uefau17.com

Top 3: Gempa NTT dan Potensi Tsunami Jadi Sorotan Dunia - Global

, Jakarta - Gempa NTT pada 14 Desember 2021 menjadi sorotan dunia. Kekuatan gempa NTT terasa hingga ke Makassar, Sulawesi Selatan. 

Berdasarkan Google Maps, gempa terjadi di tengah lautan, yakni di sebelah tenggara Pulau Kalaotoa. BMKG melaporkan gempa ini berkekuatan magnitudo 7,4. 

Meski gempa tak menyebabkan kerusakan parah, gempa ini sempat memiliki potensi tsunami.  

Media-media dunia pun turut menyorot gempa NTT. Berikut daftar artikel Top 3 selengkapnya di kanal Global , Rabu (15/12/2021):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tsunami Kecil Akibat Gempa NTT

Tsunami akibat gempa bermagnitudo 7,5 di Laut Flores pada Selasa (14/12/2021), telah terdeteksi terjadi di Marapokot, NTT pada pukul 10.36 WIB dengan ketinggian 0,07 meter dan di Reo, Mangarai pada pukul 10.39 WIB dengan gelombang setinggi 0.07 meter.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempet merilis peringatan ke sejumlah wilayah berstatus siaga dan waspada untuk segera melakukan evakuasi. Kini, peringatan dini tsunami telah dicabut.

 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Larantuka Terasa di 3 Negara

Menurut The United States Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS, getaran gempa tersebut dilaporkan terasa di tiga negara yakni Timor-Leste, Indonesia, dan Australia. 

Gempa melanda 91 kilometer (56 mil) utara Maumere, di Pulau Flores Indonesia. USGS mengatakan gempa terjadi pada kedalaman 76 kilometer (47 mil) di Laut Flores pada pukul 11.20 waktu setempat (10:20 ET). 

 

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kekuatan Gempa NTT

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengoreksi kekuatan gempa bumi yang terjadi Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Sebelumnya USGS mencatat gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7,6. Pemberitaan ini telah dikutip oleh sejumlah media seperti CNN, India.com hingga AP.

Indonesia sering mengalami gempa dan letusan gunung berapi karena posisinya di "Cincin Api". 

 

Baca selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat