uefau17.com

Meriahkan HUT ke 76 RI, Warga Filipina Ikut Lomba Dongeng-Nyanyi Lagu Indonesia - Global

, Manila - Peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tahun ini masih dalam suasana pandemi COVID-19. Kendati demikian, ragam perlombaan untuk merayakannya tetap diadakan secara virtual.

Di tengah penerapan pengetatan karantina wilayah akibat meningkatnya kembali kasus COVID-19 di Filipina, sejumlah warga di sana bahkan antusias mengikuti lomba mendongeng dan menyanyi lagu Indonesia secara daring yang diadakan oleh KBRI Manila pada 7 Agustus 2021 dari pukul 09.00-15.00 waktu setempat.

Lomba diselenggarakan dalam rangka merayakan HUT ke-76 RI dan sebagai upaya penguatan promosi Bahasa Indonesia serta hubungan persahabatan antara Indonesia dan Filipina.

“Dalam rangka menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia, KBRI Manila ingin memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya Bahasa Indonesia ke masyarakat Filipina melaui lomba mendongeng dan menyanyi lagu Indonesia", ungkap Widya Rahmanto selaku Kuasa Usaha Ad Interim, KBRI Manila seperti tertuang dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/8/2021).

Sembari menggunakan beberapa kata Bahasa Indonesia dalam sambutannya, perwakilan Kementerian Pendidikan Filipina, Margarita C. Ballesteros, mendukung dan menyambut baik kegiatan ini. “Pertukaran budaya dan Bahasa antara Indonesia dan Filipina dapat membangun hubungan yang semakin harmonis antar kedua negara", uangkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Filipina Antusias

Aisyah Endah Palupi selaku Atase Pendidikan KBRI Manila menegaskan bahwa setidaknya ada 300 siswa setiap tahunnya yang belajar Bahasa Indonesia di 10 institusi pendidikan di Filipina yang menjadi mitra KBRI Manila.

“Lomba ini sebagai bentuk unjuk diri kemampuan Bahasa Indonesia warga Filipina, khususnya bagi mereka yang selama ini mengikuti pelatihan Bahasa Indonesia yang diadakan KBRI Manila", tambahnya.

Warga Filipina pun antusias dalam mengikuti lomba ini. “Mereka bersemangat mengikuti kedua lomba ini. Penampilan 21 peserta lomba sangat memukau. Mereka cukup fasih dalam menggunakan Bahasa Indonesia, baik dalam bernyanyi maupun mendongeng", tegas Widya.

Promosi Bahasa Indonesia ke masyarakat Filipina akan terus diselenggarakan oleh KBRI Manila untuk mendukung upaya pemerintah dalam menduniakan Bahasa Indonesia. Selain menyanyi dan mendongeng, WN Filipina juga berpartisipasi dalam lomba Infografis tentang Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Manila. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat