uefau17.com

Jokowi Bertemu dengan Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan - Global

, Nusa Dua - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di sela-sela acara B20 Summit di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Senin, 14 November 2022.

Bertempat di Ruang Uluwatu, kedua pemimpin mendengarkan pembacaan nota kesepahaman antara kedua negara. Selepas itu, kedua presiden kemudian berfoto bersama dengan para pebisnis PEA.

Sebelum itu, kedua pemimpin juga berbincang-bincang di ruang Taman Sari. Suasana hangat dan akrab terlihat saat keduanya mengobrol.

Setelah foto bersama selesai, Presiden MBZ kemudian berpamitan dan meninggalkan area BNDCC. Presiden Jokowi pun mengantar Presiden MBZ hingga ke depan mobilnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Mendadak Kunjungi Jurnalis di Media Center G20

Sementara itu, di luar agenda resmi yang telah ditetapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba mengunjungi media center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang terletak di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, pada Senin, 14 November 2022.

Seyogianya, rangkaian Presiden Jokowi menuju ke Hotel Apurva Kempinski selepas Presiden mengikuti B20 Summit di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Namun, rangkaian Presiden berbelok menuju BICC.

Tiba di BICC sekitar pukul 19.48 WITA, Presiden Jokowi langsung berjalan menuju Mangapura Hall. Tempat tersebut merupakan area kerja para jurnalis (press workstation) yang bertugas meliput rangkaian kegiatan G20 di Bali.

Kedatangan Presiden Jokowi sontak membuat para jurnalis terkejut. Mereka pun menyapa Presiden, bahkan beberapa awak media meminta untuk berswafoto dengan Kepala Negara.

Sambil berkeliling Mangapura Hall, Presiden juga menyapa para jurnalis, baik yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara. Presiden juga hendak memastikan fasilitas tempat tersebut memadai bagi para jurnalis.

"Bagaimana fasilitasnya? Ada yang kurang?" tanya Presiden.

Selesai berkeliling, Presiden Jokowi meninggalkan area media center. Tampak mendampingi Presiden dalam kesempatan tersebut yaitu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.

3 dari 4 halaman

G20: Jokowi Sebut Ekonomi Indonesia Kuat Meski Banyak Krisis Global

Presiden RI Joko Widodo telah secara formal menutup B20 Summit pada Senin (14/11/2022). B20 merupakan bagian dari G20 yang berfokus pada bisnis.

Pada pidato penutup B20, Presiden Joko Widodo menyorot pentingnya sikap agar tidak pesimis. Pesan itu juga ia berikan 10 bulan lalu ketika situasi masih sulit karena pandemi COVID-19.

"Jangan pesimis pesan saya," ujar Presiden Jokowi.

Jokowi berkata situasi bahkan bertambah sulit sejak ia memberikan pesan tersebut, tetapi ekonomi Indonesia masih menujukkan daya tahan yang baik dan pertumbuhan ekonomi secara kuartal masih di atas lima persen secara year on year.

"10 bulan berselang, pandemi masih ada, ada perang, ada krisis pangan, ada krisis energi, ada krisis keuangan, tapi kita patut bersyukur Indonesia di kuartal kedua masih tumbuh 5,44 persen, dan kuartal ketiga kita tumbuh lebih kuat lagi di 5,72 persen," ujar Presiden Jokowi.

"Inflasi juga bisa kita kelola. Di angka September karena kenaikan harga BBM naik menjadi 5,9 persen, tetapi di bulan Oktober inflasi kita turun lagi di angka 5,7 persen," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

India di KTT G20

Selanjutnya India akan memimpin B20 dalam kapasitasnya sebagai pemegang presidensi G20. Presiden Jokowi berpesan agar India akan turut memperhatikan kebijakan level mikro yang sama pentingnya dengan yang makro.

"Saya titip kepada India agar nantinya juga yang urusan kecil, urusan mikro ini juga masih dibawa lagi, diteruskan, dan terakhir saya ucapkan selamat bekerja bagi presidensi B20 india tahun depan. Saya optimistis B20 akan semakin solid dan terus berkembang," pungkas Presiden Jokowi.

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) memainkan peran besar dalam kesuksesan B20. Ketua Penyelenggara B20 Indonesia adalah Shinta Kamdani yang merupakam wakil ketua umum KADIN.

Sejumlah kepala negara turut hadir sebagai pembicara, seperti Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, dan Perdana Menteri Inggris Anthony Albanese. Elon Musk juga hadir secara virtual.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat