uefau17.com

Waspada, Mendengkur Bisa Terkait dengan Penyakit Jantung hingga Hipertensi - Global

, Jakarta - Mendengkur nampaknya tak hanya merugikan Anda sendiri, namun juga untuk teman sekamar Anda. 

Terlepas dari kebisingan malam yang membuat semua orang di sekitar Anda terjaga, mendengkur bukanlah tanda Anda tidur nyenyak juga. Faktanya, jika pasangan mengeluh bahwa Anda tidak hanya mendengkur keras tetapi juga terdengar seperti terengah-engah atau tersedak saat tidur, Anda mungkin menderita apnea tidur obstruktif (OSA). Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Minggu (14/3/2021). 

Cukup mengkhawatirkan bahwa Anda sebenarnya sedang berusaha mendapatkan udara. Hal itu terjadi karena otot-otot di bagian belakang tenggorokan Anda rileks selama tidur, bahkan saat Anda mencoba bernapas. Ini menutup jalan napas dan memicu penurunan suplai oksigen ke organ Anda, terutama otak.

Inilah sebabnya mengapa pasien OSA mendengkur lebih keras dan lebih keras seperti kresendo. Kemudian, dengkuran berhenti dan diikuti dengan napas yang terdengar seperti mendengus. Suara ini berulang lagi sepanjang malam selama Anda tidur.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab OSA

Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah waktu istirahat yang tidak maksimal.

Tapi itu belum semuanya. 

“Bahaya sleep apnea adalah kombinasi dari gangguan tidur dan kekurangan oksigen, yang dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, gagal jantung, irama jantung yang tidak normal, atau bahkan stroke,” kata Dr Tan Teck Shi, pimpinan klinis untuk lokakarya pernapasan di SingHealth Polyclinics .

“Gangguan mood, kantuk, depresi dan masalah memori juga bisa muncul. Kondisi terkait lainnya termasuk peningkatan risiko terkena diabetes dan komplikasinya serta disfungsi seksual. "

Usia adalah alasan umum mengapa Anda lebih rentan terhadap OSA dan mendengkur seiring bertambahnya usia. 

“Otot tenggorokan dan lidah cenderung lebih rileks saat tidur dan akan jatuh ke belakang seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan tenggorokan menyempit, yang berakibat pada getaran suara dengkuran, terutama saat menghirup,” ujar Dr Tan. 

Kelebihan berat badan, yang sering kali muncul seiring bertambahnya usia, semakin memperparah masalah karena menyebabkan otot yang buruk, dan meningkatkan jaringan di sekitar leher dan tenggorokan.

OSA juga dapat dikaitkan dengan masalah bawaan, seperti saluran udara yang lebih sempit di lubang hidung yang disebabkan oleh septum yang menyimpang (tulang rawan yang memisahkan lubang hidung). 

“Orang yang lahir dengan dagu tersembunyi, rahang kecil dapat mengalami penyempitan saluran hidung dan tenggorokan, yang dapat menyebabkan timbulnya dengkuran,” kata Dr Tan. 

Pertumbuhan jaringan lunak pada lapisan saluran hidung, sinus, tenggorokan atau amandel, merupakan faktor lain, tambahnya.

Alasan medis adalah pertimbangan lain. Misalnya, hormon tiroid yang rendah atau hipotiroidisme dapat menyebabkan kelemahan otot, dan jaringan lemak mengendap di sekitar saluran napas bagian atas yang dapat menyebabkan orang tersebut mendengkur. 

Jika Anda memiliki alergi atau pilek, dan obat yang Anda minum untuk melawan pilek, itu juga dapat menyebabkan dengkuran. 

“Obat dapat bertindak sebagai pelemas otot yang kuat yang menyebabkan area di sekitar tenggorokan dan saluran napas mengendur saat tidur, mengakibatkan dengkuran,” kata Dr Tan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat