uefau17.com

Mantan Gerilyawan Gustavo Petro Dilantik Jadi Presiden Pertama Kolombia dari Sayap Kiri - Global

, Bogota - Gustavo Petro pada Minggu 7 Agustus 2022 mengambil sumpah jabatan atau dilantik sebagai presiden Kolombia di depan kerumunan ratusan ribu pada pelantikannya di Bogota.

 Ia merupakan yang pertama dari sayap kiri.

Mantan gerilyawan berusia 62 tahun dan pernah menjadi wali kota,  mengambil alih kursi Ivan Duque yang sangat tidak populer, dengan rencana reformasi mendalam di negara yang dilanda ketidaksetaraan ekonomi dan kekerasan narkoba.

Kemenangan Gustavo Petro yang berjuang keras dalam pemilihan pada Juni membawa Kolombia, yang telah lama diperintah oleh elit konservatif, ke dalam sayap kiri yang berkembang di Amerika Latin.

"Saya bersumpah demi Tuhan dan berjanji kepada rakyat bahwa saya akan setia menegakkan konstitusi dan hukum Kolombia," kata Petro dalam sumpah jabatannya seperti dikutip dari AFP, Senin (8/8/2022).

Pada upacara di Bogota di malam pelantikannya, Petro mengatakan pemerintahnya, yang seharusnya mendapat dukungan dari mayoritas berhaluan kiri di Kongres, akan bertujuan untuk "membawa ke Kolombia apa yang tidak dimiliki selama berabad-abad, yaitu ketenangan dan perdamaian."

"Di sini dimulai pemerintahan yang akan memperjuangkan keadilan lingkungan," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Janji Kampanye

Di jalur kampanye, Gustavo Petro telah berjanji selama empat tahun masa jabatannya untuk menaikkan pajak pada orang kaya, berinvestasi dalam perawatan kesehatan dan pendidikan, dan mereformasi polisi setelah tindakan keras brutal terhadap protes anti-ketidaksetaraan tahun lalu yang dikutuk secara internasional.

Dia telah berjanji untuk menangguhkan eksplorasi minyak, untuk mempromosikan energi bersih dan untuk mengaktifkan kembali hubungan diplomatik dan komersial dengan pemerintah Nicolas Maduro di Venezuela, yang ditangguhkan sejak 2019.

Petro mulai dari "posisi yang patut ditiru, dengan mayoritas besar di Kongres dan, dalam hal jalanan, dengan dukungan yang tidak dimiliki pemerintah dalam beberapa tahun terakhir," analis Jorge Restrepo dari Pusat Sumber Daya untuk Analisis Konflik (Cerac), mengatakan kepada AFP.

 

3 dari 4 halaman

Beban utang 'Kritis'

Kepresidenan Gustavo Petro juga bersejarah dalam arti lain: di sisinya akan menjadi wakil presiden wanita Afro-Kolombia pertama di negara itu, aktivis lingkungan dan hak-hak perempuan berusia 40 tahun Francia Marquez.

Hampir 40 persen dari 50 juta penduduk Kolombia hidup dalam kemiskinan, sementara 11,7 persen menganggur.

Inflasi di bulan Juli juga mencapai 10,2 persen year-on-year.

Pada hari Senin, komisi persiapan yang dibentuk oleh Petro mengatakan dia mewarisi "tingkat hutang dan defisit fiskal yang ... sangat penting."

 

4 dari 4 halaman

Pembicaraan Damai

Petro, yang di masa mudanya adalah anggota kelompok gerilya M-19, telah berjanji untuk menerapkan ketentuan luar biasa dari perjanjian damai 2016 yang melihat gerakan pemberontak FARC meletakkan senjata setelah hampir enam dekade konflik sipil.

Meskipun FARC dibubarkan untuk menjadi partai politik, Kolombia telah mengalami lonjakan kekerasan.

Ribuan pembangkang terus memerangi ELN dan kartel kuat untuk menguasai ladang narkoba, tambang emas ilegal, dan rute penyelundupan yang menguntungkan.

Menurut lembaga penelitian perdamaian Indepaz, ada 90 kelompok bersenjata dengan sekitar 10.000 anggota aktif di Kolombia, produsen kokain terbesar di dunia.

Petro telah mengusulkan untuk mengizinkan kelompok-kelompok bersenjata untuk menyerahkan diri mereka dengan imbalan beberapa bentuk amnesti.

Presiden Kolombia hanya menjabat satu kali masa jabatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat