uefau17.com

Pengadilan Thailand Resmi Skors PM Prayut Chan-o-cha dari Masa Jabatan - Global

, Bangkok - Mahkamah Konstitusi Thailand pada Rabu (24 Agustus) menskors Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha dari tugas resmi setelah memutuskan untuk mendengarkan petisi untuk meninjau batas masa jabatan delapan tahun yang diamanatkan secara hukum.

Pengadilan mengumumkan langkah itu dalam pernyataan tertulis yang dikirim ke media. Tidak jelas kapan akan memberikan keputusan akhir atas petisi yang diajukan oleh partai oposisi utama.

“Pengadilan telah mempertimbangkan permohonan dan dokumen yang menyertainya. Ia memandang fakta-fakta yang termasuk dalam petisi menghadirkan keraguan yang masuk akal bahwa petisi itu memiliki alasan," bunyi pernyataan itu.

"Oleh karena itu, mencapai suara mayoritas (5:4) bagi responden untuk menangguhkan tugas perdana menteri mulai 24 Agustus 2022 hingga pengadilan memberikan putusan."

Prayut diharuskan memberikan klarifikasi kepada pengadilan dalam waktu 15 hari setelah menerima salinan permintaan, tambah pengadilan.

Keputusan untuk mengadili kasus yang diajukan oleh pihak oposisi sudah bulat.

Konstitusi Thailand tahun 2017 melarang perdana menteri menjabat lebih dari delapan tahun secara total, dan partai-partai oposisi mengatakan Prayut, yang mengambil alih kekuasaan dalam kudeta 2014, telah mencapai batas.

Pendukung pemimpin berusia 68 tahun itu mengatakan dia telah menjadi perdana menteri sejak 2017 - ketika konstitusi rancangan tentara saat ini diterapkan - atau pada 2019, ketika dia secara kontroversial memenangkan pemilihan nasional yang tertunda.

Jika pengadilan mengikuti logika ini, Prayut secara teknis dapat terus menjabat hingga 2025 atau 2027 - jika dia memenangkan pemilihan umum yang dijadwalkan pada Maret.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Protes Masyarakat

Ratusan pengunjuk rasa anti-pemerintah berunjuk rasa di Monumen Demokrasi Bangkok pada hari Selasa menjelang putusan pengadilan dan demonstrasi lebih lanjut direncanakan.

Pada hari Rabu, polisi menempatkan kontainer pengiriman di beberapa jalan dekat gedung-gedung pemerintah untuk mengantisipasi protes baru.

Pita Limjaroenrat, pemimpin partai oposisi Move Forward, menyerukan keputusan cepat atas nasib Prayuth.

"Kami ingin instansi terkait bertindak cepat ... undang-undang tentang masalah ini tidak rumit," katanya kepada wartawan di parlemen.

"Kalau MK bisa cepat memutuskan, kekosongan pemerintahan yang kita khawatirkan sebentar lagi."

3 dari 4 halaman

Wakil PM Ambil Alih Tugas

Tugas perdana menteri Prayut akan diambil alih oleh Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan, kata Wakil Perdana Menteri  Wissanu Krea-ngam. Prawit, 77, adalah mantan panglima militer.

"Kabinet nasional tetap sama karena Prayut belum dicopot tetapi diberhentikan sementara," kata Wissanu.

Ini bukan pertama kalinya mahkamah konstitusi memainkan peran dalam politik Thailand.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi membatalkan hasil pemilihan umum tahun 2006 dan 2014.

4 dari 4 halaman

Masa Jabatan Prayut

Prayut telah memegang jabatannya melalui protes besar anti-pemerintah pada tahun 2020, pandemi yang memar, ekonomi yang goyah dan sejumlah politik yang nyaris gagal - tetapi sekarang konstitusi yang rancangannya dia awasi digunakan untuk melawannya.

Mantan panglima militer itu berkuasa dalam kudeta militer yang menggulingkan pemerintah Yingluck Shinawatra yang terpilih secara demokratis.

Dia memimpin rezim militer selama lima tahun dan melanjutkan sebagai PM setelah pemilihan nasional 2019.

Prayut yang keras dan blak-blakan mendapati dirinya semakin tidak disukai oleh para pemilih. Sebuah jajak pendapat baru-baru ini menemukan dua pertiga responden ingin dia segera mengosongkan kantor.

Di bawah pengawasan Prayut, kerajaan mencatat kinerja ekonomi terburuk dalam 30 tahun dan pemerintahnya juga menghadapi kritik atas penanganan pandemi.

Demonstrasi pro-demokrasi yang dipimpin oleh pemuda di Bangkok pada tahun 2020 menarik puluhan ribu orang pada puncaknya, dan tuntutan utama dari gerakan tersebut adalah agar Prayut mengundurkan diri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat