguntit? Menurut Yeoh, hal-hal seperti doxxing, kerusakan properti, dan mata-mata juga bisa dimasukkan.

Yeoh juga mengingatkan semua orang bahwa mencegah penguntitan juga dapat membantu mengurangi jumlah kejahatan serius lainnya, seperti pembunuhan, misalnya – mengutip kasus pembunuhan yang melibatkan penguntitan sebelum kematian korban.

4 dari 4 halaman

Kasus yang Memicu Malaysia Buat RUU Anti-Stalking

Pada tahun 2021, seorang wanita berusia 31 tahun di Ipoh ditikam sampai mati oleh seorang pria berusia 23 tahun yang diyakini sebagai pacarnya. Pembunuhan mengerikan ini terjadi tepat di depan anak-anak wanita itu.

Ini bisa dihindari jika laporan masa lalu wanita itu terhadap pria itu (karena melanggar dan masuk, serta pelecehan) telah diindahkan oleh penegak hukum. Sebaliknya, pria itu hanya ditampar dengan tuduhan masuk tanpa izin pada saat itu, dan kemudian dilepaskan.

Meskipun masih ada jalan panjang sebelum RUU Anti-Penguntitan (Anti-Stalking) membuahkan hasil dalam hal penegakan hukum yang sebenarnya, kita hanya bisa berharap bahwa itu berfungsi untuk melindungi yang rentan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat