uefau17.com

Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin Akan Berkunjung ke Indonesia - Global

, Jakarta - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin pada 18 November 2022 akan memulai perjalanannya ke Kanada, Indonesia, dan Kamboja.

Di Nova Scotia, Kanada, Menhan AS akan menyampaikan pidato utama di Forum Keamanan Internasional Halifax (Halifax International Security Forum) 2022, dengan mengetengahkan pokok-pokok upaya Departemen Pertahanan dalam membangun arsitektur keamanan yang lebih tangguh bersama para Sekutu dan mitra di seluruh Indo-Pasifik dan Eropa.

Menhan Austin juga akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand, untuk membahas hubungan pertahanan yang erat antara AS dan Kanada serta pentingnya investasi strategis dalam kapabilitas pertahanan.

Selanjutnya, Menhan Austin akan melakukan perjalanan ke Jakarta, dan bertemu dengan para pemimpin senior pemerintahan dan militer, saat Amerika Serikat dan Indonesia bekerja untuk memetakan arah jalan yang ambisius dalam kemitraan pertahanan, seperti disebutkan dalam rilis yang diterima dari Kedubes AS, Kamis (17/11/2022).

Kunjungan Menhan Austin yang dijadwalkan pada 20-22 November mendatang, akan mendorong kemajuan prakarsa bilateral yang utama guna mendukung interoperabilitas, pengembangan kemampuan, serta profesionalisasi dan modernisasi Tentara Nasional Indonesia.

Terakhir, di Kamboja, Menhan Austin akan berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus ke-9, bersama sepuluh negara anggota ASEAN dan delapan mitra dialog.

Partisipasi tatap muka pertama Menhan Austin di forum tersebut, yang sebelumnya dilakukan secara virtual pada saat pandemi COVID-19, melanjutkan tradisi kehadiran Menteri Pertahanan AS di ADMM-Plus.

Di sela-sela ADMM-Plus, Menhan Austin akan mengadakan kegiatan multilateral informal dengan rekan sejawat dari ASEAN dan bertemu dengan para rekan sejawatnya dari Kamboja dan berbagai negara mitra.

Keperansertaaan kali ini akan menggarisbawahi langkah penting yang diambil Dephan bersama para Sekutu dan mitra untuk menghadirkan stabilitas, transparansi, dan keterbukaan yang lebih di kawasan Indo-Pasifik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Bertemu Joe Biden, Apresiasi Kehadirannya untuk KTT G20 Bali

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat di Bali sebelum penyelenggaraan KTT G20 berlangsung 15-16 November 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak mengenakan setelan jas hitam, sementara Joe Biden dengan setelah jas biru.

Dalam siaran diunggah oleh akun Sekretariat Presiden, Jokowi mengucapkan selamat datang pada Joe Biden.

"Presiden Joe Biden selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia.Saya sangat menghargai kedatangan Presiden Joe Biden KTT G20 Bali," kata Jokowi pada Senin (14/11/2022).

"Oleh karena itu saya sampaikan apresiasi kedatangan di KTT G20."

"Saya berharap KTT G20 bisa menghasilkan kerja sama yang konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global."

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One,” ujar Sandiaga, Minggu malam di Denpasar Bali.

3 dari 3 halaman

Joe Biden Terpukau

Sandiaga Uno mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Presiden AS Joe Biden atas kesediaanya menghadiri KTT G20. “Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Sandiaga juga mengatakan kunjungan wisatawan dari AS beberapa waktu belakangan mengalami peningkatan. Ia pun mengungkapkan harapannya di hadapan Biden agar produk-produk ekonomi kreatif Indonesia semakin diminati, terutama produk fashion, kuliner dan produk kerajinan tangan.

Sandiaga bercerita, sembari berjalan kaki dan disambut tarian Bali, Biden menyampakan sangat kagum terhadap tarian tersebut. "Dia sangat kagum dan dia ucapkan ‘amazing, splendid, wonderful'. Sebagai rasa terima kasih dia mengucapkan ‘thank you’ kepada para penari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat