uefau17.com

Raja Charles III Akan Gantikan Ratu Elizabeth II di Mata Uang Inggris, Bagaimana Prosesnya? - Global

, London - Potret Ratu Elizabeth II telah menjadi bagian dari uang kertas dan koin Inggris selama beberapa dekade. Ia juga telah terpampang pada mata uang di beberapa tempat lain di seluruh dunia, mengingatkan orang-orang akan jangkauan kolonial Kerajaan Inggris.

Selama 70 tahun takhta Ratu Elizabeth II, negara-negara tersebut telah terbiasa melihat gambar Ratu pada barang-barang sehari-hari seperti uang kertas, koin, dan perangko.

Dilainsir dari Daily Mail UK, Senin (12/9/2022), setelah kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis 8 September, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, harus mengubah barang-barang tersebut untuk menampilkan sosok pimpinan baru Kerajaan Inggris yaitu Raja Charles III.

Namun, mata uang Inggris tidak dapat terganti hanya dalam semalam. Hal ini dapat memakan waktu selama bertahun-tahun, karena koin dan uang kertas baru akan dibuat dengan wajah raja dan yang sebelumnya akan secara bertahap dikurangi dan dihapus peredarannya.

Perubahan lainnya adalah gambar Ratu yang menghadap ke kanan pada koin akan berubah menjadi menunjukkan Raja yang menghadap ke kiri. Hal ini disebabkan oleh tradisi yang berasal dari abad ke-17 untuk mengganti cara raja menghadap secara berturut-turut.

Koin dan uang kertas baru perlu dirancang dan didesain, atau dicetak. Kemudian komite penasihat The Royal Mint harus mengirimkan rekomendasi untuk koin baru kepada Kanselir dan mendapatkan persetujuan kerajaan. Desain kemudian dipilih dan pilihan akhir disetujui oleh Kanselir dan kemudian Raja.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menukar Potret Ratu dengan Raja

Dikutip dari laman India Today, Minggu (11/9/2022), potret ratu pada mata uang Inggris diperkirakan akan digantikan oleh gambar Raja Charles III yang baru, tetapi itu tidak akan segera terjadi.

"Uang kertas saat ini yang menampilkan gambar Yang Mulia Ratu akan terus menjadi alat pembayaran yang sah," kata Bank of England

Pengumuman tentang uang kertas yang ada yang dikeluarkan oleh bank sentral Inggris akan dibuat setelah masa berkabung resmi 10 hari berakhir, katanya.

Royal Mint, yang merupakan pembuat resmi koin Inggris, mengatakan semua koin dengan potret Ratu Inggris "tetap menjadi alat pembayaran yang sah dan beredar," dengan informasi lebih lanjut yang akan datang kemudian.

"Karena kami menghormati masa berkabung yang penuh hormat ini, kami terus mencetak koin seperti biasa," kata Royal Mint di situs webnya.

Dengan 4,7 miliar uang kertas Inggris senilai 82 miliar poundsterling ($95 miliar) yang beredar dan sekitar 29 miliar koin, uang Inggris yang bergambar ratu mungkin masih akan beredar selama bertahun-tahun.

"Daripada semua koin dan uang kertas yang ada saat ini diserahkan, prosesnya akan dilakukan secara bertahap dan banyak koin yang menampilkan potret Ratu Elizabeth II akan tetap beredar selama bertahun-tahun kedepan," menurut Coin Expert, sebuah situs web penelitian koin Inggris.

Setelah Charles mengambil mahkota pada penobatannya, gambar baru akan diambil untuk digunakan pada uang kertas dan koin yang didesain ulang, kata situs web tersebut.

Koin yang menampilkannya akan menunjukkan dia menghadap ke kiri, menggantikan tatapan ke kanan ratu sesuai dengan tradisi yang berasal dari abad ke-17.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Dengan Mata Uang Negara Lain?

Mata uang negara lain yang menggambarkan gambar Ratu, mulai dari dolar Australia, Kanada, dan Belizean, juga akan diperbarui. Namun, prosesnya bisa memakan waktu lebih lama karena lebih mudah untuk memberlakukan desain baru di negara asalnya daripada di negara lain di mana yurisdiksi yang berbeda mungkin terjadi.

"Bank of Canada mengatakan uang kertas $20 saat ini, yang terbuat dari polimer sintetis, dirancang untuk beredar selama bertahun-tahun yang akan datang," kata situs web Coin Expert.

"Tidak ada persyaratan legislatif untuk mengubah desain dalam periode yang ditentukan ketika Raja berubah," kata Bank of Canada.

Secara umum, ketika subjek potret baru dipilih untuk mata uang di Kanada, prosesnya dimulai dengan menyusun desain baru, dan uang kertas baru siap diterbitkan "beberapa tahun kemudian," kata bank tersebut

Reserve Bank of New Zealand mengatakan akan mengeluarkan semua stok koin yang menggambarkan ratu sebelum yang baru keluar dengan gambar Charles. Ratu juga ditampilkan pada uang kertas $ 20, yang "jarang" dibuat dan tidak ada "rencana untuk menghancurkan persediaan atau memperpendek umur uang kertas yang ada hanya karena mereka menunjukkan Ratu," kata bank itu.

"Ini akan menjadi beberapa tahun sebelum kita perlu memperkenalkan koin yang menampilkan Raja Charles Ketiga, dan lebih lama sampai stok uang kertas $ 20 habis," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Kali Pertama Munculnya Potret Ratu di Mata Uang

Gambar ratu pada mata uang pertama kali muncul ketika dia masih seorang putri. Itu terjadi pada tahun 1935, ketika uang kertas $20 Kanada menampilkan Putri Elizabeth yang berusia 8 tahun.

Dikutip dari AP News, uang kertas $20 Kanada diperbarui dengan potret baru sang ratu pada tahun 1954, setahun setelah penobatannya, dan potretnya juga mulai muncul pada mata uang lain di seluruh dunia, terutama koloni Inggris dan negara-negara Persemakmuran.

Uang kertas Inggris tidak mendapatkan gambarnya sampai tahun 1960 - tujuh tahun setelah penobatannya.

Ratu Elizabeth II muncul pada setidaknya 33 mata uang yang berbeda, lebih banyak daripada raja lainnya, ini merupakan sebuah prestasi yang tercatat di Guinness World Records.

Gambarnya masih ditampilkan pada uang di tempat-tempat di mana dia tetap menjadi sosok yang dicintai, seperti Kanada, dan Australia dan Selandia Baru yang terus memasukkan Union Jack ke dalam bendera mereka.

Potretnya juga ditemukan pada uang kertas dan koin yang dikeluarkan oleh Bank Sentral Karibia Timur, otoritas moneter untuk sekelompok negara kecil termasuk Antigua dan Barbuda, Dominika, Grenada, Montserrat, St Kitts dan Nevis, St Lucia, dan St Vincent dan Grenadines.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat