uefau17.com

Ratusan Turis Terdampar di Machu Pichu Imbas Kerusuhan di Peru - Global

, Lima - Sekitar 300 turis dari seluruh dunia telah dibiarkan terdampar di kota kuno Machu Picchu, menurut walikota, setelah Peru terjerumus ke dalam keadaan darurat setelah penggulingan presiden negara itu.

Mantan Presiden Pedro Castillo dimakzulkan dan kemudian ditangkap pada awal Desember setelah mengumumkan rencananya untuk membubarkan Kongres. Kerusuhan yang dipicu oleh penangkapannya telah memicu peringatan internasional tentang perjalanan ke Peru.

Darwin Baca, walikota Machu Picchu, mengatakan bahwa orang Peru, Amerika Selatan, Amerika, dan Eropa termasuk di antara pelancong yang terdampar, demikian seperti dikutip dari East Bay Times, Sabtu (17/12/2022).

"Kami telah meminta pemerintah untuk membantu kami dan membangun penerbangan helikopter untuk mengevakuasi para turis," kata Baca. Satu-satunya cara untuk masuk dan keluar kota adalah dengan kereta api, dan layanan ini ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut, katanya.

Kereta ke dan dari Machu Picchu, sarana utama untuk mengakses Situs Warisan Dunia UNESCO, dihentikan pada hari Selasa, menurut sebuah pernyataan dari PeruRail, operator kereta api Peru di wilayah selatan dan tenggara negara itu.

"PeruRail mengatakan mereka masih meninjau situasi," jelas Baca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekurangan Makanan di Machu Pichu

Walikota juga memperingatkan bahwa Machu Picchu sudah menderita kekurangan makanan karena protes, dan ekonomi lokal bergantung 100% pada pariwisata.

Baca meminta pemerintah, yang dipimpin oleh Presiden baru Dina Boluarte, untuk membangun dialog dengan penduduk setempat untuk mengakhiri kerusuhan sosial sesegera mungkin.

PeruRail mengatakan akan membantu penumpang yang terkena dampak dalam mengubah tanggal perjalanan mereka.

"Kami menyayangkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh pengumuman ini bagi penumpang kami; namun, mereka disebabkan oleh situasi di luar kendali perusahaan kami dan berusaha memprioritaskan keselamatan penumpang dan pekerja," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Turis Terdampar di Tempat Lain di Peru

LATAM Airlines Peru mengatakan operasi ke dan dari Bandara Internasional Alfredo Rodríguez Ballón di Arequipa dan Bandara Internasional Alejandro Velasco Astete di Cuzco, 75 kilometer (47 mil) dari Machu Picchu, telah dihentikan sementara.

"LATAM terus memantau situasi politik di Peru untuk memberikan informasi terkait sesuai dengan bagaimana hal itu dapat memengaruhi operasi udara kami," kata maskapai itu dalam pernyataannya.

"Kami menunggu tanggapan dari otoritas terkait, yang harus mengambil langkah-langkah korektif untuk memastikan keselamatan bagi pengembangan operasi udara."

Ia menambahkan: "Kami menyesali ketidaknyamanan bahwa situasi di luar kendali kami ini telah menyebabkan penumpang kami dan kami memperkuat komitmen kami terhadap keselamatan udara dan konektivitas di negara ini."

3 dari 3 halaman

Peringatan dari AS, Inggris, dan Kanada

Departemen Luar Negeri AS telah mengeluarkan imbauan perjalanan untuk warga negara yang bepergian di Peru, yang telah terdaftar sebagai tujuan "pertimbangkan kembali perjalanan" tingkat tiga.

"Demonstrasi dapat menyebabkan penutupan jalan lokal, kereta api, dan jalan raya utama, seringkali tanpa pemberitahuan sebelumnya atau perkiraan jadwal pembukaan kembali.

"Penutupan jalan dapat secara signifikan mengurangi akses ke transportasi umum dan bandara dan dapat mengganggu perjalanan baik di dalam maupun antar kota," katanya memperingatkan.

Departemen Luar Negeri meminta para pelancong di Peru untuk mendaftar peringatan LANGKAH dari Kedutaan Besar AS jika mereka belum melakukannya.

Kantor Luar Negeri, Persemakmuran & Pembangunan Inggris juga telah memperingatkan warganya tentang situasi tersebut.

"Warga negara Inggris harus berhati-hati untuk menghindari semua bidang protes. Jika memungkinkan, Anda harus tetap berada di tempat yang aman. ... Anda harus merencanakan ke depan untuk gangguan parah pada rencana apa pun," kata FCDO Jumat malam di situs webnya.

Laporan itu juga mengatakan bahwa para pelancong yang tiba di ibu kota Lima bahwa tidak ada kemampuan untuk melakukan perjalanan ke atau dari banyak daerah regional – termasuk Cusco dan Arequipa – dan bahwa lebih banyak gangguan mungkin terjadi.

Warga negara Inggris juga diperingatkan untuk menghormati jam malam Peru yang diberlakukan dan untuk memantau berita lokal dan media sosial untuk informasi lebih lanjut.

Departemen Urusan Global Kanada telah memperingatkan warganya untuk "berhati-hati tingkat tinggi" di Peru dan untuk menghindari perjalanan yang tidak penting di berbagai wilayah. Berita Global Kanada berbicara dengan seorang warga Kanada yang terjebak di kota kecil Ica di Peru selatan, yang mengatakan dia sekarang jauh dari kerusuhan sipil tetapi dirampok dengan taksi.

Setidaknya 20 orang telah tewas di tengah demonstrasi politik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat